Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 22 September 2018

HISONE TO MASOTAN

- Judul: ひそねとまそたん (Hisone to Masotan)
- Judul Alternatif: HisoMaso; Dragon Pilot: Hisone and Masotan;
- Tipe: TV (Juli 2018)
- Genre: Comedy; Drama; Romance;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Amakasu Hisone tidak punya impian pasti yang ingin dia kejar, maka ketika lulus sekolah, dia asal-asalan memutuskan bergabung dengan Angkatan Udara Jieitai (JASDF). Namun, kehidupannya mulai berubah setelah dia dikirim ke Hanggar 8 Pangkalan Gifu, di mana ternyata selama ini Jietai diam-diam melindungi dan merawat seekor naga bernama Masotan. Sesekali naga tersebut harus diterbangkan ke udara, dan meski dia tidak pernah tahu alasan mengapa Masotan memilihnya sebagai pilot, kini Hisone akhirnya menemukan suatu tugas penting yang ingin dia laksanakan.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Daripada tentang Hisone sebagai seorang pilot OTF secara khusus, anime ini tampak lebih cenderung bercerita tentang aktivitasnya secara umum bersama para anggota Jieitai yang lain. Komedinya pun terasa lebih banyak berasal dari interaksi Hisone dengan tokoh-tokoh lain, dan bukan dari hubungannya dengan Masotan. Barangkali penyebab utamanya adalah karena anime ini ternyata menampilkan Masotan dan para naga lainnya bukan benar-benar sebagai suatu makhluk hidup dengan kepribadian tersendiri, melainkan cuma sebagai semacam pelambangan yang membayangkan jika seandainya pesawat-pesawat militer dapat bergerak bebas layaknya makhluk hidup. Alhasil, hubungan Hisone dan Masotan pun terkesan lebih seperti antara seseorang dengan mobil favoritnya daripada antara dua orang individu berbeda yang memiliki momen-momen dramatis dan kejadian-kejadian lucu mereka sendiri. Berkat kepandaiannya menulis karakter tokoh-tokoh manusianya, anime ini tetap merupakan komedi yang baik. Namun, dari segi cerita, setelah menyiapkan sebuah plot dasar yang cukup unik, rasanya patut disayangkan bahwa dia tidak bisa menjadi sesuatu yang istimewa.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski tidak secara langsung memberi kontribusi pada komedi dan dramanya, visual di anime ini sebenarnya sangat bagus. Mulai dari gerakan orang-orang di darat hingga manuver pesawat (atau naga-naga yang menyamar jadi pesawat) di udara, paling tidak animasinya yang halus selalu menyenangkan untuk dilihat.

- Tokoh/Karakter:
Berdiri sendiri, tidak ada yang secara khusus terasa menarik pada tokoh-tokoh di anime ini, tetapi bersama-sama, kombinasi mereka punya banyak potensi untuk menjadi tontonan yang menghibur. Dia tidak sedemikian teliti hingga merencanakan dengan hati-hati hubungan dari setiap tokoh; anime ini lebih cenderung hanya berusaha sebisa mungkin membuat jenis karakter para tokohnya tampak beragam. Namun, karena keragaman tersebut ternyata kemudian menghasilkan karakter-karakter bertolak belakang yang secara otomatis akan memicu berbagai macam reaksi, interaksi di antara mereka pun hampir dapat dipastikan akan senantiasa terlihat jenaka, ramai, dan meriah.

- Overall Score:
Anime ini adalah komedi yang baik -- hal tersebut sudah jelas. Hanya saja, komedi itu ternyata lebih banyak berasal dari kombinasi karakter para tokohnya, bukan sebagai bagian dari penulisan ceritanya. Maka ketika Hisone tampak bercengkerama dengan tokoh-tokoh lain, daya tarik anime ini terletak sepenuhnya pada cengkerama itu sendiri, meninggalkan cerita Hisone dan Masotan di bayang-bayang laksana suatu aksesori yang ditambahkan seadanya hanya agar judul anime ini bisa tetap relevan. Sebagai hiburan, dia memang sangat layak untuk ditonton, tetapi jika anda ingin tahu apa yang terjadi jika seorang gadis mengemudikan seekor naga, anime ini tampaknya tidak begitu berminat menyajikan sebuah cerita yang memuaskan. Skor 8 dari 10 (Good comedy)


DVD/Blu-ray:
BOX First Half
BOX Second Half

Goods:
- T-Shirt: Hisone Moss (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Masotan Black (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Love White Blue (M/L/XL)
- T-Shirt: OTF Corps Moss (S/M/L/XL)
- T-Shirt: OTF Corps Gray (S/M/L/XL)
- Work Shirt: OTF Corps Moss (M/L/XL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar