Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 16 Mei 2014

LOG HORIZON

- Judul: ログ・ホライズン (Log Horizon)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2013)
- Genre: Sci-Fi; Action; Comedy; Romance;
- Episode: 25
- Rating: Mild Violence (Physical Harm)
- Sinopsis:
Begitu selesai meng-install update terbaru, orang-orang yang sedang asyik bermain Elder Tale di depan monitor tiba-tiba saja mendapati diri mereka benar-benar berada di dalam game tersebut. Sebagian besar kemudian hanya bisa terdiam kebingungan, tetapi Shiroe dengan cepat sadar bahwa mereka harus menerima Elder Tale sebagai dunia mereka yang baru. Maka, saat kota Akihabara yang dia tempati mulai kacau, Shiroe memutuskan untuk segera mengendalikan situasi, dan untuk itu dia butuh Guild. Bersama temannya Naotsugu, gadis assassin Akatsuki, dan manusia kucing Nyanta, Shiroe pun membentuk Kiroku no Chiheisen, atau nama lainnya, Log Horizon.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Apakah anime ini bercerita tentang sekelompok orang yang entah bagaimana terperangkap di dalam sebuah game, ataukah justru tentang dunia lain yang bersembunyi di dalam sebuah game dan menelan sekelompok orang? Kedua hal ini mungkin sekilas terdengar sama saja, tetapi sebenarnya mereka berbeda. Jika para tokohnya hanya terperangkap, Elder Tale harus selalu tetap merupakan sebuah game, dan sebaliknya jika dia adalah dunia lain yang nyata, tepat ketika para tokohnya tertelan, Elder Tale harus berhenti sebagai game. Namun, anime ini tidak mampu memutuskan yang mana dan kemudian membiarkan keduanya terus berjalan bersama, sehingga hasilnya adalah kontradiksi yang tidak pernah berakhir. NPC bisa berpikir dan memiliki perasaan sendiri, yang tentu mustahil terjadi di dalam game, tetapi di sisi lain, elemen-elemen game seperti sistem Jobs ternyata masih begitu berpengaruh. Apakah Elder Tale sebuah game atau bukan? Anime ini gagal menjawab pertanyaan mendasar tersebut, menjadikan ceritanya tidak pernah bisa sepenuhnya masuk di akal. Hal ini sangat disayangkan, sebab dari segi storytelling, dia tahu betul bagaimana membuat suatu cerita tampak menarik. Rangkaian kejadian yang terhubung dengan rapi, solusi pandai baik pada pertempuran berskala kecil maupun pada perseteruan dalam skala yang jauh lebih besar, lalu sisipan komedi dan romantisme di saat-saat yang tepat -- anime ini hampir saja menjadi salah satu cerita yang paling brillian.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Meski tidak sempat menonjolkan diri disebabkan oleh cerita yang lebih banyak berkisar pada kepandaian strategi Shiroe daripada kemampuan bertarung ataupun dialognya, audio visual anime ini tetap memuaskan. Kenyataan bahwa ceritanya bisa dinikmati tanpa gangguan adalah juga berkat kepedulian anime ini untuk menjaga kualitas penyajiannya bahkan pada adegan-adegan kecil sekalipun.

- Karakter:
Mungkin pada awalnya sikap para tokoh anime ini akan terlihat terlalu gampang menerima nasib mereka yang terperangkap di dalam game, tetapi jika mempertimbangkan bahwa sebagian alasan seseorang bermain MMO RPG adalah untuk meninggalkan dunia nyata dan memasuki dunia baru, sikap mereka, terutama para veteran seperti Shiroe yang sudah menghabiskan begitu banyak waktu di Elder Tale, justru terasa sangat alami. It's like a wish came true! How wonderful! Dan setelah menerima Elder Tale sebagai dunia mereka yang baru, secara alami setiap orang juga akan melanjutkan peran yang masing-masing mereka ambil sendiri -- petarung akan terus bertarung, pedagang akan terus berdagang, dan sebagainya. Entah apakah anime ini melakukannya dengan sengaja atau tidak, tetapi membiarkan para tokohnya bersikap seolah tidak ada sesuatu pun hal penting yang terjadi di dalam kehidupan mereka sesungguhnya merupakan pilihan yang paling tepat.

- Overall Score:
Anime ini memiliki setting yang membingungkan. Sebab, meski seharusnya dia adalah sebuah game yang sudah diprogram, ternyata pada saat yang sama, dia juga adalah dunia yang hidup dengan sejarah dan masa depannya sendiri. Namun, jika anda bisa mengabaikan hal ini dan lebih berkonsentrasi hanya pada kisah seputar para tokohnya, tentang pertumbuhan karakter masing-masing dan juga tentang hubungan di antara mereka, anime ini merupakan sebuah serial yang selalu mampu menghibur di setiap episodenya. Nilai 8,5 dari 10 (Great story, weak setting)



DVD/Blu-ray:

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. yg pernah main game MMORPG bakal suka anime ini,

    bahkan Sword Art Online akan terlihat menggelikan secara keseluruhan jika dibandingkan dengan anime ini
    ----
    dan yg gw suka di anime ini, tak perlu drama dalam game online,
    dalam game yg diperlukan hanya
    bayaknya misteri, temukan hal baru, dan nikmati petulangan,

    BalasHapus