Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 18 Oktober 2013

FREE!

- Judul: Free!
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2013)
- Genre: Sport;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Setelah bertemu kembali dengan Matsuoka Rin, teman masa kecilnya yang baru saja pulang dari Australia, Nanase Haruka merindukan saat-saat bahagia ketika memenangkan kompetisi renang tingkat SD bersama sebagai rekan satu tim. Namun, Rin kini sudah berubah. Demi mencapai mimpinya untuk tampil di Olimpiade, dia melihat Haruka hanya sebagai rintangan yang harus dilalui. Maka tatkala Haruka bersama dua mantan rekan satu timnya yang lain, Makoto dan Nagisa, membentuk klub renang di Iwatobi, Rin juga bergabung dengan klub di sekolahnya agar bisa menantang Haruka di kompetisi resmi.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Dari semua cerita bertema olahraga, anime ini mungkin merupakan yang paling tidak membakar semangat. Latihannya terasa cuma seperti piknik, dan perlombaan utamanya serasa tidak lebih dari suatu acara akhir pekan bersama. Penyebabnya adalah karena anime ini hanya memfokuskan diri pada drama persaingan antara Haruka dan Rin. Bukan berarti bahwa drama seperti ini tidak diinginkan, bahkan sebenarnya dia adalah sisi yang dapat menjadikan suatu cerita bertema olahraga tampak unik, tetapi pada anime ini bobotnya terlalu besar hingga menenggelamkan semua hal yang seru dari sisi olahraga. The balance is all wrong! Lebih buruknya lagi, drama Haruka dan Rin itu sendiri tidak diceritakan dengan baik, terus berputar-putar seolah tidak akan pernah berakhir. Awalnya Rin berkata bahwa dia harus mengalahkan Haruka, namun kemudian dia mengaku kalau itu bukan tujuannya. Mulanya Haruka bersikeras bahwa dia tidak peduli menang atau kalah, tetapi kemudian dia begitu terpengaruh setelah berlomba dengan Rin. Anime ini mungkin ingin mengajak penonton untuk bersimpati atas situasi mereka, yaitu dua sahabat yang tidak bisa bersama karena persaingan, tetapi dengan sikap yang berubah-ubah seperti itu, sulit untuk bahkan memahami bagaimana hubungan mereka sebenarnya.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Percikan di permukaan atau bayangan di dasar kolam, animasi gerakan air di anime ini menakjubkan. Perhatiannya terhadap detil yang begitu tinggi, hingga pada momen-momen tertentu penonton mampu merasa seolah benar-benar berada di dalam air. Jika ada yang bertanya sebagus apa kualitas yang bisa dicapai dengan animasi dua dimensi, visual anime ini adalah jawabannya.

- Karakter:
Seperti yang telah disebutkan di atas, karakter dua tokoh utama anime ini, Haruka dan Rin sangat plin-plan. Ketika anime ini coba menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dengan mereka, kontradiksi pada beberapa hal detil pun bermunculan sehingga pada akhirnya hubungan mereka lebih cenderung membingungkan. Namun, di sisi lain, para anggota klub renang Iwatobi adalah kombinasi yang pas untuk cerita bertema olahraga. Di sekeliling Haruka sebagai ace adalah Makoto yang bijak sebagai pemimpin, Nagisa yang selalu bersemangat sebagai mesin pendorong, dan Rei si anak baru yang dapat memperkenalkan olahraga renang kepada penonton dari yang paling dasar. Oleh karena itulah, sekali lagi, anime ini seharusnya lebih banyak mengembangkan ceritanya di seputar pembentukan tim Iwatobi, daripada terlalu fokus hanya pada Haruka dan Rin.

- Overall Score:
Harus diakui, review ini memulai dengan prasangka. Prasangka bahwa anime bertema olahraga sudah semestinya terasa seru. Tapi apakah prasangka tersebut keliru? Sebab jika tidak harus seru, untuk apa anime itu memperlihatkan para tokohnya berkompetisi? Maka, ketika ternyata tidak seseru yang diharapkan, rasanya sangat mengecewakan, terlebih saat cerita alternatifnya pun kemudian terlalu bertele-tele. Animasi gerakan airnya memang pasti akan membuat takjub, tetapi jika cuma hal itu saja, sepertinya belum akan cukup sebagai alasan untuk menonton anime ini secara khusus. Nilai 7 dari 10 (Unexciting story)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar