Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Selasa, 12 November 2013

KAMI NOMI ZO SHIRU SEKAI ~MEGAMI-HEN~

- Judul: 神のみぞ知るセカイ 女神篇 (Kami Nomi zo Shiru Sekai ~Megami-hen~)
- Judul Alternatif: Kami Nomi zo Shiru Sekai 3; KamiNomi 3; The World God Only Knows: Goddesses;
- Tipe: TV (Juli 2013)
- Genre: Romance; Supernatural; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Katsuragi Keima akhirnya menyadari bahwa ada seorang dewi bernama Diana yang bersemayam di dalam diri gadis tetangganya, Ayukawa Tenri. Dewi itu kemudian meminta agar Keima menemukan lima saudarinya yang juga tersembunyi di gadis-gadis yang pernah dia taklukkan. Pada awalnya Keima tidak tertarik, tetapi setelah mengetahui bahwa ada suatu kelompok yang disebut Vintage yang sedang memburu mereka, dia pun berusaha secepat mungkin menaklukkan sekali lagi hati gadis-gadis tersebut demi membangkitkan kekuatan para dewi di dalam diri mereka. Hanya saja, masalahnya, di antara begitu banyak pilihan gadis yang mungkin, tidak ada seorang pun yang tahu di mana dewi-dewi itu sebenarnya berada.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Pada season-season sebelumnya, anime ini berhasil memisahkan diri dari anime genre harem biasa dengan menyajikan sesi romance para gadisnya dalam bentuk misi-misi, yang setiap diselesaikan, segala sesuatu tentang satu gadis tidak harus tumpang tindih dengan gadis lainnya, dan ini menghasilkan sekumpulan kisah yang pendek namun padat dan efektif. Maka, karena kini mengharuskan Keima untuk merayu kembali gadis-gadis itu lagi dari awal, season kali ini terasa seperti tipuan murahan yang merusak semua keunggulan anime ini. Namun, that being said, pada saat yang sama, keharusan Keima untuk menaklukkan enam hingga tujuh gadis sekaligus tetap merupakan cara yang bagus untuk menyegarkan kembali keseluruhan jalan cerita anime ini yang mulai terasa repetitif. Lalu, tambahan musuh baru yang misterius dan ancaman bahaya yang lebih besar jika Keima gagal mampu menaikkan tingkat ketegangan dan excitement dari anime ini beberapa derajat. Di satu sisi, anime ini memang seperti kehilangan sebagian daya tarik karena kini tampak cenderung semakin menyerupai anime harem pada umumnya, namun di sisi lain, kreativitas dalam segi storytelling tetap menjadikan season ini sangat menghibur.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Anime ini mampu memanfaatkan dengan baik audio maupun visualnya secara efisien untuk mengizinkan ceritanya berjalan lancar. Jika ada yang perlu dijelaskan, dia cukup mengombinasikan antara gambar-gambar sederhana dan pengantar singkat dari para tokohnya, menghindarkan anime ini dari dialog yang bertele-tele ataupun adegan-adegan yang sia-sia.

- Karakter:
Meski dengan jumlah heroine yang begitu banyak, terlebih apabila para dewi juga dihitung, masing-masing tetap diberikan karakter yang unik sehingga penonton selalu bisa segera membedakan satu dari yang lain, bahkan ketika sebagian dari mereka memiliki sifat dasar yang begitu mirip. Dan juga, meski peran Keima pada season ini semakin mendekati seorang hero sejati, anime ini berhasil menjaga identitasnya yang paling khas tetap menonjol, yaitu sebagai sang dewa penakluk, Otoshigami. Bahkan dengan musuh baru dan bahaya yang meningkat, dia menghadapi semuanya masih dengan cara menaklukkan hati para gadis melalui berbagai route seperti dalam game. Kemampuan untuk mengembangkan tokoh untuk mengikuti cerita namun tanpa kehilangan karakter dasarnya seperti ini adalah alasan utama mengapa anime ini di season ketiganya pun masih merupakan salah satu pilihan tontonan yang menarik.

- Overall Score:
Yang jelas, season kali ini berbeda. Tapi apakah menuju ke arah yang lebih baik atau justru sebaliknya? Di satu sisi, anime ini seolah mulai menyerupai anime genre harem biasa dengan situasi-situasi canggung yang terasa dipaksakan, namun selain itu, anime ini masih memiliki semua kualitas yang menjadikan dua season sebelumnya menarik, seperti audio visual yang mendukung dan karakter tokoh yang bervariasi. Maka, meski sebagian penggemarnya mungkin akan menemukan beberapa alasan untuk mengeluh, review ini masih yakin bahwa season ketiga ini tetap akan mampu menghibur anda. Nilai 8 dari 10 (Much enjoyable)


DVD/Blu-ray:

4 komentar:

  1. Bro, Arc yg dilewati Megami hen apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau arc yang ada di manga, saya juga kurang tahu. Tapi kalau mau lihat missing link antara Season 2 dengan Megami hen ada di OVA

      Hapus