Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 11 April 2014

KITAKUBU KATSUDOU KIROKU

- Judul: 帰宅部活動記録 (Kitakubu Katsudou Kiroku)
- Judul Alternatif: Chronicles of the Going Home Club;
- Tipe: TV (Juli 2013)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Masuk SMA, Andou Natsuki menimbang-nimbang akan bergabung di klub yang mana. Pada akhirnya dia memutuskan untuk menjadi anggota Kitakubu (Klub Pulang ke Rumah), atau dengan kata lain, tidak bergabung di klub manapun dan langsung pulang ke rumah. Namun, setelah diajak oleh teman sekelasnya, Touno Karin, Natsuki pun mengetahui bahwa ternyata Kitakubu bukan sekadar istilah, melainkan sebuah klub yang sungguh-sungguh ada, dibentuk oleh Doumyouji Sakura, Oohagi Botan, dan Kokonoe Kurea hanya untuk bersenang-senang sepulang dari sekolah.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Bervariasi dan selalu sulit ditebak -- dua hal yang mampu menghasilkan sebuah komedi yang bagus, dan anime ini memiliki keduanya sekaligus. Membesar-besarkan hal-hal sederhana seperti kekuatan Botan atau rambut Natsuki, parodi atas anime lain, manga, atau karya literatur, dan bahkan hingga bermain-main dengan proses produksinya sendiri -- anime ini memutar jenis leluconnya di setiap episode, maka penonton hampir pasti terhindar dari rasa bosan. Dan setiap episode juga adalah kejutan yang menyenangkan. Meski satu jenis lelucon berulang, anime ini akan menambahkan sesuatu yang baru dan tidak terduga di dalamnya sehingga satu episode terasa benar-benar berbeda dari episode sebelumnya.
Hebatnya lagi, semua variasi dan pembaruan tersebut tidak dilakukan dengan asal-asalan. Terlihat jelas bahwa tetap ada perencanaan matang dalam pengaturan komedinya. Masing-masing episode memiliki tema tersendiri yang bertahan selama durasinya, memberi cukup kesempatan bagi penonton untuk merasakan efek maksimal dari lelucon-leluconnya. Hal ini menunjukkan bahwa anime ini bukan cuma komedi yang bagus, melainkan juga komedi yang pandai.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Voice-acting sebagian tokoh anime ini tidak mampu mengantarkan komedinya dengan baik. Tidak sulit untuk menangkap apa yang hendak mereka sampaikan, tetapi ada yang ganjil dari cara mereka mengucapkannya. Maka, bahkan ketika penonton memahami leluconnya dan sedang tertawa menikmatinya, selalu tersisa perasaan bahwa ada sesuatu yang keliru, bahwa ada sesuatu yang kurang sehingga lelucon tersebut tidak bisa selucu yang seharusnya. Tentu saja, ini mungkin tidak lebih daripada pendapat subyektif, namun jika dibandingkan dengan anime bergenre komedi yang lain, anime ini jelas belum sempurna.

- Karakter:
Tidak ada yang terlalu istimewa baik pada karakter tokoh-tokoh anime ini sendiri maupun pada kombinasi mereka. Menggunakan komposisi mendasar berupa sekumpulan orang-orang aneh dan seorang ahli tsukkomi, tidak ada sesuatu yang secara khusus menarik pada mereka untuk menjadikan anime ini terasa unik dari anime-anime lain. Namun setidaknya, sebagai tokoh-tokoh dalam anime komedi, mereka sudah mampu mencapai tujuan utama mereka, yaitu membuat penonton tertawa. Dengan cara pandang yang tidak biasa, mereka selalu dapat menampilkan sisi jenaka dari hal yang paling sepele sekalipun, dan meski sederhana, satu karakter digambarkan secara jelas berbeda dari karakter yang lain sehingga seketika tersedia empat sampai lima lelucon yang muncul dari hanya satu topik pembicaraan saja. Mungkin memang gadis-gadis ini tidak akan meninggalkan kesan yang cukup dalam di ingatan siapapun, namun waktu yang dihabiskan bersama mereka dijamin pasti menyenangkan.

- Overall Score:
Bukan sekedar bagus, melainkan juga sebuah komedi yang pandai. Anime ini cukup kreatif untuk mencegah anda dari merasa bosan, tetapi pada saat yang sama, dia juga cukup cermat untuk mengatur agar anda bisa menikmati setiap episode semaksimal mungkin. Meski agak disayangkan bahwa bagian voice-acting tidak berhasil menunjukkan potensinya secara menyeluruh, anime ini tetap sangat pantas menjadi pilihan bagi para penggemar genre komedi. Nilai 8 dari 10 (Always unexpected)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar