Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 08 Februari 2013

EBITEN ~KOURITSU EBISUGAWA KOUKOU TENMONBU~

- Judul: えびてん 公立海老栖川高校天悶部 (Ebiten ~Kouritsu Ebisugawa Koukou Tenmonbu~)
- Judul Alternatif: Ebisugawa Public High School Astronomical[?] Club;
- Tipe: Web (Juli 2012) / TV (Oktober 2012)
- Genre: Comedy;
- Episode: 10
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Pindah sekolah ke Ebisugawa, Noya Itsuki segera bergabung ke Klub Astronomi atau Tenmonbu, namun yang dia temukan di sana jauh dari yang dia harapkan. Daripada melakukan berbagai aktivitas seputar astronomi, dia kemudian hanya menjadi bulan-bulanan para anggota klub tersebut yang merupakan gadis-gadis berkarakter unik. Gadis seperti Todayama Kyouko, yang mengharuskannya selalu mengenakan seragam anak perempuan dan melewati tes masuk yang aneh.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Nonsensical, in a bad way. Ceritanya terlalu tidak masuk akal untuk dianggap serius, maka anime ini tentu dimaksudkan sepenuhnya hanya sebagai komedi. Namun, meski komedinya sesekali (lebih tepatnya, satu dari sepuluh episode) memang mampu membuat tertawa, lebih banyak penonton hanya akan bertanya-tanya, what's so funny about that? Alasannya adalah karena anime ini terlalu menggantungkan komedinya hanya untuk mengikuti parodi-parodinya, daripada menyusun jenis komedi sendiri dengan baik sebelum kemudian memasukkan parodi ke dalamnya, sehingga hasilnya adalah sesuatu yang benar-benar kacau. Melihat baju dingin emas seperti satria emas di Saint Seiya atau seseorang yang berubah menjadi super Saiya ala Dragon Ball mungkin akan menarik perhatian sebagian fans, tetapi pada akhirnya, sekali lagi, what's so funny about that?
Terlepas dari kekurangan di atas, satu hal yang pantas dikagumi pada anime ini adalah caranya menggabungkan satu parodi dengan parodi lainnya. Tidak menjadikan ceritanya lebih baik, dan masih jauh untuk bisa menebus komedinya yang buruk, tetapi layaknya bertemu seseorang yang sangat pandai berbohong, mengagumkan bagaimana anime ini selalu sanggup menghubung-hubungkan dua cerita yang seharusnya sangat jauh terpisah.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Entah mengapa, belum banyak yang memparodikan opening dari anime-anime terkenal, maka ketika anime ini melakukannya dan menggunakannya sebagai opening-nya sendiri, hal tersebut seketika akan memicu rasa ingin tahu penonton atas apa yang anime ini akan parodikan selanjutnya dan terus-menerus mengundang mereka untuk menonton episode berikutnya. Paling tidak, anime ini akan menyimpan nilai nostalgia bagi para penontonnya, meskipun dia tidak memiliki cukup fitur untuk membuat mereka mengingat tentang anime ini sendiri.

- Karakter:
Gara-gara ceritanya yang kacau, anime ini pun berisi karakter-karakter yang tidak jelas. Kyouko merupakan gabungan antara gila dan jenius, tetapi tidak juga tepat disebut sebagai ilmuwan sinting. Itsuki seharusnya adalah seorang pemuda yang lemah, sebelum dia kemudian mendadak berubah dewasa. Izumiko datang sebagai seorang adik yang mendendam, tetapi sebenarnya dia adalah maid yang sadis. Mungkin semua kekacauan ini dimaksudkan sebagai bagian dari komedi, tetapi tanpa identitas yang jelas untuk membandingkan, sulit mengetahui apakah para karakter ini sedang melucu ataukah memang hanya keliru pada pengembangan mereka.
Beruntung, masih ada karakter-karakter pendukung, seperti Kanamori si fujoshi dan Oomori si stalker, yang cukup sederhana sehingga komedi mereka lebih mudah dimengerti dan memiliki kontribusi lebih banyak pada keseluruhan anime ini.

- Overall Score:
Meski menyebutkan beberapa istilah dan nama dalam bidang astronomi, anime ini lebih banyak bicara omong kosong daripada memberi anda ilmu pengetahuan. Dan sebagai komedi, anime ini juga tidak memiliki manajemen lelucon yang baik dan tidak tahu bagaimana menyampaikan mereka dengan benar. Sedikit fitur yang bisa dinikmati adalah parodi atas opening dari anime-anime terkenal, yang mungkin akan menarik bagi para fans yang bisa menghargai sepotong lelucon terhadap kegemaran mereka. Nilai 7 dari 10 (Messy)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar