Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 22 Februari 2013

SAKAMICHI NO APOLLON

- Judul: 坂道のアポロン (Sakamichi no Apollon)
- Judul Alternatif: Kids on the Slope;
- Tipe: TV (April 2012)
- Genre: Romance; Slice of Life;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence (Physical Harm)
- Sinopsis:
Tinggal bersama ayah yang bercerai dan sering pergi karena pekerjaan, Nishimi Kaoru telah berkali-kali harus pindah kota dan sekolah. Sekarang pun, ketika dia baru saja masuk SMU, Kaoru mesti sekali lagi pindah ke Kyuushuu. Namun, kepindahannya kali ini ternyata membawa hal-hal baru ke dalam kehidupan Kaoru yang belum pernah dia temukan sebelumnya. Hal-hal seperti seorang gadis bernama Mukae Ritsuko yang dia sukai, atau seorang sahabat yang mengerti dirinya bernama Kawabuchi Sentarou. Dan semua itu adalah berkat sebuah jenis musik yang bergerak bebas mengikuti suasana hati seseorang. Musik yang disebut Jazz.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Hidup itu bagaikan musik Jazz -- berubah tanpa terduga, penuh dengan kejutan, namun ajaibnya, meski dengan semuanya itu, masih ada melodi yang bisa dinikmati. Paling tidak, hal itulah yang diyakini oleh anime ini dan tercermin dengan jelas di dalam ceritanya. Romantisme yang dimulai dan berakhir secara tiba-tiba. Atau pertemanan yang retak dan tersambung kembali semudah dan secepat menjentikkan jari. Terkadang semua perubahan mendadak tersebut terasa terlalu banyak sehingga anime ini pun tampak terlalu bertele-tele. Namun ajaibnya, seperti yang disebutkan di atas, hasil akhirnya masih tetap sesuatu yang bisa dinikmati. Persahabatan antara Kaoru dan Sentarou yang berasal dari dunia berbeda mampu menyentuh hati penonton, sementara bagi mereka yang menyukai drama percintaan remaja, anime ini berhasil menjaga takarannya cukup rumit namun tidak sampai terlalu berlebihan. Lalu, dengan storytelling yang pandai untuk mencakupkan tiga tahun kehidupan para tokohnya tanpa pernah terasa padat, secara keseluruhan anime ini merupakan kumpulan cerita yang indah.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Desain karakter yang old school mendukung atmosfir akhir tahun 60-an yang menjadi setting ceritanya, namun sama sekali bukan berarti kalau anime ini kemudian terasa kuno. Kualitas animasi yang halus membuktikan bahwa anime ini merupakan anime modern dengan kemampuan beradaptasi yang tinggi. Sementara, pilihan kata yang hati-hati pada voice-acting menunjukkan perhatian terhadap detil, lalu dengan selingan musik jazz di setiap episode, anime ini tidak pernah berhenti menghibur mereka yang ingin mendengarkan.

- Karakter:
Setiap karakter dipersiapkan dengan hati-hati dan dikembangkan dengan baik, terutama pada karakter Kaoru (Bon) dan Sentarou. Meski latar belakang keduanya mirip, dunia mereka tetap digambarkan berbeda sehingga koneksi di antara mereka terasa alami dan masuk akal. Namun, yang benar-benar menjadikan anime ini unik dari yang lain adalah bagaimana para karakternya terhubung secara pribadi dengan situasi di Kyuushuu atau pada era tahun 60-an. Situasi seperti kesulitan yang dihadapi Sentarou karena status darah campuran Jepang-Amerika yang dia miliki. Entah apakah kisahnya memang sesuai dengan kenyataan sejarah, tetapi setidaknya ini adalah topik yang sangat jarang diangkat di dalam anime. Atau situasi Junichi yang terlibat dalam kondisi politik yang sedang memanas. Mungkin bukan yang pertama melakukannya, tetapi dia tetap mampu menggambarkan gejolak yang melanda para pemuda Jepang pada masa itu. Para tokoh ini menyatu dengan baik dengan setting ceritanya sehingga mereka megungkapkan sesuatu yang lebih selain hanya tentang diri mereka sendiri.

- Overall Score:
Apakah anda memahami musik Jazz? Anime ini berusaha menjelaskan perubahan-perubahannya yang tidak terduga melalui cerita yang juga penuh kejutan. Hal ini mungkin akan terasa terlalu dibuat-buat dan tidak alami bagi sebagian orang, tetapi secara keseluruhan anime ini masih merupahan sebuah kisah yang indah tentang cinta dan persahabatan. Lalu dengan animasi yang bagus, musik yang indah, serta pengembangan karakter yang baik, anime ini sudah pasti adalah sebuah tontonan yang pantas. Nilai 9 dari 10 (Recommended!)


DVD@Amazon:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar