Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 20 September 2013

ZETTAI BOUEI LEVIATHAN

- Judul: 絶対防衛レヴィアタン (Zettai Bouei Leviathan)
- Judul Alternatif: Leviathan ~The Last Defense~;
- Tipe: TV (April 2013)
- Genre: Fantasy; Supernatural;
- Episode: 13
- Rating: Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Sebuah meteor jatuh di Aquafall, dan dari meteor tersebut makhluk-makhluk yang disebut Lucasite kemudian bermunculan dan mulai menebar ancaman ke segala penjuru. Demi menghentikan para Lucasite, peri Syrop memutuskan untuk membentuk kelompok pertahanan Aquafall. Dia segera berkeliling mencari orang-orang yang memiliki kekuatan, dan akhirnya tanpa sengaja bertemu dengan Leviathan, Bahamut, dan Jormungand. Namun, karena tinggal di desa yang belum tersentuh oleh Lucasite, dia kesulitan meyakinkan mereka bahwa dunia sungguh-sungguh dalam bahaya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Plot anime ini sebenarnya sudah cukup bagus -- sederhana, straightforward, dan mudah dimengerti. Saat Syrop berusaha mencari cara untuk melindungi Aquafall, dia harus meyakinkan Leviathan, Bahamut, dan Jormungand agar bergabung ke dalam kelompok bentukannya. So far so good. Tetapi anehnya, plot itu tidak pernah benar-benar menjadi sebuah plot, hanya seperti suatu sejarah jauh di masa lalu yang tidak relevan dengan situasi mereka sekarang. Bahaya yang disebutkan mengancam Aquafall, yang seharusnya merupakan dasar dari anime ini, nyaris tidak terasa sedikit pun. Dan karena tidak ada bahaya, keseluruahan ide tentang pembentukan kelompok pelindung itu juga akhirnya ikut terasa mengada-ada.
Anime ini justru lebih cenderung merupakan kisah petualangan mereka berempat yang menghadapi bermacam-macam masalah di berbagai lokasi. Dan jika melihatnya dari sisi ini, yaitu sebagai cerita berbasis misi, anime ini sama sekali tidak buruk. Hanya saja, sayangnya, anime ini mungkin sejak awal sudah terlanjur menetapkan bahwa ceritanya harus sambung-menyambung, sehingga yang muncul kemudian adalah sesuatu yang terperangkap di tengah-tengah. Perjalanan mereka dari satu tempat ke tempat lain selalu berhubungan, tetapi pada saat yang sama, misi mereka selalu berubah-ubah tanpa alasan yang kuat. Sebuah cerita yang tujuannya jelas, tetapi dia selalu tampak seolah tidak sedang menuju ke sana.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasinya cukup bagus, terutama pada adegan-adegan pertarungannya yang sedikit. Dan meski sebagian dialognya terkesan berulang-ulang dan salah tempat, voice-acting yang baik mampu menjadikan komedinya yang jarang tetap jenaka. Secara keseluruhan, kualitas audio visual anime ini memang biasa-biasa saja, tetapi masih ada momen-momen singkat ketika dia berhasil menunjukkan kelebihannya dan menjadi benar-benar menghibur.

- Karakter:
Masing-masing tokoh memiliki sifat-sifat mereka sendiri, seperti Bahamut yang manja dan Jormungand yang ceroboh. Masing-masing juga memiliki kisah mereka sendiri, semisal Leviathan yang kehilangan kakaknya dan Jormungand yang merupakan anak pungut. Namun, semua hal tersebut tidak bermakna apa-apa, tidak banyak mempengaruhi cara mereka bersikap dalam menghadapi suatu situasi, dan tidak juga memberikan keunikan kepada mereka secara individu. Semuanya hanya merupakan aksesoris, ilusi untuk membuat mereka tampak seolah memiliki beberapa sisi sekaligus, meski sebenarnya tidak. Singkatnya, semua sifat dan kisah itu tidak menjadikan tokoh-tokoh di anime sebagai karakter yang mewakili sudut pandang penonton, melainkan cuma menjadi semacam pengantar agar ceritanya bisa berjalan.

- Overall Score:
Tidak ada satu pun bagian dari anime ini yang bisa dijadikan alasan untuk menontonnya secara khusus. Seolah tidak bisa menetapkan apakah harus memberi para tokohnya satu tujuan sejak awal ataukah justru misi yang berbeda di setiap satu-dua episode, fokus ceritanya senantiasa berubah. Sementara, karakter tokoh yang masih dangkal menyebabkan perjalanan mereka tidak cukup menarik untuk diikuti. Namun, meski demikian, jika bagaimanapun juga anime ini ternyata sampai kepada anda, review ini bisa menjamin bahwa setidaknya audio dan visualnya tidak akan mengecewakan. Nilai 7 dari 10 (Indecisive storytelling)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7

2 komentar:

  1. Min... tolong review anime The Unlimited Hyoubu Kyousuke...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm... Mungkin tidak bisa dalam waktu dekat. Rasanya harus mulai dari "Zettai Karen Children" lagi.

      Hapus