Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 21 September 2012

TSURITAMA

- Judul: つり球 (Tsuritama)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2012)
- Genre: SciFi; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Karena telah beberapa kali pindah sekolah dan juga ditambah dengan kebiasannya yang segera panik, Sanada Yuki tidak memiliki satu orang pun teman, namun ketika datang ke Enoshima, seorang pemuda bernama Haru yang mengaku sebagai alien mendadak tinggal di rumahnya dan mengajak memancing. Meski pada awalnya enggan, setelah teman sekelas mereka, Natsuki, mengajarinya, Yuki perlahan menyukai aktivitas tersebut. Sementara itu, Akira yang dikirim oleh organisasinya untuk mengawasi Haru akhirnya mengetahui bahwa ada alien yang bersembunyi di laut dekat Enoshima, dan ketika alien tersebut mulai mengancam keselamatan dunia, ia mesti bekerja sama dengan Yuki, Haru, dan Natsuki untuk menghentikannya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Pulau yang terpencil, alien yang datang berkunjung, dan organisasi rahasia yang memeranginya. Sekilas plot ini memang terdengar sudah sangat lazim, tetapi anime ini tahu bagaimana cara membuat dirinya tidak lazim. Dari pistol air yang menyebabkan orang-orang menari hingga salam aneh dari organisasi bernama DUCK, ini merupakan sisi comical dari kisah tentang invasi alien. Meski demikian, bukan berarti bahwa anime ini hanya sekadar komedi yang penuh hal-hal konyol. Keseluruhan ceritanya dipersiapkan dengan matang sehingga aktivitas memancing dan atribut aliennya berhasil dihubungkan dengan baik, laksana suatu pasangan yang benar-benar aneh namun sama sekali tidak mustahil. Kisah persahabatan empat karakternya disusun dalam tahapan yang rapi sehingga hubungan di antara mereka benar-benar terasa. Sementara sisi science fiction-nya, walaupun terbatas pada level yang paling rendah, tetap diberikan latar belakang yang cukup untuk menjadikannya terasa seperti anomali alami yang masuk akal.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Seperti yang sudah disebutkan, anime ini tahu bagaimana membuat dirinya tidak lazim, termasuk di dalam hal visualisasinya. Batas yang jelas dari warna-warna yang kontras sebagai background menjadikan anime ini terlihat vibrant seperti ilsutrasi di buku cerita anak-anak. Setiap frame adalah satu halaman karya seni yang menyenangkan untuk dipandang. Lalu ketika dikombinasikan dengan animasi yang mengalir lancar, anime ini memberikan pengalaman yang tidak harus menakjubkan, tetapi jelas sesuatu yang berbeda.

- Karakter:
Empat karakter utamanya dikembangkan dengan sangat baik, baik secara individu maupun dalam kelompok. Penonton bisa mengikuti dengan seksama perubahan yang terjadi pada diri masing-masing karakter, dan pada saat yang sama menyaksikan mereka menyatu dengan hubungan yang solid. Hal ini menunjukkan bahwa karakter-karakter tersebut didesain melalui suatu perencanaan yang hati-hati, sebab mereka kemudian tidak hanya menjadi elemen penting dari cerita dengan peran dan fungsi yang jelas, tetapi juga sebagai faktor-faktor yang saling mendukung di antara mereka sendiri.

- Overall Score:
Alien dan memancing. .... Bagaimana cara menjadikan kedua hal tersebut bersama-sama sebagai bagian utama dalam satu cerita? Anime ini memikirkannya masak-masak dan akhirnya berhasil menemukan sebuah kisah yang benar-benar menyegarkan. Anda mungkin tidak akan sampai tergugah dengan plotnya yang masih terlalu sederhana, tetapi kemampuan anime ini untuk menyajikan sesuatu yang tidak lazim dengan kualitas yang cukup bagus di setiap bagiannya adalah hal yang patut dipuji. Jika anda mulai merasa sedikit bosan dengan cerita yang itu-itu saja, anime ini menawarkan sebuah alternatif yang layak. Nilai 9 dari 10 (Recommended!)



DVD@Amazon:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar