Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 14 September 2012

JORMUNGAND

- Judul: ヨルムンガンド (Jormungand)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2012)
- Genre: Action; 
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence (Frequent Bloody Scenes)
- Sinopsis:
Sebagai salah seorang korban perang, Jonah sangat membenci segala sesuatu yang berhubungan dengan senjata api, termasuk orang-orang yang membuatnya, menjualnya, dan juga menggunakannya. Namun, demi bertahan hidup dia sendiri mesti menjadikan senjata api sebagai bagian dari dirinya, dan setelah suatu kejadian yang nyaris menewaskannya, Jonah akhirnya justru menjadi pengawal dari seorang wanita pedagang senjata gelap, Koko Hekmatyar.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Temanya yang tentang perdagangan senjata gelap jelas benar-benar unik. Namun, jangan berharap menemukan tragedi manusia atau dilema psikologis seperti yang terdapat di film Nicholas Cage "Lord of War". Bahkan sebaliknya, anime ini justru seolah ingin memperlihatkan bahwa masih ada hal yang baik pada perdagangan senjata gelap. Hal-hal semacam memiliki teman-teman seperjuangan yang bisa dipercaya, menjalani kehidupan yang senantiasa seru, atau jika berhati-hati, membantu menciptakan kedamaian!? .... Tentu saja, para aktivis penentang konflik bersenjata tidak akan setuju, tetapi sebenarnya tidak perlu menganggap terlalu serius anime ini, sebab dia sendiri tidak pernah berusaha mencari pembenaran atas ide kontroversialnya tersebut. Keseluruhan cerita hanya merupakan serangkaian misi dengan jenis lawan yang berbeda-beda. Sesekali muncul momen menarik ketika Koko menggunakan akalnya untuk memecahkan masalah, tetapi sebagian besar anime ini cuma mencari alasan untuk menciptakan adegan-adegan full-action.
Pada sisi positifnya, anime ini memiliki sumber referensi yang tampaknya bisa diandalkan. Pengetahuan seputar senjata cukup mendalam, meskipun para karakter di anime ini memperkenalkannya seperti sedang membaca dari katalog daripada seseorang yang sudah berpengalaman.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Level of details pada animasi semua sistem persenjataan sangat luar biasa! Dari senjata anti-personel semacam senapan mesin hingga kendaraan perang seperti helikopter, anime ini bukan sekadar memperhatikan dengan hati-hati setiap garis dan lekukan, tetapi juga memperlihatkan fungsi suku-suku cadang yang terkecil. Para penggemar alat-alat militer dijamin akan menonton dengan bahagia! Adegan-adegan aksinya juga disajikan dengan bagus. Meski tidak sampai pada tingkat yang sinematis dan cenderung tampak hanya sebagai ajang unjuk kekuatan daripada pertempuran yang sesungguhnya, anime ini masih mampu memberi penekanan pada bagian-bagian yang tepat untuk membuatnya terasa menegangkan.

- Karakter:
Koko Hekmatyar memang bisa dikatakan sebagai karakter yang agak aneh, tetapi begitu juga dengan semua tokoh lain di anime ini, terutama yang perempuan. Dan sayangnya, jika ada terlalu banyak karakter yang tidak biasa berkumpul di satu tempat seperti ini, hasil yang muncul justru adalah bahwa mereka tidak akan tampak seunik yang semestinya. Pada permulaan cerita, Koko mungkin akan mengundang rasa penasaran siapapun untuk mencari tahu apa yang akan dia lakukan selanjutnya, tetapi tiba di bagian akhir cerita, dia sudah menjadi hanya salah satu dari tokoh generik yang memenuhi anime ini.
Pengembangan karakternya sama sekali tidak ada. Dari awal hingga penghabisan, karakterisasi setiap tokoh masih tetap sama persis, tidak ada perubahan terhadap berbagai situasi yang dihadapi, tidak ada sisi lain yang tersembunyi, dan tidak ada rahasia yang akan membuat terkejut. Beberapa tokoh seperti Jonah dan Valmet coba diberi sejarah untuk mengesankan perubahan sikap, tetapi jika harus jujur, hal ini tidak pernah benar-benar memiliki pengaruh kepada mereka kecuali menyebabkan dendam yang kemudian hanya menjadi--sekali lagi--alasan untuk beraksi dan menciptakan adegan-adegan seru.

- Overall Score:
Cerita berbasis misi, referensi perangkat militer yang cukup rinci, dan tokoh-tokoh dengan kemampuan fisik yang luar biasa--tampaknya setiap bagian dari anime dipersiapkan khusus bagi penggemar film atau serial action hero, di mana satu atau sekelompok jagoan menghancurkan musuh-musuh yang berjumlah jauh lebih besar dengan menggunakan persenjataan terhebat. Namun meski demikian, bukan berarti kalau penonton yang lain tidak akan bisa menikmatinya. Dengan misi-misi yang variatif dan animasi yang bagus, anime ini tetap menjadi hiburan yang bisa memuaskan siapa saja. Nilai 8 dari 10 (Good enough)



DVD@Amazon:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar