Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 13 November 2015

AKAGAMI NO SHIRAYUKI-HIME

- Judul: 赤髪の白雪姫 (Akagami no Shirayuki-hime) Cours 1
- Judul Alternatif: Snow White with the Red Hair;
- Tipe: TV (Juli 2015)
- Genre: Romance; Fantasy;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence
- Sinopsis:
Hanya karena dia memiliki rambut unik yang berwarna merah laksana apel segar, Pangeran Raji kemudian seenaknya menginginkan Shirayuki sebagai selirnya. Shirayuki yang bercita-cita menjadi seorang apoteker tentu saja menolak, maka pada malam itu juga, secara diam-diam dia pun pergi meninggalkan Kerajaan Tanbaln. Ketika sedang bersembunyi di dalam hutan di dekat perbatasan, tanpa sengaja Shirayuki bertemu dengan Pangeran Zen dari Kerajaan Clarines, dan setelah membantu menyelamatkannya dari kejaran Raji, Zen yang merasa kagum atas kegigihan Shirayuki lalu memberinya sebuah tempat di Clarines sehingga dia akhirnya dapat memilih jalan hidupnya sendiri dan mengejar impiannya dengan bebas.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini tidak segera menunjukkan suatu daya tarik. Ceritanya hanya berkisar tentang perjuangan Shirayuki dan Zen dalam menempuh jalan yang mereka pilih -- Shirayuki sebagai apoteker dan Zen sebagai pangeran -- tetapi karena mereka tidak disebutkan sedang mengarah ke tujuan tertentu, jalan tersebut pun masih terasa terlalu umum dan tidak pasti -- insiden-insiden yang muncul di dalamnya berdiri sendiri, bisa saja menarik tetapi bisa juga tidak. Bagaimana dengan sisi romance dari ceritanya? Meski ini tentu adalah hal utama yang dicari oleh penonton, kisah romantis antara Shirayuki dan Zen baru akan mulai pada episode-episode belakangan, dan sebelum itu dia lebih sering diletakkan di samping laksana bayangan yang tidak pernah benar-benar memiliki wujud. Namun, khusus untuk kali ini, barangkali penundaan semacam ini tidak harus berarti sebuah kesalahan. Sebab ketika ceritanya sendiri tidak menawarkan banyak, satu keunggulan yang justru dijanjikan oleh anime ini adalah storytelling yang baik. Terdapat penulisan yang cermat di balik setiap episode, mulai dari bagaimana suatu masalah terjadi sampai kemudian solusi yang tepat untuk menyelesaikannya, dan meski dia sesekali terkesan agak berlebihan dalam menggambarkan keberanian para tokohnya, seperti saat Zen dengan bebas menerobos masuk lalu membuat keributan di istana milik kerajaan lain, alur ceritanya selalu mengalir lancar sehingga siapapun dapat mengikutinya dengan nyaman. Memang dia tidak cukup menarik sebagai satu cerita yang utuh dan berkesinambungan, tetapi jika dinilai dari episode ke episode, sesungguhnya anime ini adalah kumpulan cerita pendek yang bagus dan senantiasa bagus, dan memaksakan kisah romantis Shirayuki dan Zen masuk begitu saja ke tengah-tengahnya mungkin justru cuma akan mengacaukan segalanya.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasi pada setiap gerakan terlihat halus, tetapi sebagai tambahan dari hal yang mendasar tersebut, anime ini tampaknya bertindak lebih jauh dengan juga berupaya agar reaksi para tokohnya terkesan logis. Sebagai contoh, daripada hanya terus berdiri di tempat ketika Zen menyodorkan tangan ke hadapannya, Shirayuki akan secara alami bergerak sedikit ke samping untuk melanjutkan percakapan. Mungkin terlalu berlebihan jika mengatakan bahwa gerakan tokoh-tokoh tersebut sampai terlihat realistis, namun sungguh, ada ketelitian yang cukup tinggi yang mengangkat anime ini hingga berada di atas kebanyakan anime lain.

- Tokoh/Karakter:
Shirayuki adalah seorang gadis yang baik hati dengan tekad kuat untuk menjadi apoteker. Zen adalah seorang pemuda yang berani dan bijaksana. Kecuali Izana sebagai seseorang dengan posisi berpengaruh yang isi pikirannya sulit ditebak, semua tokoh di anime ini, termasuk juga tokoh-tokoh pendukung seperti Mitsuhide, Kiki, dan Obi, hanya memiliki karakter standar yang sudah lazim. Namun, sebagaimana dengan cerita anime ini, meski para tokohnya tidak akan mempunyai daya tarik sendiri yang akan seketika mengundang perhatian penonton, mereka tetap merupakan elemen penting yang memungkinkan setiap episode bisa dinikmati secara penuh. Sebab masing-masing sejak awal telah mendapatkan peran yang jelas, mereka bagaikan penunjuk jalan yang kemudian membimbing cerita agar senantiasa mengalir dengan lancar. Dan untuk alasan itu pula, sekali lagi, dengan tidak memaksakan memberi para tokohnya karakter yang lebih rumit, anime ini mungkin justru telah melakukan hal yang benar.

- Overall Score:
Jika anda berharap menyaksikan kisah romantis antara seorang gadis biasa dan seorang pangeran, sayangnya anime ini tidak akan membahasnya sesering yang anda inginkan. Tetapi apabila yang sebenarnya anda cari adalah cerita yang bagus, maka sesungguhnya tidak ada alasan untuk merasa kecewa. Sebab, berkat penulisan yang baik dan dukungan visual yang indah, cerita pada setiap episode menyajikan storytelling yang selalu memuaskan. Ya, anime ini mungkin tidak lagi cukup menarik sebagai satu serial yang utuh, namun itu bukan kemudian berarti bahwa anda juga tidak akan bisa menikmati setiap detiknya. Nilai 8 dari 10 (Good storytelling)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar