Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 07 April 2017

LONG RIDERS!

- Judul: ろんぐらいだぁす! (Long Riders!)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2016)
- Genre: Slice of Life; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Kurata Ami selalu tertarik untuk mengendarai sepeda, namun hanya setelah melihat seseorang menggunakan sepeda lipat dia akhirnya terdorong untuk mulai mencoba. Ternyata, dengan bersepeda dunia di hadapan Ami tiba-tiba saja membentang begitu luas, terutama ketika dia mengunjungi tempat-tempat baru yang menarik bersama teman baiknya, Niigaki Aoi, dan juga tiga orang kakak kelasnya. Maka Ami pun berusaha untuk terus meningkatkan kemampuan dan sekaligus pengetahuannya tentang bersepeda, agar dia kemudian dapat menempuh jarak yang lebih jauh, dan dengan demikian melihat dunia yang bahkan lebih luas lagi.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini tidak benar-benar bermaksud menyajikan sebuah cerita. Satu-satunya tujuan yang hendak Ami capai adalah menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bersepeda, dan satu-satunya tantangan yang harus dia hadapi adalah agar dirinya terbiasa bersepeda. Anime ini tampaknya lebih cenderung hanya ingin mengajarkan kepada penonton berbagai hal seputar aktivitas bersepeda, layaknya suatu buku pedoman atau semacam iklan tentang bersepeda yang sekadar meminjam perspektif Ami sebagai alat untuk memperkenalkan hal-hal tersebut. Maka, di satu sisi, anime ini akan terasa sangat bermanfaat bagi mereka yang memang sudah lebih dahulu familiar dengan bersepeda atau setidaknya punya antusiasme yang cukup tinggi untuk mendalaminya lebih jauh. Bukan hanya karena dia penuh dengan informasi penting yang perlu diketahui, anime ini juga menyusunnya secara rapi dari informasi yang sederhana menuju ke yang lebih eksklusif sehingga memungkinkan siapapun untuk belajar setahap demi setahap dengan nyaman. Namun, di sisi lain, bagi penonton yang masih awam, sebaliknya anime ini barangkali justru akan terkesan nyaris tidak menawarkan apapun yang berarti. Pemandangan yang para tokohnya lihat memang indah dan beberapa tempat yang mereka kunjungi cukup menarik, tetapi tanpa kehadiran suatu jalan cerita yang solid untuk menyatukannya, pemandangan dan tempat-tempat tersebut pun hanya menjadi seperti intermezzo yang sesekali muncul dan bukan sebagai sejenis reward yang akan menjadikan seluruh kegiatan bersepeda Ami dan teman-temannya di sepanjang anime terasa patut untuk disaksikan atau mengasyikkan untuk ikut dilakukan. Terlebih lagi, komedinya yang hampir sepenuhnya bergantung pada kecerobohan Ami juga masih terkesan terlalu dipaksakan, maka akhirnya anime ini seolah hanya berisi sekelompok gadis yang bersepeda, bersepeda, dan terus bersepeda.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Visual anime ini memiliki banyak masalah. Sinematografi yang sengaja membatasi jumlah animasi di dalam setiap adegan sehingga anime ini seringkali terkesan begitu kaku dan statis tanpa pergerakan, sinkronisasi yang buruk antara animasi dan gambar latar sehingga terkadang para tokohnya tampak berada di posisi yang aneh, atau animasi tokoh-tokoh itu itu sendiri yang sembrono sehingga bahkan ukuran tubuh mereka terlihat tidak alami. Really, it's kind of creepy .... Akan tetapi, meski memang dirundung masalah, sesekali anime ini juga masih bisa menampilkan visual yang cukup memuaskan. Dan lagi, semua masalah tersebut muncul hanya pada detil-detil kecil yang seharusnya dapat dengan mudah diabaikan, maka kecuali bagi penonton yang khusus menempatkan kualitas visual sebagai prioritas utama, secara obyektif anime ini tetap berada di dalam wilayah layak tonton.

- Tokoh/Karakter:
Mungkin sebab anime ini tidak pernah bersungguh-sungguh ingin menempatkan para tokohnya di dalam sebuah cerita, karakter mereka juga akhirnya tidak pernah memperlihatkan wujud yang utuh. Jika sebelumnya disebutkan bahwa anime ini tampak bagaikan suatu buku pedoman, tokoh-tokoh di sekitar Ami laksana sekumpulan pemandu wisata yang hadir hanya untuk menjelaskan kepadanya tentang bersepeda. Meski anime ini memang telah memberi mereka keunikan-keunikan tersendiri, seperti pengetahuan Yayoi yang mendalam seputar suku cadang sepeda atau kegemaran Saki pada makanan, hal ini dimaksudkan bukan untuk mendefinisikan siapa sebenarnya Yayoi dan Saki, melainkan hanya sebagai satu lagi alat untuk memperkenalkan kepada Ami dan penonton tentang bermacam jenis suku cadang tadi atau tempat-tempat yang menyajikan makanan lezat. Sementara itu, salah satu alasan mengapa komedi anime ini terasa dipaksakan adalah karena kecerobohan Ami yang menjadi sumber utamanya juga demikian. Serupa dengan kasus Yayoi dan Saki, sifat ceroboh Ami merupakan sebuah alat yang dimunculkan cuma pada beberapa momen ketika anime ini hendak menyajikan komedi, sedangkan pada saat-saat yang lain, bahkan tidak tersisa tanda-tanda dari kecerobohan tersebut dan Ami akan langsung terlihat baik-baik saja dengan semua yang dia lakukan. .... Namun, menggunakan tokoh-tokoh yang ada untuk mencapai tujuan tertentu seharusnya bukan hal yang keliru. Masalah sesungguhnya dari anime ini adalah bahwa dia tidak pernah mampu membuat ciri-ciri khas yang telah dia berikan kepada seorang tokoh agar tetap melekat pada karakter tokoh itu. Menggambarkan Ami sebagai gadis yang ceroboh untuk menjadi sumber komedi memang boleh-boleh saja, tetapi semestinya kecerobohan itu dapat terus terlihat sejak awal hingga akhir. Alhasil, walaupun mereka masih bisa dipahami apabila dilihat secara keseluruhan, setiap tokoh hanya akan menampilkan sebagian dari karakter mereka pada setiap adegan yang berbeda.

- Overall Score:
Sebelum memutuskan untuk menonton anime ini, anda sebaiknya terlebih dahulu menetapkan apakah anda menyukai aktivitas bersepeda dan berniat mendalaminya lebih jauh. Sebab meski di satu sisi anime ini akan sangat membantu jika anda memang mencari informasi, di sisi lain dia tidak menawarkan apapun lagi selain informasi. Jalan ceritanya secara praktis tidak ada, dan penulisan karakter para tokohnya tidak tuntas, maka manfaat anime ini benar-benar hanya sampai pada batas sebagai sarana untuk belajar dan bukan sebagai media hiburan. Skor 7 dari 10 (Useful, but unattractive)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- CD Music: OP Theme / ED Theme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar