Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Selasa, 07 Januari 2014

KIMI NO IRU MACHI

- Judul: 君のいる町 (Kimi no Iru Machi)
- Judul Alternatif: A town where you live;
- Tipe: TV (Juli 2013)
- Genre: Romance;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Eba Yuzuki mendadak datang ke Hiroshima dan masuk ke dalam kehidupan Kirishima Haruto, tetapi saat cinta baru saja mulai bersemi di antara mereka, gadis itu sudah harus pergi lagi. Khawatir bahwa Yuzuki melakukannya bukan karena keinginannya sendiri, Haruto rela pindah sekolah demi mengejar dan mencarinya di Tokyo. Namun, ketika dia akhirnya berhasil menemukan gadis itu, ternyata Yuzuki sudah terlanjur mendedikasikan dirinya kepada seorang kekasih lain.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Dengan cara bercerita yang menggunakan alur maju-mundur, bukan hanya anime ini langsung mampu membuat penasaran karena memberi semacam nuansa misteri, dia juga berhasil memberi pondasi yang kuat pada ceritanya dengan segera menjelaskan satu fakta yang memulai segalanya, yaitu mengapa Haruto sampai terdorong untuk mengejar Yuzuki ke Tokyo. Namun anehnya, pada saat yang sama, anime ini mengabaikan satu fakta penting yang lain, yaitu mengapa waktu itu Yuzuki sampai harus mendadak pulang ke Tokyo. Meski kemudian hal tersebut menjadi tidak terlalu relevan, ada pertanyaan yang selalu membayangi ketika kisah antara Haruto dan Yuzuki terus berjalan. Jika mereka memang begitu saling menyukai, mengapa waktu itu mereka berpisah?
Tetapi di sisi lain, terlepas dari masalah-masalah di seputar masa lalu mereka, termasuk tentang berapa kali sebenarnya Yuzuki mengunjungi Hiroshima, anime ini tetap menyajikan drama Haruto dan Yuzuki dengan cukup bagus. Dia bukan sesuatu yang istimewa, namun setidaknya anime ini sanggup menyediakan semua yang penggemar genre ini akan inginkan. Momen-momen yang mengharukan atau saat-saat yang menggemaskan, ada rasa ingin tahu sejati yang muncul ketika menonton anime ini untuk melihat apakah pada akhirnya Haruto akan bersama dengan Yuzuki atau tidak.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasinya bisa dikatakan lumayan, dan dengan seringkali menampilkan gambar hal-hal kecil di lingkungan, seperti seekor kucing yang tidur atau roda sepeda yang sedang berputar, anime ini juga memiliki sinematografi yang cukup unik. Namun, terkadang fokus terhadap detil ini terasa agak dipaksakan, terutama ketika dia memperlihatkan close-up dari para tokohnya yang terkesan terlalu dekat. Daripada untuk membangun atmosfer di sekeliling suatu momen, anime ini seperti hanya berusaha menyembunyikan sesuatu, dan mungkin hal tersebut adalah kenyataan bahwa anime ini kesulitan menggabungkan antara animasi dengan gambar latarnya, sebab pada beberapa scene, batas di antara keduanya terbukti begitu kentara terlihat.
Dialog antara para tokohnya terpotong-potong, tidak mengalir lancar seperti layaknya percakapan alami. Bukan berarti bahwa sulit memahami apa yang mereka bicarakan, tetapi pergantian topik tanpa proses yang jelas menyebabkan sikap tokoh-tokoh tersebut juga kemudian terasa seolah berubah-ubah begitu saja.

- Karakter:
Sebenarnya mudah saja untuk memetakan karakter tokoh-tokoh di anime ini. Dari Yuzuki yang selalu memikirkan perasaan orang lain hingga Asuka yang sedikit tomboi, mereka digambarkan dengan sederhana namun tetap cukup bervariasi untuk segera bisa dibedakan satu dari yang lain. Hanya saja, sebagaimana yang disebutkan di atas, dialog yang seperti terpotong-potong menyebabkan sikap mereka sesekali berubah secara mendadak. Pada satu saat mereka bicara tentang apa yang akan mereka lakukan setelah lulus sekolah, lalu pada saat berikutnya, mereka tiba-tiba mengungkapkan cinta. Jalan pikiran mereka begitu sulit ditebak sehingga, meski dengan semua kesederhanaan yang mereka miliki, penonton sepertinya tidak akan pernah bisa benar-benar memahami siapa tokoh-tokoh tersebut sesungguhnya.

- Overall Score:
Dengan alur cerita maju-mundur yang memberi nuansa misteri dan sinematografi yang memperlihatkan hal-hal kecil, anime ini berupaya tampil menonjol di antara anime lain. Sangat disayangkan bahwa upaya tersebut belum bisa disebut berhasil, sebab dia ternyata masih membiarkan beberapa fakta tidak dijelaskan, dan visualnya terkadang justru memberi kesan yang negatif. Namun, setidaknya secara keseluruhan anime ini tetap akan mampu memenuhi harapan semua penggemar genre drama romantis remaja, maka jika anda termasuk salah satunya, seharusnya anda juga jangan sampai melewatkan yang satu ini. Nilai 8 dari 10 (Good romance)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar