Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 24 Agustus 2012

BOUNEN NO ZAMNED

- Judul: 亡念のザムド (Bounen no Zamned)
- Judul Alternatif: Xam'd: Lost Memories
- Tipe: Net/TV (April 2008/09)
- Genre: Action; SciFi; Supernatural; Romance; 
- Episode: 26
- Rating: Strong Violence (Bloody Scenes and Limbs Dismembering)
- Sinopsis:
Suatu pagi di Pulau Sentan, Takehara Akiyuki membiarkan seorang gadis asing ikut naik di bus sekolahnya, tetapi kemudian gadis tersebut meledakkan bom, menanamkan Hiruko di tubuh Akiyuki dan mengubahnya menjadi Zamned. Secara bersamaan, Negara Utara menyerang Pulau Sentan dengan senjata biologis Hitogata. Hal ini mengundang Nakiami ke tengah-tengah medan pertempuran, di mana dia bertemu dengan Akiyuki dan mengembalikan kemanusiaannya. Pada saat itu juga, takdir mereka berdua untuk menyelamatkan dunia ditetapkan.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Daripada menyajikan sebuah jalan cerita yang linear, anime ini mengangkat cerita tentang konflik antar karakternya di suatu dunia yang sedang kacau, dan sebenarnya hal ini berhasil dilakukan dengan cukup baik. Selalu menarik untuk melihat bagaimana sekelompok manusia terhubung dan saling mempengaruhi, baik secara sadar maupun tidak, hingga membentuk sebuah struktur yang rumit namun sangat kokoh. Hanya saja, dengan dunia yang menjadi settingnya tidak pernah dijelaskan dengan baik, penonton pun tidak bisa benar-benar memahami apa yang sebenarnya terjadi dengan para karakter tersebut. Mereka seharusnya berada di dunia yang kacau karena peperangan, tetapi sebenarnya siapa melawan siapa dan apa yang mereka perebutkan? Mereka terlibat suatu upaya revolusi di Utara, tetapi revolusi melawan siapa dan karena apa? Mereka menjadi Zamned (Xam'd) setelah menerima Hiruko, apa dan dari mana Hiruko tersebut sebenarnya? Meski kisah secara individu para karakternya bisa memuaskan, cerita-cerita yang menjadi latar belakang mereka akan menyisakan banyak pertanyaan yang tidak terjawab.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasi dua dimensi kelas atas! Dari perbedaan ekspresi wajah yang terlihat jelas untuk setiap emosi hingga cara berjalan Hitogata yang tampak terhuyung-huyung, tingkat perhatian terhadap detilnya sangat tinggi. Sementara, dari manuver-manuver Kayak milik Nakiami yang lebih 'simple' hingga aksi-aksi Akiyuki yang cepat dan rumit, animasinya mengalir dalam kelancaran luar biasa yang tidak membiarkan ada satu pun gerakan yang terputus walau hanya sepersekian detik. Jika mengesampingkan aspek dua dimensinya, visual sempurna di anime ini bisa dikatakan benar-benar tampak seolah nyata.

- Karakter:
Meski penonton tidak pernah benar-benar bisa mengerti ceritanya, dalam hal pengembangan karakter, anime ini melangkah dengan saksama. Misalnya, tidak jelas apa yang sebenarnya terjadi pada Akiyuki, tetapi penonton masih bisa memahami bahwa dia berubah menjadi seseorang yang benar-benar baru dan dilemanya untuk melupakan semua masa lalunya digambarkan dengan sangat baik. Bahkan karakter-karakter pendukung yang tampaknya tidak terlalu penting seperti Nishimura Midori dan Takehara Fusa juga mendapat cukup pengembangan untuk menjadikan mereka tetap sebagai bagian dari cerita. Hebatnya lagi, dalam pengembangan mereka, para karakter tersebut senantiasa saling terhubung dan mempengaruhi, menghasilkan sebuah karya seni yang menarik untuk dilihat.

- Overall Score:
Menggunakan dunia yang asing bagi penonton sebagai settingnya, anime ini tampak kesulitan memperkenalkannya. Namun, menyeimbangkan kekurangan ini adalah pengembangan para karakternya yang sangat mudah mencapai pemahaman penonton, lalu dengan animasi yang mendetil dan lancar, anime ini tetap bisa menjadi pertunjukan penuh emosi yang menarik. Nilai 8 dari 10 (It's good)




DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7
Volume 8
Volume 9

3 komentar:

  1. Nih anime ane dibuat pusing sm ceritanya
    cm fokus ke chara'nya doang

    BalasHapus
  2. Btw, ednya ane suka banget, enak bgt didenger

    BalasHapus
  3. Akiyuki kan sudah membatu bagaimana bisa hidup lagi

    BalasHapus