Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 18 Agustus 2018

COMIC GIRLS

- Judul: こみっくがーるず (Comic Girls)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2018)
- Genre: Comedy; Drama;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Meski memiliki potensi, karena dianggap belum punya cukup pengalaman baik sebagai penulis manga maupun sebagai gadis biasa, Moeta Kaoruko diminta oleh editornya agar pindah ke sebuah asrama khusus bagi gadis-gadis penulis manga. Di satu sisi, semangat para penghuni asrama lainnya dalam menulis manga memang kemudian berhasil mendorong Kaoruko untuk terus berusaha menjadi lebih baik, namun di sisi lain, kerja keras yang ditunjukkan Koizuka Koyume, Irokawa Ruki, dan Katsuki Tsubasa setiap hari justru terkadang hanya membuat Kaoruko bertanya-tanya jika dia bahkan pantas menjadi penulis manga.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedinya ditulis dan dipersiapkan dengan baik. Terdapat variasi yang cukup kaya pada topik dari leluconnya, yang kemudian diatur dengan rapi supaya muncul secara bergantian pada saat yang tepat, sehingga anime ini kemungkinan besar tidak akan pernah sampai terasa menjemukan. Namun, satu hal yang mengangkat kualitas komedinya lebih tinggi lagi hingga menjadi istimewa adalah bahwa dia juga mampu menjaga agar komedi tersebut senantiasa berada di dalam tema tentang penulis manga. Dia tidak menggunakan pekerjaan tersebut sekadar sebagai status di latar belakang yang berfungsi untuk mengumpulkan para tokohnya di satu tempat; semua lelucon dan kejadian lucu yang dia sajikan benar-benar terasa cuma bisa dialami oleh sekelompok gadis yang bekerja sebagai penulis manga. Alhasil, bukan hanya jenaka, komedi di anime ini merupakan salah satu yang paling unik.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Anime ini memanfaatkan audio dan visual dengan cermat untuk memaksimalkan efektivitas dari komedinya. Ketika menampilkan lelucon tentang manga hasil karya para tokohnya, cara anime ini memvisualisasikan inti yang menjadikan lelucon tersebut jenaka akan membantu penonton untuk dapat segera memahami maksudnya. Dan pada lelucon tentang topik yang lain, misalnya kepribadian tokoh-tokoh itu sendiri, voice-acting mereka melakukan hal serupa dengan langsung memberi kepribadian setiap tokoh tersebut bentuk dan gambaran yang jelas.

- Tokoh/Karakter:
Termasuk berkat dukungan voice-acting sebagaimana yang disebutkan di atas, perbedaan karakter dari para tokoh di anime ini segera terlihat jelas. Hal ini kemudian menyebabkan kombinasi mereka tampak hidup dan selalu menyenangkan untuk ditonton. Terlebih lagi, bukan hanya karena mereka semua sama-sama menulis manga, anime ini juga mampu membangun hubungan antara tokoh-tokoh tersebut di atas dasar kebutuhan mereka sebagai penulis manga, seperti bagaimana Koyume menggunakan Tsubasa yang menulis Shounen Manga sebagai model ketika dia kesulitan membayangkan tokoh pria untuk Shoujo Manga karyanya. Mereka senantiasa punya alasan alamiah untuk saling berinteraksi dan berbincang, maka interaksi dan perbincangan mereka pun akan selalu terkesan mengalir secara alami.

- Overall Score:
Dengan perencanaan yang baik dan audio visual yang mendukung, anime ini adalah komedi yang bagus. Namun, dia kemudian berhasil menempatkan dirinya masih satu level lebih tinggi di atas anime bergenre komedi lain pada umumnya dengan mampu menjaga agar tema seputar penulis manga senantiasa tetap menjadi bagian dari komedinya tersebut. Singkatnya, anime ini bukan cuma sebuah komedi tentang sekelompok gadis penulis manga, melainkan dia benar-benar sebuah komedi TENTANG sekelompok gadis penulis manga. Dan jika anda ingin tahu apa perbedaannya, sebaiknya anda menonton anime ini. Skor 9,5 dari 10 (Uniquely recommended!)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- Nendoroid: Kaoruko
- T-Shirt: Kaoruko White (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Ruki Black (S/M/L/XL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar