Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 16 September 2016

SAKAMOTO DESU GA?

- Judul: 坂本ですが? (Sakamoto Desu ga?)
- Judul Alternatif: Haven't You Heard? I'm Sakamoto;
- Tipe: TV (April 2016)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence
- Sinopsis:
Selain wajah yang tampan dan otak yang pintar, Sakamoto dari kelas 1-2 menarik perhatian semua orang karena tingkah lakunya yang selalu penuh gaya bahkan untuk hal-hal yang paling sepele. Namun, tidak hanya para penggemar, Sakamoto ternyata juga kemudian mengundang gangguan dari orang-orang yang tidak senang atas kepopuleran yang dia dapatkan. Syukurlah, untuk setiap masalah yang dia hadapi, Sakamoto selalu mampu menjawabnya dengan solusi yang pandai dan keren sekaligus.


Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedi di anime ini begitu sederhana, tetapi sangat efektif. Dia sebenarnya hanya menjadikan sesuatu yang biasa tampak lebih istimewa, atau memberi solusi unik terhadap masalah yang dihadapi Sakamoto, namun berkat kreativitas yang cukup tinggi, setiap perbuatan Sakamoto terasa sebagai kejutan yang tidak terduga. Bahkan sampai episode terakhir, meski penonton sudah tahu bahwa dia akan melakukan hal yang tidak lazim, tetap sulit untuk menebak hal apa yang akan dia lakukan itu. Terlebih lagi, dengan tokoh utama Sakamoto yang pintar dan keren, anime ini sekaligus memberi struktur pada komedinya sehingga memiliki bentuk yang jelas. Bukan cuma tidak terduga, semua tindakan Sakamoto juga harus membuat dirinya terlihat semakin pintar dan semakin keren, maka setiap episode yang akan membawanya ke dalam suatu masalah baru dan situasi berbeda pun secara otomatis akan terasa menarik. .... Namun sayangnya, komedi tersebut ternyata tidak selalu muncul. Terkadang tindakan Sakamoto sendiri yang memang tidak terlihat cukup keren seperti yang dijanjikan, tetapi mungkin kesalahan terbesar anime ini adalah bahwa terkadang cerita pengantar sebelum tiba pada Sakamoto ditampilkan terlalu panjang. Meski bisa dimaklumi kalau anime ini hanya bermaksud memperkenalkan tokoh-tokoh lain, dia meninggalkan sang tokoh utama dan komedi yang datang bersamanya berada di samping terlalu lama sehingga beberapa episode terasa tidak maksimal dan bahkan cenderung hampa.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Ketika inti dari komedinya terletak pada perbuatan Sakamoto yang tidak terduga, audio visual anime ini berperan besar untuk memperkuat efek kejutannya. Dengan timing yang sempurna dan juga dengan memperlihatkan Sakamoto dalam pose yang dramatis, dia berhasil menekankan betapa setiap perbuatan Sakamoto tidak lazim dan sulit ditebak tepat saat penonton baru saja mulai menebak-nebak apa yang akan dia lakukan. Terlepas dari sebagian perbuatan Sakamoto yang pada dasarnya memang tidak cukup mengejutkan, anime ini sesungguhnya telah menyajikan komedinya dengan sangat baik.

- Tokoh/Karakter:
Seorang tokoh yang suka melebih-lebihkan segala hal akan segera terasa menjengkelkan, tetapi sebaliknya, tokoh yang melakukannya dengan wajah serius justru akan tampak menarik. Salah satu alasan mengapa komedi anime ini berhasil adalah sikap Sakamoto yang selalu bersungguh-sungguh. Ketulusannya menjadikan setiap upaya Sakamoto untuk terlihat keren terasa autentik, bukan dramatisasi yang dibuat-buat, maka laksana suatu kejadian alami, seketika ada nilai yang bisa diperoleh dalam menyaksikan gerak-geriknya, terutama apabila upaya tersebut ternyata benar-benar mampu membawanya keluar dari masalah sambil juga membuatnya terlihat keren. Dan oleh karena itu pula, menggunakan sudut pandang tokoh-tokoh yang lain dalam memperlihatkan Sakamoto merupakan pilihan tepat untuk menjaga ketulusannya tetap hadir. Meski sesekali mereka mungkin maju terlalu jauh hingga mengalahkan Sakamoto, pada saat yang sama para tokoh ini mencegah Sakamoto dari berkembang lebih dari yang diperlukan. Tidak ada motif atau latar belakang eksesif di balik perbuatan Sakamoto yang cuma akan mengalihkan perhatian penonton, sehingga fokus dapat senantiasa dipusatkan hanya pada apa yang sedang dia lakukan.

- Overall Score:
Meski bentuknya sederhana, dengan kreativitas yang cukup tinggi, karakter tokoh yang tepat, dan audio visual yang menjalankan fungsinya dengan sempurna, anime ini sesungguhnya merupakan sebuah komedi yang sangat bagus. Hanya saja, sayangnya dia terkadang menggunakan waktu pengantar yang terlalu panjang sebelum sampai pada bagian komedi tersebut, maka meski di satu sisi anda kemungkinan besar akan menikmati menyaksikan apapun yang dilakukan oleh Sakamoto, di sisi lain anda juga akan kecewa karena tidak dapat melihatnya sesering yang anda inginkan. Skor 7,5 dari 10 (Good comedy, most of the time)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5

Goods:
- Vulcanlog Figure: Sakamoto
- CD Music: OP Theme

3 komentar:

  1. min tolong review darker than black dong,thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, sudah banyak lupa detilnya kalau mau di-review sekarang. Juga malas rasanya kalau harus nonton lagi dari awal. Kalau masih bisa membantu, anime ini saya rekomendasikan. Skor 9 dari 10. Thanks

      Hapus
    2. ok thx klo gitu, ni lgi proses DL .soalnya lgi kekurang anime action-super power jdi lari ke anime lama deh .. thx dah penilaiannya ��

      Hapus