Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 21 April 2017

KEMONO FRIENDS

- Judul: けものフレンズ (Kemono Friends)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2017)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Ketika tengah bersantai di dalam wilayah Savanna, Serval menemukan seorang Friends asing yang mengenakan topi dan membawa tas. Ternyata, Friends yang baru saja lahir tersebut tidak mengingat apapun tentang dirinya sendiri, termasuk dari jenis hewan apa dia berasal. Oleh karena itu, untuk sementara Serval hanya memanggilnya dengan Kaban, dan demi mencari tahu identitas Kaban yang sesungguhnya, bersama-sama mereka lalu melakukan perjalanan panjang menuju Perpustakaan sambil melintasi berbagai macam wilayah lain di Japari Park.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Dengan jalan cerita yang sederhana dan linear, anime ini tampaknya lebih cenderung ditujukan untuk anak-anak. Menilainya dengan sudut pandang yang serius akan berarti salah memahami maksud anime ini sepenuhnya. Namun, meski ceritanya secara keseluruhan belum terasa cukup menantang bagi pikiran yang lebih dewasa, bagian komedinya sendiri masih akan mampu menghibur siapapun, dan mungkin salah satu alasannya adalah justru karena anime ini sudah langsung jelas diketahui bukan sesuatu yang mesti disikapi serius. Dia tidak menyajikan lelucon-lelucon baru, orisinil, atau pun luar biasa menggelikan, tetapi atmosfer 'kepolosan' yang terdapat pada anime ini menjadikan setiap lelucon tersebut kemudian terkesan tulus. Kejadian-kejadian lucu dan dialog-dialog jenaka yang terjadi seolah terjadi secara alami, dan jika suatu peristiwa tampak tidak disengaja, bahkan hal yang sederhana seperti seekor kucing yang terjatuh dari meja tetap berpotensi mengundang tawa. Terlebih lagi, anime ini juga sangat terampil dalam menentukan topik yang sesuai dan memilih timing yang tepat untuk mengangkatnya agar setiap lelucon selalu terasa sebagai suatu bagian dari jalan cerita, sehingga kehadirannya pun akan secara otomatis terkesan alami. Ya, membandingkannya dengan anime lain, dia memang belum bisa disebut komedi yang bagus, tetapi bagaimanapun juga, anime ini tetap akan mengubah waktu yang digunakan untuk menontonnya jadi menyenangkan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Animasinya memang tidak begitu bagus, tetapi hal ini tidak pernah menjadi masalah. Sebab anime ini menyadari keterbatasannya dan kemudian tidak berusaha melakukan sesuatu yang tidak mampu dia lakukan dengan membuat cerita penuh aksi yang membutuhkan banyak animasi. Dia justru berkonsentrasi menggunakan animasinya untuk menyajikan komedi, dan karena komedi pada anime ini sebagian besar berasal dari percakapan para tokohnya, penulisan dialog yang pandai dan voice-acting yang baik sudah lebih dari cukup untuk menutupi semua kekurangan yang tampak dari segi visual.

- Tokoh/Karakter:
Walaupun pada dasarnya para tokoh di anime ini hanyalah personifikasi dari beberapa hewan, dan kepribadian mereka juga adalah sekadar perwakilan dari perilaku khas hewan-hewan tersebut, kemampuan anime ini dalam mengumpulkan semua bahan mentah tadi dan kemudian membentuk sejumlah karakter yang spontan terlihat menarik dari sisi komedi tetap merupakan sebuah pencapaian yang patut dipuji. Siapapun tahu bahwa berang-berang pandai dalam membangun rumah, namun jika harus digambarkan sebagai seorang tokoh, tidak semua orang yang akan mengubahnya menjadi seorang arsitek yang senantiasa cemas sehingga tidak pernah benar-benar menyelesaikan rumah yang ingin dia bangun. Selain itu, kecuali Serval dan Kaban, tokoh-tokoh yang muncul di setiap episode selalu berbeda, maka kenyataan bahwa komedi yang berasal dari interaksi di antara para tokoh pada masing-masing episode juga selalu efektif menunjukkan kalau anime ini tidak cuma asal memasukkan sekumpulan hewan, tetapi dia dengan tangkas telah memilah dan memilih kombinasi karakter yang paling tepat setiap kali.

- Overall Score:
Anime ini jauh dari yang terbaik ... adalah mungkin pikiran pertama yang muncul di benak anda begitu melihat ceritanya yang sederhana dan kemampuan animasinya yang terbatas. Namun, satu hal yang harus diperhatikan, anime ini memang tidak berusaha menjadi yang terbaik -- atau paling tidak, bukan 'terbaik' dalam pemahaman pada umumnya. Dia hanya ingin menjadi tontonan menyenangkan, dan berkat pemilihan topik yang cermat, penulisan dialog yang pandai, voice-acting yang baik, serta pengaturan kombinasi karakter yang terampil, komedinya yang ringan tapi senantiasa efektif akan mengajak anda untuk terus menyaksikan anime ini sampai kapanpun. Skor 9 dari 10 (Recommended!)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- Nendoroid: Serval
- T-Shirt Abunaiyo! Black: M / L / XL
- T-Shirt Abunaiyo! White: M / L / XL
- T-Shirt Hashibirokou: S / M / L / XL
- T-Shirt Toki: S / M / L / XL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar