Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 15 Februari 2013

CODE:BREAKER

- Judul: CODE:BREAKER
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2012)
- Genre: Action; Supernatural;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Mild Eroticism (Inappropriate Acts)
- Sinopsis:
Sepulang sekolah pada suatu malam, tanpa sengaja Sakurakouji Sakura melihat seorang pemuda yang sedang membakar beberapa orang di sekelilingnya dengan api biru. Namun ketika dia coba memeriksa, tidak ada jejak apapun yang tersisa, baik dari si pemuda maupun mereka yang terbakar. Keesokan paginya, pemuda yang sama tiba-tiba pindah ke sekolahnya dan bahkan sekelas dengan Sakura. Namanya adalah Oogami Rei, dan saat Sakura berusaha mengenalnya lebih dalam, dia pun terlibat dengan sebuah kelompok rahasia pembasmi kejahatan beranggotakan orang-orang dengan kekuatan supernatural, Code:Breaker.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini memulai dengan biasa-biasa saja. Seorang pemuda berkekuatan supernatural yang membasmi kejahatan dengan caranya sendiri adalah plot yang sudah begitu sering digunakan. Namun ketika para anggota Code:Breaker yang lain bermunculan dan konflik di antara mereka pun terjadi, cerita anime ini akhirnya mulai menjadi menarik. Berbagai twist menunggu di setiap episode--pengkhianatan membelokkan arah cerita secara drastis, tipu daya menjaga variasi kemungkinan alur cerita, dan rahasia-rahasia kotor mengubah dimensi cerita tidak linear sehingga bukan hanya tentang kebaikan melawan keburukan. Memang bukan sesuatu yang paling mengejutkan, bahkan sebenarnya sangat mudah ditebak--jika sudah menonton cukup banyak anime, penonton mungkin akan dengan cepat mengetahui siapa yang akan berkhianat, apa yang akan dia lakukan, dan kenapa dia melakukannya--tetapi bagaimanapun juga, semua twist tersebut setidaknya cukup mampu untuk mencegah ceritanya dari terasa hambar.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Visualisasi adegan pertarungannya sangat bagus. Perhatian terhadap detil animasi gerakan para tokohnya cukup tinggi, dan hal ini terlihat paling jelas ketika Sakura mempraktikkan teknik-teknik Aikido-nya, meskipun kemudian hanya terdapat pada beberapa episode awal. Sementara, walau animasi kekuatan-kekuatan supernatural Oogami Rei dan yang lainnya sebenarnya tidak terlalu istimewa, sinematografi yang tepat pada momen-momen yang tepat menjadikan bentrokan di antara mereka terasa jauh lebih seru dan dahsyat.

- Karakter:
Para karakternya cukup bervariasi, dan hal ini menciptakan interaksi yang cukup dinamis di antara mereka, meski mungkin bukan yang paling menarik untuk diikuti. Hanya saja, sebagian karakter seperti Rui tidak pernah benar-benar digambarkan dengan jelas. Bahkan hingga jenis kelaminnya pun sampai akhir masih merupakan misteri. Dan mereka, entah mengapa, diberikan kebiasaan-kebiasaan aneh seperti selalu mengucapkan filosofi mereka "An eye for an eye, a tooth for a tooth" sebelum bertarung, atau mengetuk kepala dua kali dengan jari telunjuk. What does that even mean?
Secara terpisah, meski tentu dimaksudkan sebagai salah satu tokoh utama, peran Sakura terasa sangat 'disconnected' dari cerita anime ini. Dia hanya seperti bystander paling sial yang terus-menerus terlibat dalam masalah Code:Breaker. Alasannya untuk mencegah Rei membunuh terasa terlalu dibuat-buat, baik karena Rei adalah seseorang yang baru dia kenal maupun karena dia sendiri sadar tidak bisa berbuat apa-apa ketika Rei mengancam teman-temannya. Anime ini kemudian memberinya status sebagai 'spesies langka', tetapi setidaknya untuk serial ini, status tersebut tidak berpengaruh banyak pada ceritanya.

- Overall Score:
Pertarungan antara orang-orang berkekuatan super. Cukup dengan mendengarkan kalimat ini, siapa yang kemudian tidak tertarik untuk menyaksikannya? Anime ini memahami hal tersebut dan memanfaatkannya, sehingga meski berangkat dari plot yang sederhana dan memiliki beberapak karakter yang meragukan, dia tetap berhasil menyajikan sebuah hiburan dengan visual yang memuaskan. Nilai 8 dari 10 (Satisfying)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar