Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 20 Mei 2017

YOUJO SENKI

- Judul: 幼女戦記 (Youjo Senki)
- Judul Alternatif: Saga of Tanya the Evil;
- Tipe: TV (Januari 2017)
- Genre: Action; Super Powers;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence
- Sinopsis:
Karena tetap menolak mengakui Tuhan bahkan hingga di akhir hayatnya, seorang pria mendapat hukuman. Terlahir kembali sebagai gadis miskin bernama Tanya Degurechaff, dia dibiarkan membawa ingatan dari kehidupan lamanya agar dia dapat menyesali kesalahan dan menyadari kebesaran Tuhan. Namun, Tanya tidak bersedia menyerah begitu saja, maka tatkala dia melihat peluang untuk meniti karir di militer, dia lekas bergabung meski di usia yang masih sangat muda dan berusaha meningkatkan baik reputasi maupun posisinya secepat mungkin. Tanya yakin bahwa dengan demikian dia akan bisa hidup nyaman tanpa harus bergantung kepada Tuhan, tetapi anehnya, semakin Tanya menjadi tokoh penting di dalam pasukan negaranya, dia justru semakin tidak bisa lepas dari pertempuran berat di garis depan.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Bagaimana mungkin seorang gadis kecil yang masih berusia di bawah sepuluh tahun diizinkan bertempur di garis depan? Normalnya, siapapun akan langsung menganggap hal tersebut tidak masuk akal, tetapi anime ini ternyata berhasil menciptakan situasi yang mampu menjadikannya sedikit banyak lebih bisa diterima oleh akal. Kehadiran suatu unit tempur yang menggunakan kekuatan sihir segera menghilangkan keterbatasan fisik pada tubuh seorang gadis kecil, dan karena sesungguhnya memiliki pikiran seorang dewasa, kesiapan mental Tanya untuk menghadapi semua kengerian di dalam perang tentu juga tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja, satu bagian yang anime ini tidak pernah dapat lakukan dengan baik adalah dalam menjelaskan mengapa Tanya memiliki pikiran orang dewasa tadi. Bahwa hal itu merupakan sebuah bentuk hukuman sebab dia kurang beriman terasa sangat dipaksakan -- apakah penyangkalan Tanya sesuatu yang teramat langka sehingga dia kemudian harus mendapatkan perlakuan yang begitu khusus? Dan penyangkalannya itu sendiri bahkan terasa lebih konyol lagi. Seorang skeptic atau ateis yang mempertanyakan kekuasaan Tuhan memang masih bisa dipahami, tetapi bagaimana dengan seseorang yang bersikeras mengajak Tuhan berdebat tentang logika meski ketika semua pemandangan di sekelilingnya tidak lagi terlihat logis? .... Namun, syukurlah, pertengkaran antara Tanya dan Tuhan ini tidak banyak berpengaruh pada cerita. Walaupun anime ini akan terus mengangkatnya agar pertengkaran konyol tersebut senantiasa relevan, sebagian besar ceritanya sebenarnya hanya menampilkan kisah-kisah dalam perang, apakah berupa pertempuran demi pertempuran Tanya dan pasukannya yang menegangkan, ataukah strategi-strategi berani nan pandai dari pasukan Kekaisaran secara keseluruhan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Visual anime ini terlihat luar biasa, dan pertunjukan utamanya adalah dogfight pasukan Tanya di udara. Dengan sinematografi yang dinamis, setiap pertempuran terasa seru dan berbahaya, seolah mereka sungguh-sungguh tengah saling mengejar sambil harus terus mengelak dari tembakan lawan. Namun, bagian audionya juga tidak kalah menakjubkan, khususnya untuk voice-acting tokoh Tanya yang mampu menghidupkan karakternya yang unik dengan sempurna. Seorang gadis kecil yang selalu mengucapkan kata-kata dingin dan tajam seharusnya terdengar aneh atau bahkan menjengkelkan, tetapi pada kenyataannya, dia bukan hanya sama sekali tidak demikian, Tanya Degurechaff benar-benar terdengar menakutkan.

- Tokoh/Karakter:
Cukup mudah untuk memahami karakter Tanya. Satu-satunya tujuan yang hendak dia capai adalah bertahan hidup, dan di negeri yang mengutamakan kekuatan militer dan sedang berperang dengan negara-negara lain di sekelilingnya, hal yang mesti dia lakukan demi mencapai tujuan tersebut adalah menjadi prajurit yang baik dengan mematuhi semua aturan dan membawa kemenangan di setiap pertempuran yang ditugaskan kepadanya. Namun, pada saat yang sama, Tanya juga cukup sulit ditebak. Dia bersedia melakukan apa saja demi menjaga reputasinya sebagai prajurit yang baik tadi, maka dia akan langsung menghukum siapapun yang melanggar aturan dan menghancurkan semua musuh negaranya hingga tak bersisa. .... Barangkali pendapat ini bersifat subjektif, tetapi kombinasi dari kedua sisi karakter Tanya tersebut menjadikannya terasa sangat menarik untuk terus disaksikan. Dia senantiasa mendesak batasan tipis antara seseorang yang sekadar ingin meraih kemenangan dan seseorang yang memang hanya kejam, maka sekuat apa desakan Tanya yang berikutnya? Apakah dia akhirnya akan menembus batas tersebut? Apa yang akan terjadi bila dia melakukannya? Selalu menyimpan resiko yang dapat seketika menggagalkan seluruh rencananya, setiap langkah Tanya terasa sebagai hal penting yang patut diperhatikan.

- Overall Score:
Seorang monster yang bertubuh seperti gadis kecil. Tanya Degurechaff bukan tokoh yang paling believable, tetapi anime ini tetap berhasil membuatnya terasa benar-benar nyata dengan menciptakan situasi pendukung yang tepat dan melalui voice-acting yang cekatan. Lalu, setelah anda bisa melihat bentuk dari kisah Tanya dalam mengejar kesuksesan dan memahami makna penting dari setiap aksinya kemudian, penyajian menggunakan visual yang luar biasa merupakan pelengkap yang menjadikan anime ini kian sempurna. Skor 8,5 dari 10 (Great visual, intriguing character)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- Limited Battalion Jacket Moss: M / L / XL
- Work Shirt Battalion Moss: M / L / XL
- T-Shirt Battalion Moss: S / M / L / XL
- T-Shirt Tanya Black: S / M / L / XL
- CD Music: ED Theme
- CD Radio: Vol 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar