Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Senin, 13 Januari 2014

KYOUKAI NO KANATA

- Judul: 境界の彼方 (Kyoukai no Kanata)
- Judul Alternatif: Beyond the Boundary; Beyond the Horizon;
- Tipe: TV (Oktober 2013)
- Genre: Action; Supernatural; Romance;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence (Animated Blood) and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Kanbara Akihito biasanya tidak suka mencampuri urusan orang lain, tetapi ketika dia melihat Kuriyama Mirai berdiri di pinggir atap sekolah, dia pun bergegas untuk mencegahnya melompat. Saat itu adalah kali pertama mereka bertemu, dan meskipun, sebagai seorang Ikaishi, Mirai spontan menyerang Akihito yang setengah Youmu, keduanya kemudian perlahan saling mengenal dan menyadari bahwa mereka bernasib serupa. Baik Mirai dengan darahnya yang terkutuk maupun Akihito dengan tubuhnya yang kekal, mereka berdua adalah orang-orang kesepian yang ditakuti dan dijauhi oleh orang lain.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini berhasil menggabungkan komedi dan action dalam cara yang mungkin belum pernah ditemukan pada anime mana pun sebelumnya. Dia mampu menampilkan aksi-aksi pertarungannya selalu terlihat seru, tetapi pada saat yang sama masih ada gurauan-gurauan di antaranya yang dapat mengundang penonton untuk tertawa. Sayangnya, keunggulan ini dibayangi oleh kekurangan-kekurangan. Salah satunya berupa cara bercerita yang ... agak mencurigakan. Anime ini ingin menunjukkan bahwa keseluruhan ceritanya adalah tentang perburuan Kyoukai no Kanata, dan sekilas dia tampak seolah menggunakan teknik storytelling yang sangat bagus dengan pengungkapan yang mengejutkan pada saat yang tepat. .... Tapi ada yang tidak beres .... Berbeda dari misdirection pada cerita misteri yang membimbing penonton ke jawaban keliru sebelum kemudian memberi jawaban sesungguhnya yang sama sekali tak terduga, anime ini lebih cenderung sudah memberikan jawaban benar namun mendadak menggantinya dengan jawaban baru di saat-saat terakhir. Alhasil, terdapat beberapa bagian dari ceritanya yang terasa dipaksakan dan bahkan kontradiktif dengan bagian lain, seperti alasan mengapa Mirai terus menyerang Akihito meski tahu kalau dia tidak bisa mati. Awalnya Mirai menyebutnya hanya sebagai latihan, dan itu masih masuk akal, tetapi kemudian ....
Kekurangan yang lain, anime ini tidak cukup menjelaskan informasi-informasi yang paling mendasar, seperti seputar Ikaishi dan Youmu. Tidak sekadar membesar-besarkan pekerjaan terkenal yang diduga memiliki kekuatan mistis, semisal Onmyouji atau Ninja, anime ini memperkenalkan pekerjaan baru, yaitu Ikaishi, namun tidak pernah memaparkan sedikit pun tentang bagaimana mereka muncul atau dari mana kekuatan mereka berasal. Sementara, meski menyebutkan bahwa Youmu datang dari pikiran jahat manusia, anime ini segera menyalahi dirinya sendiri ketika menunjukkan bahwa ternyata masih ada Youmu yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa anime ini tidak mempersiapkan latar belakang ceritanya secara matang. Dia seolah ingin memaksa penonton agar menerima begitu saja semua yang dia sebutkan, dan akibatnya, banyak insiden dalam ceritanya yang memang terjadi begitu saja tanpa alasan, termasuk ending yang mengecewakan itu.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Outstanding! Kualitas visual anime ini jauh melampaui kebanyakan anime lain. Pergerakan baik pada para tokohnya sendiri maupun pada semua hal di sekitar mereka terlihat begitu halus dan mendetil dalam bentuk dan warna hingga sulit dipercaya bahwa anime ini masih menggunakan animasi dua dimensi. It had to be something else! Seandainya anime hanya dinilai berdasarkan audio visualnya, yang satu ini ini sudah pasti wajib untuk ditonton. It's just outstanding!

- Karakter:
Anime ini mengembangkan karakter dua tokoh utamanya, Akihito dan Mirai, dengan cukup baik. Mereka diberikan latar belakang yang jelas untuk setidaknya menyebabkan alasan mengapa mereka kemudian saling tertarik satu sama lain pun menjadi mudah dimengerti. Namun di sisi lain, anime ini juga membiarkan beberapa karakter tidak jelas, seperti Ayaka dan Ai, Youmu yang justru membantu para Ikaishi dan bahkan berbisnis dengan mereka, atau Miroku, yang selalu menjelaskan sesuatu kepada dirinya sendiri. Peran tokoh-tokoh pendukung tersebut memang tidak pernah terlalu krusial, tetapi hal itu juga berarti bahwa anime ini tidak tahu menggunakan karakter yang tepat untuk membantu mengantarkan ceritanya.

- Overall Score:
Entah mengapa, anime ini mendadak mengubah arah cerita yang telah berjalan dengan baik hingga 70 persen, lalu berusaha terlalu keras untuk menjadi lebih kompleks pada 30 persen sisanya. Atau jika bukan itu, anime ini memang kurang pandai mempersiapkan tahapan-tahapan cerita yang tepat, sebagaimana yang dia tunjukkan pada penyusunan karakter sebagian tokohnya. Namun, meski demikian, review ini masih tetap akan mengajak anda menontonnya, sebab dalam segi animasi, anime ini adalah sebuah mahakarya. Nilai 8 dari 10 (Outstanding animation)


DVD/Blu-ray:

2 komentar:

  1. moe + action dimana ditangani KyoAni , begitu menjanjiikan
    ost yg sangat bagus utk op & end nya,
    runtutan cerita yg bagus dan rapi,

    tp selalu anime dgn12 eps, itu seperti buku yg berisi setengan bab pertama,
    begitu menjanjikan, dan begitu membingungkan, dan terlebih lagi, sedikit mengecewakn untuk penutup,
    tp bagaikan buku, bahkan ini belum semua bab pertamanya,
    harapan dan selalu berharap season 2 nya cepat dibikin :) dan memiliki 24 eps

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada filmnya, bersetting satu tahun setelah serial ini.

      Hapus