Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 13 Mei 2016

MUSAIGEN NO PHANTOM WORLD

- Judul: 無彩限のファントム・ワールド (Musaigen no Phantom World)
- Judul Alternatif: Myriad Colors Phantom World;
- Tipe: TV (Januari 2016)
- Genre: Action; Comedy; Super Powers;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Setelah sebuah kecelakaan menyebabkan suatu virus menyebar, otak semua orang mengalami perubahan sehingga kini dapat melihat Phantom -- makhluk-makhluk misterius yang sebelumnya disangka hanya ada di dalam khayalan. Secara khusus, bayi-bayi yang terjangkit virus ternyata juga memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan Phantom, maka saat mereka bersekolah di Hosea Gakuin bertahun-tahun kemudian, Ichijou Haruhiko, Kawakami Mai, Izumi Reina, Minase Koito, dan Kumamakura Kurumi memanfaatkan kekuatan mereka dengan bergabung di Noukinou Error Taisaku-shitsu, yaitu sebuah klub yang bertugas membantu membasmi Phantom yang menimbulkan masalah.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Apa sebenarnya makhluk yang disebut Phantom itu? Terkadang mereka adalah imajinasi manusia yang menjadi kenyataan, tetapi terkadang mereka juga merupakan roh dari benda-benda yang menyimpan suatu dendam. Pada akhirnya, anime ini tidak pernah mengatakan secara pasti wujud sesungguhnya dari Phantom ataupun sumber kekuatan para tokohnya, maka ceritanya pun tidak pernah berkembang lebih daripada sekadar serangkaian pertemuan mereka dengan berbagai macam Phantom -- tidak ada makna yang lebih dalam yang tersembunyi di baliknya dan juga tidak ada tujuan besar untuk menghubungkan semua pertemuan tersebut. Namun, ini tidak harus secara otomatis menjadi sesuatu yang buruk; ini hanya berarti bahwa cerita anime ini mesti dinilai dari episode ke episode. Beberapa episode menyajikan kisah yang secara alami akan mengundang rasa ingin tahu, karena berkonsentrasi dalam memperlihatkan betapa aneh kekuatan yang dimiliki Phantom, sedangkan beberapa yang lain terkesan cuma seperti mengulang-ulang pertarungan yang serupa, karena hanya menghadirkan Phantom sebagai lawan yang harus dikalahkan. Beberapa episode mungkin saja akan membahas topik yang seketika mengajak seseorang berpikir tentang batas kemampuan otak manusia, sementara beberapa yang lain hanya akan penuh dengan, meminjam istilah dari anime ini sendiri, pengetahuan yang sia-sia. Apakah episode dengan cerita yang menarik berjumlah sudah cukup banyak ataukah justru masih terlalu sedikit, hal itu tergantung kepada pendapat masing-masing penonton.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Anime ini menampilkan animasi yang sangat bagus mulai dari detik pertama sampai yang paling akhir. Hanya saja, ketika berusaha menjelaskan sesuatu, entah mengapa dia tidak pernah mampu melakukannya dengan baik. Penggambaran secara visual tidak banyak membantu, sebab menggunakan analogi yang masih harus dipikirkan lagi apa maksudnya, sementara dialog pengantar dari para tokohnya juga seringkali terlalu bertele-tele atau justru tidak tuntas. Beruntung, sejak awal dia memang bukanlah anime yang bermaksud menempatkan sains sebagai fitur utama, maka beberapa penjelasan yang tanggung mungkin secara keseluruhan juga tidak akan terasa terlalu mengganggu.

- Tokoh/Karakter:
Selain dari jenis kekuatan yang mereka miliki, tidak ada lagi yang perlu diketahui dari para tokoh di anime ini. Masing-masing mereka memang mempunyai ciri khas tersendiri, seperti tubuh Mai yang atletis atau kemampuan makan Reina yang luar biasa, tetapi semua hal tersebut hanyalah sebatas hiasan di permukaan yang tidak berarti apa-apa. Beberapa episode lalu membahas sesuatu yang bersifat pribadi tentang mereka, seperti masalah Reina dengan keluarganya atau dendam Koito kepada Phantom tertentu, namun hal-hal ini bukan berusaha menggambarkan kepribadian para tokoh tersebut lebih jelas, melainkan sekadar ingin mengangkat salah satu sisi dalam kehidupan mereka, yang itu pun ternyata kemudian tidak meninggalkan efek signifikan pada diri mereka -- mungkin masih bisa menjadi cerita yang bagus, tetapi tidak pernah benar-benar mendefinisikan siapa mereka sesungguhnya. Singkatnya, para tokoh di anime ini tidak memberi cukup pengaruh pada dunia di sekeliling mereka ataupun menunjukkan proses pertumbuhan pada diri mereka sendiri sebagai seorang individu, sehingga meski selalu berada di pusat cerita, Haruhiko, Mai, Reina, Koito, dan Kurumi akhirnya tidak terasa lebih penting dari murid-murid lain yang juga berurusan dengan Phantom.

- Overall Score:
Sebagaimana terdapat beragam variasi pada jenis Phantom, kualitas setiap episode di anime ini juga berbeda-beda. Sebagian menyajikan cerita yang akan mampu mengajak anda untuk terus menyaksikannya dengan seksama, sedangkan sebagian yang lain hanya akan berisi serangkaian pertarungan hampa yang hasilnya tidak banyak berpengaruh. Namun, berkat animasi yang senantiasa bagus, satu hal yang bisa dipastikan dari anime ini adalah bahwa setidaknya dia akan selalu menjadi tontonan yang menyenangkan. Skor 7,5 dari 10 (Great animation)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar