Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 25 Agustus 2018

MAHOU SHOUJO SITE

- Judul: 魔法少女サイト (Mahou Shoujo Site)
- Judul Alternatif: Magical Girl Site;
- Tipe: TV (April 2018)
- Genre: Mystery; Super Powers;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Asagiri Aya selalu dirundung oleh teman-temannya di sekolah, dan ketika pulang ke rumah, dia kemudian menjadi sasaran pelampiasan stres kakaknya sendiri -- kehidupan sehari-hari Aya penuh dengan penderitaan hingga dia mulai mengharapkan kematian. Di tengah keputusasaan itulah, Aya tiba-tiba saja dikunjungi Mahou Shoujo Site, sebuah situs misterius yang kemudian menawarkan kepadanya kekuatan sebagai Mahou Shoujo. Dengan kekuatan tersebut, Mahou Shoujo Site seolah ingin membantu Aya membebaskan diri dari semua penderitaannya, tetapi setelah bertemu Yatsumura Tsuyuno dan para Mahou Shoujo lainnya, Aya lalu menyadari kalau iktikad baik itu ternyata tidak setulus yang terlihat di permukaan.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Cerita tentang Mahou Shoujo secara umum atau pun tentang Mahou Shoujo khusus yang ternyata memiliki konsekuensi fatal sudah cukup lazim, maka kemungkinan besar elemen kejutan di dalamnya tidak lagi akan efektif. Oleh karena itu, anime ini melakukan hal yang tepat dengan secepatnya menyingkirkan hal-hal yang sudah bisa diduga, seperti bahwa Mahou Shoujo Site bukanlah situs biasa atau bahwa jumlah Mahou Shoujo selain Aya sebenarnya sangat banyak. Dia langsung fokus pada hal yang paling menggugah rasa ingin tahu, yaitu misteri Mahou Shoujo Site, sehingga meski dengan segala kelazimannya, sejak episode-episode awal cerita anime ini akan seketika terasa menarik.
Lebih jauh, selama mengantarkan penonton menelusuri misterinya, anime ini juga menyusun tahapan-tahapan kejadian di dalam cerita dengan rapi. Sebagai contoh, walaupun tujuan akhir mereka adalah Mahou Shoujo Site, dia tidak terburu-buru mendesak para tokohnya agar mengejar tujuan tersebut, tetapi secara perlahan membangun motivasi mereka dari sekadar ingin melindungi diri sampai kemudian berkembang menjadi keharusan untuk mengungkap kebenaran di balik Mahou Shoujo Site. Memang masih terdapat bagian cerita yang tidak segera tampak relevan dengan misteri Mahou Shoujo Site, namun jalan ceritanya sendiri selalu mengalir dengan cara yang masuk akal, sehingga bukan hanya perjalanan para tokohnya secara keseluruhan, setiap langkah yang mereka ambil sepanjang perjalanan itu pun punya makna untuk diperhatikan dengan saksama.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Animasinya cenderung kasar, tetapi anime ini masih mampu menjadikan adegan-adegan yang krusial terlihat cukup spektakuler, seperti saat-saat ketika para tokohnya menggunakan kekuatan Mahou Shoujo mereka. Dan meski sinematografinya tidak begitu efektif dalam mewujudkan atmosfer cerita yang emosional atau menegangkan, musik latar anime ini kemudian bisa menutupi kekurangan tersebut dengan lumayan baik. Kesimpulannya, walaupun memiliki banyak poin negatif, poin-poin positif yang ada selalu berhasil menyeimbangkan semuanya kembali, dan pada akhirnya anime ini tetap sanggup menyajikan ceritanya secara memuaskan.

- Tokoh/Karakter:
Latar belakang tokoh Asagiri Aya yang penuh penderitaan terasa sangat dilebih-lebihkan. Bukan cuma karena siksaan yang Aya sendiri terima, reaksi yang dingin dan komentar-komentar kejam dari orang-orang di sekitarnya juga memberi kesan seolah di sekelilingnya hanya terdapat manusia-manusia jahat, sehingga kehidupan Aya benar-benar tampak seperti neraka yang tidak punya satu pun kebaikan di dalamnya. Namun, khusus untuk anime ini, barangkali gambaran berlebihan tersebut memang diperlukan. Pertama, hal itu membantu dalam menjadikan Mahou Shoujo Site terkesan sebagai sesuatu yang istimewa, bahwa situs tersebut datang bukan kepada siapa saja yang sedang merasa tidak bahagia, melainkan hanya kepada mereka yang begitu menderita hingga sudah berada di ambang keputusasaan. Kedua, secara tidak langsung hal itu juga menjelaskan mengapa para tokoh di anime ini tetap bersedia menjadi Mahou Shoujo meski Mahou Shoujo Site terlihat mencurigakan, sebab siapapun tentu akan tergoda untuk menggunakan semua cara agar bisa terbebas dari penderitaan. Dan ketiga, penderitaan Aya perlu ditampilkan secara berlebihan karena ternyata gadis-gadis Mahou Shoujo lainnya tidak pernah sekali pun terlihat menderita. Ya, mereka memang tetap mendapatkan perlakuan kejam, tetapi kehidupan dan kondisi para gadis itu sendiri selalu tampak baik-baik saja, maka Aya akhirnya harus muncul sebagai perwakilan mereka. Dan setelah menyaksikan penderitaan Aya yang luar biasa, sadar atau pun tidak, penonton akan bisa menerima konsepsi bahwa ketiadaan tanda-tanda penderitaan pada gadis-gadis lainnya lebih banyak disebabkan karena penderitaan mereka juga terlalu hebat untuk bisa dipaparkan secara terperinci.

- Overall Score:
Mulai dari yang bersifat superfisial seperti kualitas animasinya hingga yang lebih mendalam semisal karakterisasi para tokohnya, anime ini memiliki banyak masalah. Namun, jika anda bersedia menilai hanya berdasarkan hasil akhirnya, semua masalah tersebut mungkin tidak akan sampai terasa mengganggu. Sebab ternyata anime ini mengerahkan seluruh kemampuannya untuk berusaha menyajikan dengan baik dua bagian yang paling penting, yaitu misteri dan storytelling. Dan berkat penataan susunan kejadian yang rapi, tidak bisa disangkal, jalan cerita anime ini senantiasa menarik untuk diikuti hingga episode terakhir. Skor 9 dari 10 (Recommended!)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar