Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 15 Juni 2018

KARAKAI JOUZU NO TAKAGI-SAN

- Judul: からかい上手の高木さん (Karakai Jouzu no Takagi-san)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2018)
- Genre: Comedy; Romance;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Setiap hari Nishikata selalu dipermainkan oleh gadis teman sekelasnya, Takagi. Bagaimana pun kerasnya dia mencoba, dia tidak pernah mampu menghindar, dan bila berusaha membalas, dia justru hanya akan masuk semakin jauh ke dalam perangkap Takagi. Namun, satu hal yang tidak dia mengerti, entah mengapa Takagi berminat menunjukkan keahlian khususnya tersebut hanya kepada Nishikata seorang. Takagi mengaku senang memicu reaksinya yang sangat ekspresif, tetapi Nishikata bertanya-tanya dalam hati jika Takagi sebenarnya diam-diam menyukai dirinya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedi dan romance di anime ini menyatu dengan sempurna. Setiap kali tertawa melihat reaksi Nishikata yang kebingungan saat jatuh ke dalam perangkap Takagi, secara otomatis penonton juga akan merasakan nuansa hangat layaknya sedang menyaksikan dengan langsung sebuah kisah cinta yang polos antara dua orang remaja berjalan. Mungkin kuncinya terletak pada cara bagaimana anime ini menjaga unsur romance-nya agar senantiasa samar namun jelas, dan sebaliknya jelas namun samar. Dia mampu selalu berada pada area tipis di mana romance tersebut hampir bisa dipastikan nyata, tetapi juga tetap menyisakan sedikit kemungkinan bahwa kisah romantis Takagi dan Nishikata sebenarnya hanyalah sugesti yang tercipta dari imajinasi penonton, sehingga penonton pun kemudian akan 'terperangkap' di dalam kondisi mengambang yang ingin memastikan apakah romance di anime ini nyata atau tidak. Alhasil, sambil menikmati komedi yang ada secara normal, pada saat yang sama, tatkala berusaha mencari kepastian dari hubungan Takagi dan Nishikata, penonton akhirnya tanpa sadar akan menghidupkan sendiri nuansa romantis di dalam komedi tersebut. .... Namun, oleh sebab itu pula, pada beberapa momen ketika dia mendadak secara terang-terangan menekankan unsur romance-nya, anime ini justru melakukan hal yang kontraproduktif terhadap tujuan awalnya. Seolah tidak yakin bahwa penonton sanggup memahami nuansa romantis di dalam hubungan Takagi dan Nishikata hanya melalui interaksi sehari-hari mereka, anime ini terkadang akan menjadikan suatu adegan tampak terlalu dramatis. Sayangnya, karena mendadak terkesan seperti disodorkan dengan paksa ke hadapan penonton, nuansa hangat yang sudah sempat muncul pada momen sebelumnya dapat tiba-tiba saja berubah dingin.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski komedi di anime ini pada dasarnya berasal dari trik-trik milik Takagi, dia baru akan menjadi nyata setelah Nishikata bereaksi terhadapnya, dan dalam hal ini, bagian visualnya dapat dianggap berperan cukup besar. Baik dari timing kemunculannya yang tepat untuk menyembunyikan maksud Takagi hingga saat-saat terakhir, maupun dari caranya menggambarkan jalan pikiran Nishikata yang memperlihatkan bagaimana dia tidak pernah mampu menduga maksud tersebut, anime ini berhasil menggunakan reaksi Nishikata sebagai tsukkomi yang menutup setiap trik dengan baik.

- Tokoh/Karakter:
Mengapa para tokohnya melakukan apa yang mereka lakukan? Mengapa Takagi selalu mempermainkan Nishikata, dan sebaliknya mengapa Nishikata terus jatuh ke dalam perangkap Takagi? Tidak ada penjelasan mendalam untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan justru hal itu yang menjadikan kedua tokoh utama di anime ini terasa begitu menarik dan sekaligus menggemaskan untuk dilihat. Meski tidak pernah diungkapkan secara gamblang, mereka sebenarnya tak lebih daripada dua orang remaja yang menjadi diri mereka apa adanya, dan sebagaimana menyaksikan suatu keindahan alam yang terjadi secara alami, penonton bisa langsung menikmatinya tanpa perlu banyak berpikir.

- Overall Score:
Anime ini merupakan gabungan komedi dan romance yang sempurna, namun daripada sebuah komedi-romantis, dia mungkin lebih tepat disebut sebagai romance jenis baru yang berasa seperti komedi. Tanpa menyertakan kejadian-kejadian lucu secara khusus sebagaimana komedi pada umumnya, interaksi di antara kedua tokoh utamanya bisa dipastikan selalu penuh dengan suasana romantis, maka dia akan terkesan hanya ingin menampilkan sebuah romance. Ajaibnya, Takagi dan Nishikata justru terlihat jenaka setiap kali mereka sedang 'bermesraan'. Mengecualikan beberapa momen di mana dia sempat kehilangan jati dirinya sendiri, anime ini sangat jauh berbeda dari semua komedi, romance, atau pun komedi-romantis yang pernah anda tonton. Skor 8,5 dari 10 (Interestingly funny, adorably romantic)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- Figure: Takagi
- Pureneemo: Takagi
- T-Shirt Takagi White: S / M / L / XL

4 komentar:

  1. Min kok udah jarang nge post/review anime lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demi konsistensi, diusahakan posting review satu kali setiap pekan.
      Lebih dari itu sepertinya akan sulit.

      Hapus
  2. min review anime 5 toubun donk min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan salah satu prioritas, tapi sudah dimasukkan ke dalam daftar tonton.

      Hapus