Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 23 Juni 2018

KILLING BITES

- Judul: キリングバイツ (Killing Bites)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2018)
- Genre: Action; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Extreme Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Nomoto Yuuya benar-benar kaget ketika teman-temannya mendadak menculik seorang gadis bernama Uzaki Hitomi di jalan, dan dia bahkan lebih terkejut lagi tatkala gadis itu lalu berubah ganas dan membunuh semua orang selain Yuuya. Rupanya, Hitomi adalah Juujin yang tubuhnya telah direkayasa dengan gen hewan Ratel hingga memiliki kekuatan super, dan Yuuya dibiarkan hidup hanya karena Hitomi membutuhkan sponsor untuk bisa ikut serta di ajang pertarungan antar Juujin, Killing Bites.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Secara keseluruhan ceritanya hanya berupa serangkaian pertarungan antar Juujin. Meski anime ini beberapa kali hendak menunjukkan bahwa Killing Bites punya sejumlah aturan, pada akhirnya semua aturan tersebut tidak berarti banyak, dan para Juujin hampir selalu akan langsung bertarung di setiap kesempatan mereka bertemu. Namun, secara terpisah, anime ini ternyata tetap mampu menjadikan latar belakang dari Killing Bites itu sendiri terasa cukup masuk akal. Dan ketika empat konglomerat menggunakannya untuk memperebutkan kekuasaan di antara mereka, Killing Bites pun kemudian memperoleh wujud dan fungsi penting sebagai semacam media atau sarana demi mencapai suatu tujuan, dan dia bukan lagi sekadar sebuah ajang untuk memamerkan aksi-aksi pertarungan hampa. It became fightings that was more than mere fightings. Sekurang-kurangnya, karena senantiasa ada manfaat dan sekaligus konsekuensi yang menunggu di baliknya, kehadiran Killing Bites dan para Juujin akhirnya terkesan perlu dan bahkan mungkin tak terhindarkan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Tidak ada yang istimewa dengan kualitas animasinya, tetapi keunggulan visual anime ini justru terletak pada koreografi gerakan para tokohnya saat bertarung. Setiap serangan dan reaksi yang mengikutinya tampaknya telah direncanakan dengan cukup matang, maka biarpun sebagian besar pertarungan pada ujungnya akan tiba-tiba ditutup dengan satu jurus pemungkas yang super kuat, secara khusus proses adu jotos (atau dalam hal ini, cakar dan taring) yang tampil sebelum penutup tersebut tetap merupakan tontonan yang menyenangkan untuk dilihat dan diamati dengan saksama.

- Tokoh/Karakter:
Dengan cerita yang tujuan utamanya adalah menampilkan pertarungan sebanyak mungkin, barangkali sudah sewajarnya kalau karakter para tokoh di anime ini terasa dangkal. Kepribadian dasar mereka lebih cenderung dihadirkan sekadar untuk menggambarkan jenis hewan yang mereka wakili daripada untuk menjadikan mereka seorang individu di dalam cerita. Namun, justru oleh alasan itu pula, para tokoh yang sama kemudian tetap memiliki daya tarik tersendiri. Sebab anime ini senantiasa berusaha menyesuaikan setiap tokoh dengan kekuatan hewan mereka masing-masing, perilaku dan jurus-jurus mereka tatkala bertarung pun tidak terkesan asal-asalan, tetapi telah dipersiapkan dengan cukup matang melalui perencanaan yang masuk akal. Dengan kata lain, masih terdapat makna dalam hal mencari tahu hewan apa yang akan muncul berikutnya dan jurus-jurus seperti apa yang akan para tokohnya warisi dari hewan tersebut, dan karena anime ini hampir selalu memperkenalkan tokoh Juujin baru, setiap episode pada dasarnya akan punya sesuatu yang menarik untuk disaksikan.

- Overall Score:
Anime ini tidak punya cerita yang layak ditonton dari awal sampai akhir, tetapi masih terdapat hiburan-hiburan kecil yang akan menjadikan setiap episodenya terasa cukup berisi. Karena selalu berhubungan dengan salah satu atribut hewan, kekuatan para Juujin bukan sekadar jurus asal-asalan, melainkan tampak hampir seperti teknik bertarung unik yang telah dikembangkan dengan hati-hati. Dan gerakan mereka saat bertarung juga direncanakan dengan baik, sehingga aksi-aksi mereka kemudian terkesan seolah penuh taktik dan strategi. Jika anda menyukai genre action yang memperhatikan detail dari setiap pertarungannya, anime ini mungkin saja akan memuaskan anda. Skor 7,5 dari 10 (Visually entertaining)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4

Goods:
- Game: PS4 / PSVita
- B2 Tapestry
- T-Shirt Ratel Black: S / M / L / XL
- T-Shirt Cheetah Black: S / M / L / XL

2 komentar: