Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Selasa, 04 September 2012

HAIYORE! NYARUKO-SAN

- Judul: 這いよれ!ニャル子さん (Haiyore! Nyaruko-san)
- Judul Alternatif: Nyarko-san: Another Crawling Chaos
- Tipe: TV (April 2012)
- Genre: Comedy; Supernatural;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence (Bloody Scenes) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Pada suatu malam, Yasaka Mahiro tiba-tiba diserang oleh monster, namun dia diselamatkan oleh seorang gadis berambut perak. Gadis itu adalah Nyaruko dari planet Nyarlathotep, seorang agen organisasi perlindungan antar planet yang dikirim untuk melindungi Mahiro yang menjadi sasaran penculikan, maka sejak saat itu, dia tinggal bersama Mahiro di rumahnya.




Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Ini adalah salah satu anime yang nyaris sama sekali tidak memikirkan bagian ceritanya, bahkan tidak juga sekadar background story sebagai setting situasi bagi love-comedy-nya agar paling tidak memberi alasan yang jelas bagi para karakternya untuk tinggal bersama. Memang, masih ada cerita pembuka tentang Nyaruko yang datang untuk melindungi Mahiro, tetapi ini pun hanya bertahan hingga dua episode sebelum kemudian keseluruhan ceritanya menjadi tidak bermakna. Lalu apa yang bisa menjadi keunggulan anime ini? Komedi yang gila-gilaan? Sepertinya juga bukan. Parodi yang menjadi andalannya terasa terlalu dipaksakan, lebih banyak hanya sekadar berusaha memperlihatkan kemiripan dengan karya orisinil yang menjadi dasar acuannya daripada memperhatikan unsur komedinya sendiri. Menggunakan text scrolling ala Star Wars untuk menyampaikan lelucon yang buruk tidak akan membuat siapapun tertawa. And, OMG, it even went satirically political! .... Sementara, sisi slapsticknya juga sangat repetitif dan terkesan asal-asalan. Adegan Mahiro yang terus-menerus memakai garpu untuk menghukum Nyaruko hanya terlihat bodoh ketika baik Mahiro maupun Nyaruko masing-masing tidak punya latar belakang untuk secara khusus menggunakan garpu ataupun merasa takut dengannya. Anime ini sesekali mungkin masih akan membuat tersenyum, tetapi sebagian besar komedinya sangat hambar.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Bagian visual adalah penyelamat anime ini dari menjadi sia-sia. Animasinya masih bukan yang terbaik, tetapi cukup untuk membuatnya enak ditonton, terutama ketika anime ini memperlihatkan adegan-adegan pertarungan yang jumlahnya jarang. Bahkan, sebagai anime yang misi utamanya hanyalah memparodikan karya-karya lain, bagian visual ini merupakan satu hal yang bisa dikatakan memiliki originalitas. Anime ini jelas memilih genre yang keliru, sebab dia tampaknya memiliki semua potensi sebagai battle anime yang lumayan bagus.
Voice-acting untuk karakter Nyaruko berhak mendapatkan pujian. Tidak sampai menjadikan karakterisasinya lebih baik, tetapi setidaknya berhasil menggambarkannya sebagaimana yang seharusnya, yaitu menjengkelkan. Dan juga, to whom it may count, theme song pembuka anime ini merupakan salah satu yang paling ceria.

- Karakter:
Nyaruko adalah satu-satunya karakter yang menonjol dan menarik di dalam anime ini. Sifatnya yang sebagai trouble-maker senantiasa mengundang rasa ingin tahu penonton untuk melihat tingkah-tingkah gilanya yang selanjutnya. Sayangnya, dengan setiap perbuatannya selalu hanya untuk menarik perhatian Mahiro, dia pun segera bergabung dengan karakter-karakter lain yang tidak berjiwa. Ditambah lagi, laksana seseorang yang tidak pernah belajar dia terus-menerus menggunakan trik yang sama, apakah itu memaksa mencium Mahiro ataukah memasang wajah memelas, maka daripada membuat penasaran, dia justru lama-kelamaan menjadi membosankan.

- Overall Score:
Jika tujuan utamanya adalah menjadi love-comedy, maka anime ini seolah tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Anda tidak akan mendapatkan perasaan gemas bila melihat hubungan Mahiro dengan Nyaruko atau karakter mana pun. Jika sebenarnya ingin fokus hanya pada komedi, maka anime ini tampaknya berusaha terlalu keras hingga hampir semua leluconnya segera kehilangan rasa. Terkadang bahkan begitu membosankan dan anda akan tergoda untuk secepatnya berhenti menonton. Visual dan sebagian audionya adalah sedikit hal yang bisa dipertimbangkan, tetapi tetap tidak cukup untuk menjadikan anime ini hiburan yang layak. Nilai 7dari 10 (Awful comedy)



DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

2 komentar:

  1. meskipun tidak memiliki genre romance, namun dlm beberapa scene terkadang membuat penonton gemas dg tingkah laku nyaruko yg katanya cinta sama mahiro. (so cute). Haha. LOL.
    setuju gk min???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Beberapa scene memang cukup lucu. :)

      Hapus