Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 01 Maret 2013

KAMISAMA HAJIMEMASHITA

- Judul: 神様はじめました (Kamisama Hajimemashita)
- Judul Alternatif: Kamisama Kiss;
- Tipe: TV (Oktober 2012)
- Genre: Romance; Comedy; Supernatural;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence (Physical Harm)
- Sinopsis:
Momozono Nanami berada di titik terendah dalam kehidupannya. Setelah jatuh miskin gara-gara kebiasan berjudi ayahnya, utang si ayah yang kemudian melarikan diri itu menyebabkan Nanami diusir dari rumahnya dan harus menjadi tunawisma. Saat sedang kebingungan, dia mendadak bertemu Mikage, yang ternyata adalah seorang dewa. Dia membantunya dari bahaya, dan untuk membalasnya Mikage langsung merestui Nanami sebagai penggantinya. Maka, Nanami pun memulai kehidupan baru sebagai seorang dewi, kehidupan yang mengharuskannya berurusan dengan makhluk-makhluk supernatural, makhluk seperti Tomoe, seorang siluman rubah yang telah mengabdi kepada Mikage selama beratus-ratus tahun.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Kisah romantis antara manusia dan siluman sudah bukan hal yang baru, tetapi anime ini tetap berhasil menyusun sebuah plot yang unik dibandingkan anime lain. Hubungan canggung antara Nanami dan Tomoe sebagai dewi dan pelayannya memberi perspektif yang tidak biasa, sementara masalah-masalah yang datang kepada Nanami karena status kedewiannya menjadi penyeimbang yang efektif terhadap momen-momen romantis sehingga tidak sampai terasa picisan. Lalu, dengan manajemen cerita yang cukup bervariasi dari episode ke episode dan komedi slapsticks yang ditata rapi dengan timing serta kadar yang tepat, anime ini selalu menyegarkan.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Kumpulan soundtrack yang mampu mewakili atmosfer di dalam anime ini tentang percampuran antara warna tradisional dan modern, voice-acting yang mengantarkan dengan baik bagian komedi ataupun romance ceritanya--audio anime ini menyenangkan untuk didengar dari awal hingga akhir ... seandainya saja tidak ada narasi yang menjengkelkan itu. Caranya menyampaikan lelucon yang terasa sangat dipaksakan mengganggu apa yang seharusnya merupakan komedi yang sempurna. Sebagai narasi yang hanya mengantarkan dan menutup cerita, masalah ini mungkin akan terasa kecil dibandingkan dengan hal-hal yang bagus di anime ini, tetapi karena muncul di setiap episode dan terus-menerus menjengkelkan, pengaruh buruknya pun akan senantiasa menemani penonton.

- Karakter:
Great set of characters! Bukan hanya dua karakter utamanya, Tomoe dan Nanami merupakan kombinasi yang sangat pas, bahkan para karakter pendukungnya pun selalu menarik untuk ditonton. Kotetsu dan Onikiri yang selalu khawatir, Kurama yang angkuh, Mizuki yang polos, atau Isohime yang licik--setiap karakter memiliki ciri khasnya sendiri, sehingga mampu menciptakan cerita dan komedi yang berbeda setiap kalinya.
Namun, meski merupakan satu-satunya tokoh manusia yang penting di dalam cerita yang penuh makhluk-makhluk supernatural ini, Nanami memiliki kehidupan yang paling tidak jelas. Dari posisi tempat duduknya di kelas yang berubah-ubah hingga jadwal sekolahnya sendiri yang hanya sesekali, ketika anime ini berusaha mempertahankan status Nanami sebagai siswi, dia justru menimbulkan lebih banyak pertanyaan. Tampaknya anime ini terlalu memaksakan untuk menambah beberapa detil meski sebenarnya tidak diperlukan, sebab seandainya dia cukup menyebutkannya sebagai siswi dan menyerahkan sisanya kepada imajinasi penonton, karakter Nanami akan lebih solid dan mudah dimengerti.

- Overall Score:
Perpaduan yang seimbang antara komedi, romance, dan bahkan sebuah kisah drama tentang orang-orang yang berusaha mencari tempat yang bisa mereka sebut 'rumah'. Rahasianya adalah karena anime ini mempersiapan para karakternya dengan baik, secara individu ataupun dalam kombinasi di antara mereka. Anime ini ingin anda tertawa oleh kekonyolan mereka, tetapi pada saat yang sama, dia juga ingin anda hikmat mengikuti kisah mereka, terharu oleh perasaan mereka dan tersentuh oleh kekuatan tekad mereka. Memang masih ada kesalahan-kesalahan kecil yang perlu diperbaiki, namun secara garis besar, anime ini adalah sebuah hasil karya yang sangat bagus. Nilai 8 dari 10 (Balanced)


DVD@Amazon:

28 komentar:

  1. Wah, Reviwenya ngenak banget :D
    Blognya bagus ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau tanya... itu kog endingnya season 2 agak gantungnya... total episode season 2 cuma 12 episode ya?

      Hapus
    2. Ya, 12 episode. Kalau terasa menggantung, itu mungkin karena sebagian tokoh memang baru mulai diperkenalkan. .... Cerita di serial OVA mungkin akan bikin semuanya lebih jelas

      Hapus
  2. ending season 2 sedikit mengecewakan. saya kira membahas masalalu tomoe ternyata membahas kurama :(

    BalasHapus
  3. session 3 nya bisa didonlod dimana ya ?

    BalasHapus
  4. ngomong-ngomong Yukiji itu siapanya Tomoe? kayakya Tomoe perhatian banget, deh!

    BalasHapus
  5. Ceritanya bagus banger .... AQ kagum sama sosok mikage, nanami .. Dan tentunya tomoe sosok seorang cwok yg bersikap dingin (awalnya) sma nanami .... Klo bleh tau season 3 kapan release Gan???? 😅 gak sabar nunggu 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya belum ada rencana season 3. Untuk sementara cuma serial OVA tentang masa lalu Tomoe.

      Hapus
  6. kalau bisa smpay season pas mereka nikah dan pny anak sprt film animasi naruto





    terima kasih sblmnya sdh mendengar pendapatku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Selama menjaga bahasa, semua boleh berpendapat :)

      Hapus
  7. Gan ini kalo manganya sudah tamat atau belum sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tamat, tapi katanya sudah hampir

      Hapus
    2. Hoo kalo OVA yg nyeritain masalalunya tomoe punya linknya nggak ?
      Atau mmg blm keluar ?

      Hapus
    3. Tidak punya. Bagian pertama dan kedua sudah rilis

      Hapus
  8. Saya baru nonton terakhir kali season 3 ep 3 trus ep 4 ga ada. Min tau g web yg bs tonton season 3 ep 4 sampe akhir d mn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Episode 4 belum rilis. Nanti Agustus

      Hapus
  9. Balasan
    1. Bukan season 3. Serial OVA, semuanya ada 4 episode

      Hapus
  10. min mau tanya,apa masih ada season selajutnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma dua season. Belum ada berita tentang season 3

      Hapus