Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 04 April 2014

NOEIN ~MOU HITORI NO KIMI E~

- Judul: ノエイン もうひとりの君へ (Noein ~Mou Hitori no Kimi e~)
- Judul Alternatif: Noein ~to your other self~;
- Tipe: TV (Oktober 2005)
- Genre: Sci-Fi; Romance; Action;
- Episode: 24
- Rating: Mild Violence (Physical Harm)
- Sinopsis:
Meski dengan semua masalah mereka, Kaminogi Haruka dan teman-temannya menjalani kehidupan yang normal. Namun ketika orang-orang misterius berjubah hitam yang mengaku datang dari salah satu dimensi di masa depan muncul dan mengganggu mereka, dia pun mulai mempertanyakan dunia di sekelilingnya -- yang mana adalah nyata dan yang mana hanya merupakan ilusi. Dan sebelum dia sempat menemukan jawabannya, Haruka sudah terlanjur terlibat begitu jauh di dalam sebuah konflik antar dimensi yang mengancam akan menghancurkan segala hal yang pernah ada.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Menggabungkan teori Many WorldsAnthropic Principle, dan ilmu fisika kuantum sekaligus, tidak mudah untuk bisa mengikuti jalan cerita anime ini jika tidak terlebih dahulu memiliki pengetahuan mendasar tentang ketiganya. Memang masih ada selingan berupa kisah persahabatan yang menyentuh atau romantisme manis di awal usia remaja, tetapi pada akhirnya, kemungkinan besar penonton akan kesulitan menangkap apa yang sebenarnya terjadi kepada para tokoh anime ini. Masa lalu yang bukan masa lalu mereka? Dimensi nyata dan dimensi ilusi? Lebih buruknya lagi, anime ini sendiri tidak pernah berhasil menjelaskan teori-teori dasarnya tersebut. Penggambaran yang diberikan masih terlalu kabur, sehingga meski coba diulang dan didengar berapa kali pun, dia tetap tidak akan mampu membuat siapapun lebih paham. .... Namun, jika teori-teori itu bisa dimengerti, tiba-tiba saja semua bagian dari anime ini terasa masuk akal. Mulai dari konflik Shangri-La dengan Lacryma hingga kekuatan Ryuu no Torque yang dimiliki oleh Haruka, hubungan antara poin-poin penting di dalam ceritanya seketika terlihat jelas. Ini menunjukkan bahwa meski sulit dipahami, latar belakang anime ini sesungguhnya telah dibangun dengan sangat hati-hati. Tidak sekadar menggunakannya sebagai bumbu cerita, anime ini serius mempelajari sains untuk menyusun teorinya sendiri, sehingga lebih dari hiburan, dia juga adalah sebuah ide yang luar biasa menarik.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Gambar-gambar di anime ini tidak begitu enak dilihat. Tokoh-tokohnya terkesan dilukis dengan seadanya hingga sesekali tampak memiliki bentuk tubuh yang tidak jelas. Tetapi sebaliknya dari segi animasi dan sinematografi, anime ini justru terbilang cukup bagus. Dengan pergerakan yang halus dan mendetil, dia mampu memperlihatkan aksi-aksi yang seru, sementara pengaturan scene-scene secara tepat berhasil memaksimalkan keanehan dari hal-hal aneh yang terjadi di dalam ceritanya.

- Karakter:
Karakter para tokohnya dipersiapkan dengan baik. Bahkan hingga bagaimana masa lalu mempengaruhi sikap mereka terhadap yang lain, atau bagaimana masalah-masalah seputar dimensi mengubah pendirian mereka, semua tampaknya telah direncanakan dengan matang, menciptakan suatu jaringan interaksi yang kompleks dan indah sekaligus. Alhasil, setiap tokoh menjadi penting, sebab masing-masing selalu berkontribusi sesuatu ke dalam cerita, sekecil apapun itu. Ibu Yui, contohnya, yang meski sekilas terkesan tidak banyak berperan, sebenarnya membantu meningkatkan kekuatan Haruka, yang selanjutnya mengganggu upaya baik orang-orang dari Lacryma maupun Noein untuk membawanya pergi. Ketika bahkan para tokoh pendukung pun menuntut perhatian dari penonton, anime ini benar-benar terasa lengkap.

- Overall Score:
Anime ini bukan tontonan ringan. Tidak hanya karena dia membahas tentang sains tingkat universitas, ketidakmampuannya untuk menjelaskan dengan baik juga mengharuskan anda agar memiliki pengetahuan awal sebelum mulai menonton. Namun di sisi lain, anime ini sebenarnya berhasil melakukan sesuatu yang tidak mudah, yaitu sukses menggabungkan sains yang kompleks dengan kisah menyentuh seputar para tokohnya. Maka, jika ada sedikit saja dorongan untuk belajar, dan anda juga termasuk seseorang yang selalu mempertanyakan batas ilmu pengetahuan, seharusnya tidak ada alasan untuk tidak bisa menikmati kerumitan anime ini. Nilai 9 dari 10 (Recommended!)


DVD/Blu-ray:

2 komentar:

  1. wah, akhirnya kena jamah juga anime jadul satu ini ama Admin.
    ulasannya memuaskan, kpn2 ulas juga anime lawas
    TQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, akhirnya sempat. Thanks sudah membaca.

      Hapus