Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 06 April 2019

IROZUKU SEKAI NO ASHITA KARA

- Judul: 色づく世界の明日から (Irozuku Sekai no Ashita Kara)
- Judul Alternatif: Iroduku; The World in Colors;
- Tipe: TV (Oktober 2018)
- Genre: Romance; Super Powers;
- Episode: 13
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Tsukishiro Hitomi menyalahkan kekuatan sihir di dalam dirinya sebagai penyebab hingga dia kini tidak bisa melihat warna. Namun, justru sihir tersebut yang kemudian digunakan oleh neneknya, Kohaku untuk mengirim Hitomi menembus waktu ke 60 tahun di masa lalu dan mempertemukannya dengan seorang pemuda bernama Aoi Yuito. Entah mengapa, warna-warni dari lukisan karya Yuito selalu tampak begitu jelas di mata Hitomi, seolah sengaja hendak mengingatkan Hitomi kembali pada keindahan dunia yang selama ini luput dari pandangannya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Selain untuk menjadi atraksi secara visual, dari segi cerita, elemen sihir, warna, dan bahkan perjalanan menembus waktu yang ada di anime ternyata hanya seperti bingkai yang berfungsi sekadar untuk memberinya aksen tambahan. Di balik semua hiasan yang membuatnya terlihat lebih meriah, anime ini sesungguhnya cuma sebuah kisah romantis sederhana yang sudah lazim tentang pertemuan seorang pemuda dengan seorang gadis, di mana si pemuda kemudian akan menyelamatkan si gadis dari kesepian. Masalah Hitomi seputar sihir dan warna merupakan gambaran alternatif dari kesepian tersebut -- tantangan yang mesti dia lewati dengan pertolongan dari Yuito, tetapi wujudnya sendiri sebenarnya tidak berbeda dengan masalah umum seorang gadis remaja yang sudah sering dijumpai pada kisah serupa. Tentu saja, ini tidak harus menjadi sebuah fitur yang buruk. Ini hanya berarti bahwa anime ini tidak menawarkan sesuatu yang baru, maka selama penonton tidak menginginkan lebih dari template dasar yang standar, dia mungkin masih bisa menyajikan suasana romantis yang diharapkan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Visual anime ini terlihat sangat indah. Ya, memunculkan banyak warna terang memang akan segera menjadikan apapun tampak indah, tetapi dia berhasil meningkatkan keindahan tersebut ke tingkat yang lebih tinggi lagi hingga terasa istimewa. Secara terampil menggunakan tampilan monokrom pada adegan-adegan tertentu, anime ini mampu memperkuat kesan menakjubkan ketika warna-warna terang itu muncul kemudian.

- Tokoh/Karakter:
Karena sepertinya ada alasan khusus yang menyebabkan hingga dia tidak bisa melihat warna, terdapat suatu misteri yang cukup menarik pada tokoh Hitomi untuk seketika mengundang penonton mencari tahu bagaimana wujud alasan itu yang sebenarnya dan apakah Hitomi pada akhirnya kembali bisa melihat warna. Namun, para tokoh yang lain nyaris tidak punya fungsi apa-apa. Satu-satunya aspek yang menjustifikasi kehadiran mereka di dalam cerita adalah bahwa mereka menekuni seni dan fotografi, yang merupakan bagian dari metode anime ini dalam menekankan masalah Hitomi seputar warna, tetapi selain dari itu, tokoh-tokoh tersebut lebih banyak hanya menjadi elemen cerita yang sia-sia. Mereka cuma sekumpulan pemuda dan gadis biasa yang menghabiskan waktu mereka dengan saling bertukar senda gurau yang hampa atau dengan sekadar bermain pasang-pasangan di antara mereka sendiri.

- Overall Score:
Anime ini pandai memainkan warna untuk menghasilkan visual yang sangat indah. Namun sayangnya, fungsi permainan warna tersebut benar-benar terbatas cuma sebagai hiburan secara visual. Dalam hal cerita, dia tetap hanyalah sebuah kisah romantis antara dua remaja pada bentuknya yang paling dasar dan yang paling lazim, maka jika anda mengharapkan sesuatu yang berbeda, anime ini bukan jawabannya. Skor 7,5 dari 10 (Beautiful visuals)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar