Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 06 Juni 2020

SOMALI TO MORI NO KAMISAMA

- Judul: ソマリと森の神様 (Somali to Mori no Kamisama)
- Judul Alternatif: Somali and the Forest Spirit;
- Tipe: TV (Januari 2020)
- Genre: Drama; Fantasy;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Pada suatu hari, Golem menemukan seorang gadis manusia di tengah hutan dan memberinya nama Somali. Selama ini dia yakin bahwa dirinya tidak punya tujuan apa-apa kecuali melindungi hutan, tetapi setelah bertemu Somali, saat usianya mendekati batas akhir, Golem mulai berpikir lain. Dia khawatir akan keselamatan Somali bila dia nanti sudah tiada, maka Golem pun memutuskan untuk memulai perjalanan panjang, menghabiskan satu tahun sisa usianya demi mencari tempat tinggal bagi Somali dengan sesamanya para manusia yang sudah nyaris punah.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Mungkin karena karakter mereka yang seringkali kurang ekspresif atau karena situasi awal yang mendasari hubungan mereka tidak terkesan benar-benar genting, secara emosional drama ayah dan anak dari Golem dan Somali tidak pernah terasa cukup kuat. Syukurlah, selama perjalanan mereka kemudian bertemu dengan tokoh-tokoh lain yang memiliki kisah drama dengan kandungan emosi yang lebih jelas. Dan mungkin yang lebih penting lagi, secara umum mengangkat tema seputar hubungan mustahil antara manusia dan ras-ras lain yang seharusnya saling bermusuhan, kumpulan drama ini perlahan tapi pasti mampu menjadikan drama Golem dan Somali juga ikut berubah semakin baik. Sebab mereka membuka perspektif baru pada kisah Golem dan Somali, yaitu bukan hanya sebagai drama tentang ayah dan anak, melainkan juga sebagai drama tentang seorang makhluk dingin yang tiba-tiba menemukan sisi hangat pada dirinya sendiri dan seorang gadis kecil yang berusaha selalu riang di dunia yang penuh dengan bahaya.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Kualitas animasinya sangat bagus, tetapi pada sebuah drama, biasanya dukungan dari musik latar yang akan berperan paling besar. Maka, karena musik latar di anime ini tampaknya telah dipersiapkan dengan baik hingga terasa begitu pas dengan mood di setiap adegan, kisah-kisah dramanya hanya bisa menjadi kian sempurna.

- Tokoh/Karakter:
Kemampuan anime ini dalam hal karakterisasi tampak paling jelas pada tokoh-tokoh tambahannya. Meski kepribadian mereka secara khusus bukan sesuatu yang segera terlihat menarik, karakter setiap tokoh telah ditulis dengan baik, secara perorangan maupun sebagai kombinasi. Untuk Golem dan Somali sendiri, mungkin karena emosi mereka (atau ketiadaannya) seolah ditetapkan begitu saja tanpa asal dan sebab, karakter mereka masih terasa dangkal, tetapi beruntung, hal ini ternyata tetap memiliki manfaat tersendiri. Kedangkalan tersebut memungkinkan mereka mengalir masuk dengan lancar ke dalam drama tokoh-tokoh lainnya, yang, sebagaimana telah digambarkan di atas, kemudian berhasil membawa drama Golem dan Somali ke arah yang benar.

- Overall Score:
Anime ini tidak memulai dengan baik. Karena karakter mereka yang cenderung dangkal, nuansa emosional di dalam drama Golem dan Somali tidak segera terlihat. Namun, hal ini bukan secara otomatis berarti bahwa anime ini tidak pandai menulis atau menyajikan drama. Buktinya, hanya setelah beberapa episode, ketika dia mengubah fokus kisah Golem dan Somali ke jati diri mereka sebagai makhluk golem dan manusia, anime ini pun dapat langsung berubah menjadi jauh lebih baik. Skor 8,5 dari 10 (Great drama)


DVD/Blu-ray:
First Half
Second Half

Goods:
- Soundtrack

Tidak ada komentar:

Posting Komentar