Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 29 September 2017

SEIKAI SURU KADO

- Judul: 正解するカド (Seikai suru KADO)
- Judul Alternatif: KADO The Right Answer;
- Tipe: TV (April 2017)
- Genre: Mystery; SciFi;
- Episode: 12+1
- Rating: Strong Violence
- Sinopsis:
Ketika Shindou Koujirou baru saja akan berangkat dari bandara, sebuah kubus raksasa mendadak muncul dan menelan pesawat yang dia tumpangi. Ternyata kubus tersebut adalah KADO, sebuah alat penghubung antar dimensi milik seseorang bernama Yahakui Zashunina yang berasal dari dunia yang disebut Ihou. Zashunina mengaku datang untuk membantu mempercepat kemajuan teknologi dan mengatasi sejumlah masalah yang menghalangi perkembangan umat manusia, maka Shindou kemudian berperan sebagai perantara demi memperlancar komunikasi di antara kedua belah pihak.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Jika dinilai sebagai sebuah cerita, anime ini masih punya banyak kekurangan. Plotnya cenderung sederhana, dan jalan ceritanya juga terasa agak dipaksakan dengan sejumlah detil yang seolah terjadi cuma karena suatu keberuntungan yang luar biasa. Demi menghindari spoilers, sebagai contoh cukup disebutkan bahwa di antara semua manusia dan pekerjaan yang ada di dunia, sungguh menakjubkan bahwa salah satu tokoh yang paling berpengaruh di dalam cerita bisa secara kebetulan terlibat untuk berinteraksi langsung dengan Zashunina. .... Namun, having said that, mungkin menilai anime ini hanya berdasarkan jalan ceritanya merupakan hal yang keliru. Sebab tujuan utamanya adalah menawarkan suatu ide ilmiah atau perspektif baru kepada penonton, dan jika dilihat sebagai sarana untuk menyampaikan ide tersebut, cerita anime ini berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Pertama, melalui reaksi pemerintah Jepang yang terkesan logis dan metodis, dia mampu menghidupkan suasana takjub dan membingungkan akibat dari kemunculan KADO yang tiba-tiba. Anime ini segera memperkenalkan KADO sebagai sebuah teka-teki, dan dengan demikian dia mendorong penonton agar bersiap menghadapi sesuatu yang rumit. Kedua, pengetahuan seputar Zashunina dan Ihou yang tumbuh secara bertahap juga sanggup menjadikan proses pembelajaran di dalam ceritanya terasa nyata. Atau dengan kata lain, meski memang rumit, anime ini menunjukkan bahwa Zashunina dan Ihou tetap merupakan sesuatu yang bisa dipelajari, dan dengan demikian mengajak penonton untuk coba mempelajarinya. Dia mungkin bukan cerita yang paling menarik untuk diikuti, tetapi anime ini akan sangat kuat menggelitik keingintahuan ilmiah seseorang.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Mengingat bahasannya yang super canggih, penulisan dialog di anime ini dapat dikatakan sebagai pengimbang yang efektif. Para tokoh manusia akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan mendasar dan Zashunina kemudian akan menjelaskan dengan contoh-contoh yang sederhana, sehingga layaknya menyaksikan diskusi yang antusias antara guru dan murid, penonton tanpa sadar akan ikut belajar bersama mereka. Hal ini tidak secara otomatis berarti bahwa semua orang pasti akan seketika mengerti apa yang mereka diskusikan, sebab pada akhirnya kecepatan belajar masing-masing tentu berbeda-beda, tetapi setidaknya anime ini telah menyediakan jalan yang mudah bagi penonton yang memang ingin berusaha mengerti.

- Tokoh/Karakter:
Karakter semua tokoh di anime ini mungkin akan terasa dangkal. Shindou dan lainnya hampir selalu tampak hanya menjalankan pekerjaan mereka daripada berusaha mencapai suatu tujuan pribadi. Namun, perlu diingat bahwa anime ini memang bukan sebatas tentang kisah beberapa individu, melainkan lebih mengarah kepada reaksi umat manusia secara keseluruhan, termasuk penonton. Dia hendak bertanya bagaimana semestinya reaksi manusia yang benar terhadap kemunculan Zashunina -- apakah dengan tangan terbuka, ataukah malah dengan rasa curiga? -- maka para tokohnya pun dipersiapkan sekadar untuk mewakili dua jenis opini yang sama-sama mengejar kebaikan bagi umat manusia namun dari perspektif yang berbeda, agar kemudian penonton dapat menimbang dan menetapkan pilihannya sendiri. Serupa dengan ceritanya, tokoh-tokoh di anime ini tidak dimaksudkan untuk menjadi sesuatu yang akan tinggal lama di ingatan penonton; mereka hanyalah sarana demi maksud yang lebih luas, dan oleh karena itu, pada kasus seperti ini, tidak memberi mereka karakterisasi yang terlalu mendalam justru dapat dianggap sebagai keputusan yang tepat.

- Overall Score:
Setiap hari kita tentu ingin berkembang lebih maju daripada hari sebelumnya, tetapi apakah ada titik di mana kita akan menjadi terlalu maju? Jika ada solusi yang akan seketika mengatasi hampir semua masalah sumber daya kita, apakah itu merupakan hal yang baik, ataukah justru sesuatu yang datang terlalu mendadak? .... Berbeda dari anime pada umumnya, anime ini tidak menawarkan cerita atau tokoh-tokoh yang menarik. Semua bagiannya lebih cenderung diarahkan hanya untuk mengajak anda berpikir. Oleh sebab itulah, dia mungkin bukan hiburan untuk semua orang, tetapi jika anda termasuk salah satu yang berpikiran terbuka dan peduli kepada dampak teknologi terhadap peradaban manusia, anime ini bisa jadi merupakan tontonan yang sudah lama anda cari. Skor 8,5 dari 10 (Thought provoking)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- Figure: Zashunina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar