Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 07 Juli 2017

MINAMI KAMAKURA KOUKOU JOSHI JITENSHA-BU

- Judul: 南鎌倉高校 女子自転車部 (Minami Kamakura Koukou Joshi Jitensha-bu)
- Judul Alternatif: Minami Kamakura High School Girls Cycling Club; MinaKama;
- Tipe: TV (Januari 2017)
- Genre: Slice of Life;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Maiharu Hiromi pertama kali tertarik bersepeda tatkala dia merasa yakin bahwa sepeda dapat membawanya ke tempat mana pun yang ingin dia kunjungi. Dan ketika dia mulai belajar lebih banyak bersama Akizuki Tomoe, mereka bertemu dengan Higa Natsumi dan Kamikura Fuyune yang juga berminat pada kebebasan yang bisa mereka dapatkan dari bersepeda. Keesokan harinya, karena ternyata belum seorang pun di antara mereka yang melaksanakan tugas wajib untuk bergabung di salah satu klub, mereka akhirnya sepakat membentuk klub sendiri, Klub Sepeda.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski dia berusaha mengajarkan beberapa hal tentang bersepeda, anime ini mungkin belum bisa menjadi sumber informasi yang baik bagi para pemula. Sebab metode yang dia gunakan untuk menyampaikan semua informasi tersebut seringkali tidak komprehensif, tidak beraturan -- tersebar begitu saja tanpa disusun dalam topik-topik tertentu atau mengikuti proses pembelajaran yang bertahap, dan juga tidak seimbang, sehingga terkadang dia akan tiba-tiba saja memberikan begitu banyak informasi sekaligus dalam jangka waktu yang singkat. Ya, dia kemudian menyediakan bimbingan yang lebih terarah dari para Seiyuu pada penghujung setiap episode, tetapi jika memang bagian ini yang dimaksudkan menjadi bagian yang paling penting, apakah masih ada nilai yang bisa diperoleh dari animenya sendiri? Atau apakah penonton sebaiknya mengabaikan saja kisah Hiromi dan langsung melompat ke bagian akhir yang jauh lebih bermanfaat tadi? .... Jawabannya barangkali harus diserahkan kepada masing-masing penonton. Tanpa pelajaran seputar bersepeda, anime ini hanyalah kisah tentang Hiromi dan selanjutnya Klub Sepeda MinaKama, dan karena tidak mengejar suatu tujuan khusus selain untuk terus bersepeda, kisah mereka juga tidak segera menawarkan kejadian-kejadian menarik. Bahkan perlombaan yang mereka ikuti tidak terasa seru, sebab meski anime ini coba membuatnya terlihat dramatis, pada akhirnya perlombaan itu sendiri tidak pernah bernilai lebih daripada sekadar salah satu kegiatan klub. Namun, pada episode-episode belakangan, touring yang mereka lakukan punya potensi untuk tampak seperti sebuah petualangan, terutama dengan anime ini berupaya sesering mungkin memperlihatkan gambar-gambar pemandangan dari semua tempat yang mereka kunjungi. Penonton yang mengharapkan suatu cerita akan mendapatinya cenderung hampa, tetapi bagi mereka yang suka melihat pemandangan, anime ini masih mungkin menjadi pengalaman menyenangkan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Kualitas animasi para tokohnya mungkin dapat dikatakan berada di tingkat rata-rata. Dia akan terlihat cukup bagus pada beberapa adegan, tetapi kemudian sebaliknya tidak cukup bagus pada beberapa adegan yang lain. Meski demikian, satu hal yang patut dipuji dari anime ini adalah penggabungan yang cermat antara animasi tersebut dengan gambar latarnya. Karena dia tampaknya lebih sering langsung menggunakan foto yang diedit daripada hasil lukisan untuk gambar latar yang dimaksud, sebagian orang barangkali akan menganggapnya mengambil jalan pintas sehingga tidak bisa disetarakan dengan anime-anime lain yang melakukan hampir semuanya dari awal, namun secara objektif, it did a good job nonetheless.
Pada bagian audio ... ini mungkin cuma pendapat pribadi, tetapi voice-acting tokoh Hiromi terdengar sangat menjengkelkan. Entah apakah karena suaranya yang terus-menerus bernada tinggi, ataukah karena dialognya yang dipaksakan selalu bersemangat atas hal apapun yang sedang dia bicarakan, ataukah bahkan karena kombinasi dari keduanya sekaligus, dia laksana dengungan nyamuk yang seketika terasa mengganggu begitu sampai di telinga. Lalu, ketika anime ini juga menambahkan tokoh Sandy yang kurang lebih memiliki masalah serupa .... Ah, what a real pain in the ears ....

- Tokoh/Karakter:
Singkatnya, para tokoh di anime ini terasa dangkal dan tidak menarik. Kepribadian setiap tokoh memang dapat segera dibedakan dengan jelas, tetapi tidak seorang pun yang memiliki ciri khas cukup unik untuk membuat diri mereka terlihat menonjol sebagai suatu karakter yang patut diperhatikan. Mereka juga tidak punya kisah pribadi yang dapat mengundang penonton agar mencari tahu bagaimana kelanjutannya. Meski anime ini memberi mereka semua latar belakang untuk mulai terlibat dengan sepeda, kisah para tokoh tersebut selalu berakhir hanya sampai di titik itu -- di latar belakang, sebelum kemudian mereka menghabiskan seluruh waktu dan tenaga hanya untuk bersepeda, hingga seolah-olah tidak ada kegiatan lain di dalam kehidupan mereka kecuali bersepeda. Dan terakhir, karena mereka hanya selalu bersepeda bersama tanpa mengejar target tertentu, kombinasi di antara mereka pada akhirnya tidak melahirkan hubungan kerjasama yang akan membagi peran dan fungsi ke masing-masing tokoh, sehingga siapa mereka, bagaimana mereka bersikap, bagaimana cara mereka memandang sesuatu, apa keunggulan mereka, apa kelemahan mereka -- seluruh aspek dari jati diri mereka pada dasarnya sama sekali tidak relevan. Kelihatannya tujuan anime ini benar-benar cuma sebatas memperkenalkan kepada penonton keasyikan bersepeda, maka para tokohnya pun tidak pernah dimaksudkan lebih dari sekadar sekumpulan alat untuk memperagakannya.

- Overall Score:
Anime ini berusaha sekuat tenaga untuk mengajak anda ikut bersepeda, dan sebagai akibatnya, cerita yang dia sajikan tidak berisi banyak kejadian menarik selain sekelompok gadis yang terus bersepeda, dan para gadis itu sendiri pun juga kemudian seolah tidak punya identitas apa-apa selain sebagai pengendara sepeda. Namun, yang paling mengecewakan dari semuanya, meski setelah memusatkan seluruh perhatian hanya pada satu topik, ajakannya tadi ternyata tetap belum terasa cukup kuat untuk meyakinkan siapapun. Gambar-gambar pemandangan yang selalu dia perlihatkan mungkin saja akan mampu mendorong anda agar bertualang, tetapi kecuali memang sudah terbiasa bersepeda ke semua tempat, anime ini tidak memberi alasan mengapa anda harus mulai melakukannya sekarang. Skor 6,5 dari 10 (Nearly meaningless)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4

Goods:
- CD Character Songs Collection

Tidak ada komentar:

Posting Komentar