Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 06 November 2015

ROKKA NO YUUSHA

- Judul: 六花の勇者 (Rokka no Yuusha)
- Judul Alternatif: Braves of the Six Flowers;
- Tipe: TV (Juli 2015)
- Genre: Mystery; Action; Fantasy;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Setelah berhasil mengalahkan iblis Majin yang hampir menghancurkan dunia, sang kesatria Ichirin no Seija memperingatkan bahwa kemenangannya hanya bertahan sementara dan suatu hari Majin pasti akan bangkit kembali. Walau demikian, dia juga menjanjikan bahwa setiap kali saat itu tiba, enam orang kesatria baru yang mewarisi kekuatannya akan terpilih untuk menghadapi dan menaklukkan Majin sekali lagi.
    Pada kebangkitan Majin untuk kali yang ketiga, meski tidak memiliki keahlian khusus kecuali pengetahuan yang mendalam tentang Majin dan para anak buahnya, Adlet Myer tetap mampu menjadi salah seorang dari enam kesatria terpilih, Rokka no Yuusha. Namun, ketika mereka kemudian berkumpul di tempat pertemuan yang telah disepakati, jumlah kesatria yang muncul ternyata sampai tujuh orang. Satu di antara mereka tentu adalah musuh yang sedang menyamar, dan karena tidak ada cara untuk segera mengenalinya, para kesatria yang seharusnya bekerja sama itu pun akhirnya justru saling mencurigai.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Para kesatria dengan latar belakang yang berbeda-beda berkumpul dari berbagai penjuru dunia untuk mengalahkan satu iblis terkuat. Ini adalah hal yang sudah lazim ditemukan dalam suatu kisah epik fantasi. Namun bukankah itu juga berarti bahwa para kesatria tersebut tidak saling mengenal sehingga mudah disusupi oleh siapapun? .... Barangkali itulah alasan mengapa misteri anime ini seketika terasa begitu menarik. Sebab dia mengambil satu fakta sepele -- satu 'kelemahan' umum yang seringkali diabaikan, lalu mengungkapkannya secara mendadak kepada semua orang. Dan dalam hal menyajikan misteri, mungkin tidak ada cara yang lebih baik daripada yang dilakukan anime ini. Dengan membiarkan kisah latarnya pada bentuk yang paling sederhana, yaitu bahwa enam orang kesatria harus berkumpul untuk melawan Majin, dia membuka jalan agar entakan dari inti misterinya dapat langsung dirasakan dengan kuat. Bagaimana jika kesatria yang semestinya hanya enam orang tersebut kini ternyata berjumlah tujuh orang? Siapa yang tidak seharusnya ada bersama mereka? Lalu ketika misteri itu telah dimulai, anime ini dengan pandai memberi petunjuk sedikit demi sedikit untuk terus membawa penonton semakin dekat menuju jawaban, tetapi pada saat yang sama dia juga mampu menjaga tabir yang tebal tetap menyelubungi para tokohnya agar penonton senantiasa merasa curiga dan tidak pernah berhenti bertanya-tanya. Begitu mudah dipahami namun begitu sulit ditebak -- anime ini merupakan sebuah cerita misteri yang luar biasa.
Sayangnya, dari segi strorytelling secara keseluruhan, anime ini tampaknya belum bisa memanfaatkan setiap episode dengan sempurna, sehingga masih terdapat beberapa yang terasa tidak cukup berguna. Pada episode-episode yang mengangkat masa lalu para tokoh anime ini, misalnya, meski memang penting untuk menjelaskan karakter mereka, informasi tersebut tidak langsung berhubungan dengan misteri yang ada. Seharusnya anime ini dapat mengemasnya lebih singkat tanpa mengurangi sedikit pun peran pentingnya, maka ketika dia memaksa untuk menghabiskan satu episode penuh hanya untuk bicara tentang masa lalu tersebut, terkadang anime ini pun masih terkesan agak renggang.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Meski tidak selalu berada pada kualitas tertinggi, lebih sering anime ini memperlihatkan animasi yang sangat bagus. Baik dalam menampilkan para tokohnya yang sedang bertarung maupun dalam menyajikan misterinya, visual anime ini selalu berhasil menjalankan kedua tugas tersebut dengan baik. Hanya saja, jika ada yang perlu dikritik, itu adalah suara tokoh Goldov yang terdengar terlalu tua bagi seorang pemuda yang seharusnya baru berusia 16 tahun. Ini bukan masalah serius, terutama karena usia nyaris sama sekali tidak punya pengaruh di dalam cerita, tetapi mungkin anime ini bisa lebih teliti dalam mewujudkan para tokohnya.

- Tokoh/Karakter:
Jika pilihan jawaban hanya ada tujuh, bagaimana supaya penonton tidak segera mampu mengetahui yang mana yang benar? Caranya, tentu saja, adalah dengan menyembunyikan jawaban yang benar tersebut di antara jawaban yang salah. Oleh karena itulah, keseimbangan dalam penggambaran para tokoh di anime ini termasuk salah satu kunci utama dari keberhasilan misterinya. Sebagian keterangan tentang mereka disamarkan sehingga setiap tingkah laku yang tidak lazim akan seketika terasa mencurigakan layaknya seorang tokoh antagonis, tetapi sebagian yang lain justru diungkapkan, memberi masing-masing tokoh kepribadian yang unik dan masa lalu yang kompleks sehingga juga pantas menjadi tokoh utama di dalam cerita. Dengan kata lain, semua tokoh memiliki potensi sebagai jawaban yang salah, namun semuanya juga bisa saja merupakan jawaban yang benar -- tidak ada yang pernah tampak secara jelas sedang memihak ke sisi yang mana. Penonton benar-benar harus memutar otak untuk mencari tahu siapa kesatria yang palsu, dan bukankah hal itu yang paling diharapkan dari sebuah cerita misteri?

- Overall Score:
Mengubah kisah epik fantasi menjadi cerita misteri -- meski ini sebenarnya sudah cukup untuk menjadikan anime ini terlihat menonjol di antara yang lain, satu hal yang kemudian mengangkatnya ke level yang lebih tinggi adalah bahwa misteri tersebut ternyata ditulis dengan sangat baik. Berkat kepandaian dalam bercerita yang mampu seketika mengundang rasa penasaran sambil sekaligus menyembunyikan jawaban hingga saat-saat terakhir, dan juga kehati-hatian ketika menggambarkan setiap tokoh untuk menjadikan mereka sulit dibaca, anime ini memiliki semua yang seseorang inginkan dari sebuah misteri. Kecenderungan untuk menggunakan waktu yang terlalu lama bila bicara tentang kisah pribadi para tokohnya mungkin akan terasa sedikit mengganggu, tetapi jika anda termasuk seorang penggemar misteri, anime ini tetap merupakan satu yang tidak boleh anda lewatkan. Nilai 8,5 dari 10 (Great mystery)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

3 komentar:

  1. Ada rekomendasi anime detektif misteri kayak gini lagi gk min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah nonton "Boku Dake ga Inai Machi" atau "Subete ga F ni Naru"?
      Kalau mau yang ada unsur horor supernatural, "Another" juga bagus.

      Hapus