Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 24 Mei 2013

SHINSEKAI YORI

- Judul: 新世界より (Shinsekai yori)
- Judul Alternatif: From the New World;
- Tipe: TV (Oktober 2012)
- Genre: Supernatural; SciFi; Romance;
- Episode: 25
- Rating: Mild Violence (Scenes of Blood) and Mild Eroticism (Suggestive Pictures)
- Sinopsis:
Setelah kekuatan Psikokinesis miliknya bangkit pada suatu malam, Watanabe Saki akhirnya resmi menjadi warga Kota Kamisu 66. Namun dia segera bisa merasakan bahwa ada sesuatu yang aneh. Apa yang terjadi dengan anak-anak yang kekuatannya tidak bangkit? Karena tidak ada orang lain yang mempertanyakan, Saki juga memutuskan untuk memendam rasa penasarannya, sampai kemudian dia dan empat orang temannya mendadak bertemu dengan suatu makhluk yang menyimpan rekaman sejarah umat manusia sejak seribu tahun silam. Saat itu adalah untuk pertama kalinya Saki belajar tentang latar belakang kekuatannya, dan menyadari bahwa ternyata ada bahaya yang senantiasa mengintai dirinya dan teman-temannya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Apa yang terjadi seandainya manusia mendapatkan kekuatan Psikokinesis? Meski sudah banyak anime yang menjadikan pertanyaan ini sebagai dasar ceritanya, selalu ada kesamaan di antara semuanya, yaitu bahwa mereka lebih terfokus pada aksi-aksi pertarungan yang segera terjadi kemudian, apakah si pengguna kekuatan Psikoinesis tersebut berperan sebagai tokoh protagonis ataukah justru sebagai tokoh antagonis. Namun membawa settingnya pada seribu tahun ke depan, mungkin anime ini merupakan yang pertama menerawang lebih jauh dan menaikkan topik ini ke tingkat yang lebih tinggi, melihat dampak kekuatan Psikokinesis pada kebudayaan, psikologi, dan bahkan ekosistem di sekitar umat manusia. Dan menurut anime ini, jawaban pertanyaan di atas adalah masa depan yang kelam. Masa depan yang penuh dengan kejadian misterius seperti anak-anak yang menghilang secara tiba-tiba, ritual-ritual rahasia, teror iblis-iblis yang disebut Gouma dan Akki, serta makhluk-makhluk aneh seperti Bakenezumi dan Fujouneko.
Bagaimana semua hal itu dimulai? Apa yang terjadi selama seribu tahun sejarah umat manusia? Melalui misterinya, anime ini menunjukkan kualitasnya yang terbaik. Meski segera mengungkapkan sebagian besar jawabannya, sebagaimana kisah misteri yang baik, hal tersebut hanya menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru, mengajak penonton tanpa sadar larut semakin jauh ke dalam cerita. Mengapa mereka melakukannya? Apa yang mereka rahasiakan? Apa yang mereka rencanakan? Setiap episode memberi sedikit petunjuk, dan karena dicampur dengan informasi ilmiah, drama persahabatan, serta suspense dalam takaran yang benar-benar pas, setiap episode juga merupakan perkembangan cerita yang mengejutkan bahkan hingga yang paling akhir. Dalam segi cerita dan storytelling, tidak banyak anime lain yang bisa menyaingi anime ini.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Bagian visual adalah kelemahan terbesar anime ini. Animasi gerakan para tokohnya masih terlihat kasar, dan bahkan pada beberapa episode awal, kualitas animasinya menurun begitu rendah hingga desain tokoh-tokoh tersebut tampak tidak konsisten. Namun setelah itu, animasinya terus membaik, sementara di sisi lain, anime ini sebenarnya selalu berhasil merealisasikan settingnya dengan menampilkan background yang cukup mendetil, apakah itu dalam wujud arsitektur gedung-gedungnya ataupun ketidak aturan di alam liar. Dan jika memang kedua hal ini pun masih belum bisa dianggap sepadan untuk menebus kekurangan tadi, bagian audio dari anime ini sangat memuaskan. Dari voice-acting yang sempurna hingga bunyi decitan Bakenezumi yang khas, anime ini akan sanggup meyakinkan siapapun bahwa mereka benar-benar berada di sebuah dunia yang baru.

- Karakter:
Seperti yang disebutkan di atas, setiap episode anime ini memberikan sedikit petunjuk untuk memecahkan misterinya, dan salah satu jalannya adalah melalui karakter para tokohnya. Ketenangan sikap Tomiko, kelicikan Squealer yang selalu memanfaatkan situasi, kebiasaan mencurigakan Kiroumaru untuk menyeringai samar, dan bahkan kesederhanaan cara berpikir kebanyakan penduduk desa -- semua dipersiapkan dengan baik untuk menjadi bagian penting ceritanya. Sementara pada saat yang sama, karakter Saki ditulis dengan hati-hati untuk menjadi perwakilan sempurna bagi penonton. Dia bukanlah karakter yang dipaksakan tetap bodoh meski suatu jawaban sudah tampak begitu jelas. Dia tumbuh seiring dengan perkembangan pengetahuan penonton. Dia tahu apa yang penonton telah ketahui dan mencari tahu tentang apa yang penonton pertanyakan. Terhadap setiap informasi baru, perspektif Saki akan berubah mengikuti perspektif penonton, sehingga reaksinya kemudian pun selalu terasa begitu alami.

- Overall Score:
Anime ini punya banyak keunggulan untuk ditawarkan kepada anda. Hal-hal seperti cerita yang menelaah suatu topik secara luas, storytelling yang menghanyutkan, manajemen episode yang pandai, audio yang atmospheric, dan reaksi karakter yang alami. Memang masih ada masalah dengan kualitas visualnya yang berada di bawah kebanyakan anime saat ini, tetapi sungguh, jika sampai menolak anime ini cuma karena satu kekurangan tersebut, anda sendiri yang akan rugi. Sangat rugi. Nilai 10 dari 10 (Near perfection!)


DVD@Amazon:

5 komentar:

  1. setujuu :) , liburan ini bener-bener ngena sama anime ini

    BalasHapus
  2. min ane suka dengan review2 yg ada di blog ini.

    saran aja min, klo bisa buat post yg ngurutin anime berdasarkan rating yang dikasih mimin. Makasih xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks :)
      Sarannya akan dipertimbangkan

      Hapus