Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Rabu, 16 Oktober 2013

INU TO HASAMI WA TSUKAIYOU

- Judul: 犬とハサミは使いよう (Inu to Hasami wa Tsukaiyou)
- Judul Alternatif: Dog and Scissors;
- Tipe: TV (Juli 2013)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Mild Eroticism (Suggestive Themes)
- Sinopsis:
Lebih dari segalanya, Harumi Kazuhito mencintai buku, dan secara khusus, dia menggemari karya-karya penulis misterius yang menggunakan nama pena Akiyama Shinobu. Kencintaan itulah yang kemudian membawanya kembali dari kematian setelah dia tewas di ujung laras senjata seorang perampok. Namun, daripada masuk ke tubuhnya sendiri, Kazuhito justru tersadar sebagai seekor anjing Dachsund yang tidak bisa apa-apa. Saat mulai khawatir bahwa dia mungkin tidak akan pernah membaca buku lagi, mendadak muncul seorang gadis yang ternyata mampu mendengar isi pikirannya. Gadis itu bernama Natsuno Kirihime, yang tak lain adalah idenitas asli Akiyama Shinobu.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Dengan tokoh utama yang langsung berubah menjadi seekor anjing, sangat wajar apabila penonton berharap akan menemukan salah satu komedi yang paling menggelikan. Dan sebenarnya, sesekali anime ini memang berhasil menyajikannya. Pada beberapa episode, dengan penamaan yang aneh seperti Maguro Eater dan juga tsukkomi Kazuhito yang tepat sasaran, lelucon-leluconnya seolah tidak akan pernah berhenti membuat tertawa. Namun sayang, kejenakaan itu tidak selalu ada. Pada banyak episode yang lain, anime ini justru terasa begitu membosankan. Penyebabnya barangkali adalah karena secara garis besar, komedinya terlalu mengandalkan hanya dua hal, yaitu slapsticks dan keunikan karakter para tokohnya. Slapsticks-nya mungkin menghibur pada awalnya, tetapi tanpa cukup variasi, dia akan segera menjadi hambar. Sementara, keunikan tokoh-tokohnya sangat bergantung kepada selera penonton. Jika bisa sejalan, apapun yang mereka lakukan atau katakan pasti seketika akan terasa lucu, tetapi jika tidak, mereka cuma akan terlihat aneh dan bahkan menjengkelkan.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasinya masih sangat kasar. Di banyak bagian, terlihat jelas tanda-tanda bahwa sebenarnya anime ini belum siap untuk ditayangkan. Meski dalam batas tertentu anime ini bisa dikatakan sudah mampu menyajikan komedinya, dengan kualitas visual yang lebih bagus, bukan mustahil bahwa dia pun akan menjadi semakin jenaka.
Voice-acting untuk tokoh Kazuhito dilakukan dengan sangat baik. Bahkan ketika lelucon-lelucon lain mulai membosankan, tsukkomi miliknya adalah satu-satunya hal yang mampu terus-menerus menghibur. Kata-katanya terasa alami dan cara pengucapannya selalu benar, sehingga meski pada situasi yang paling sederhana pun, dia tetap bisa segera mengubahnya menjadi sesuatu yang begitu lucu.

- Karakter:
Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu andalan dari komedi anime ini adalah keunikan karakter-karakternya. Dan harus diakui, beberapa karakter, seperti Hami yang selalu ingin bunuh diri, memang benar-benar unik. Namun, hal itu tidak kemudian secara otomatis menjadikan mereka menarik atau bahkan lucu, sebab meski tahu bagaimana membuat karakter yang tidak lazim, anime ini tidak mampu mengembangkan mereka lebih daripada itu, tidak mampu memberi mereka warna-warna alternatif. Alhasil, ketika ingin mengangkat karakter itu sebagai lelucon, anime ini pun hanya bisa menggunakan bahan yang selalu sama, dan sebagaimana seorang pelawak yang membawakan lawakan yang sama setiap kali naik ke panggung, tidak butuh waktu lama sebelum penonton mulai berharap agar karakter itu tidak pernah muncul lagi.

- Overall Score:
Menonton anime ini layaknya bermain undian. Jika beruntung, anda akan tertawa sepuas-puasnya, tetapi jika tidak, anda akan menghabiskan sekitar setengah jam waktu anda ke depan hanya bersiap-siap tertawa namun ternyata tidak pernah memperoleh alasan yang bagus untuk melakukannya. Apakah kemungkinan 50-50 per episode ini sudah cukup sebagai motivasi ataukah belum, semuanya tergantung kepada pendapat anda masing-masing. Yang jelas, anime ini pasti akan mengecewakan anda sebanyak dia juga siap memuaskan anda. Nilai 7 dari 10 (Hit and miss)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar