Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 20 Mei 2016

HARUCHIKA ~HARUTA TO CHIKA WA SEISHUN SURU~

- Judul: ハルチカ〜ハルタとチカは青春する〜 (HaruChika ~Haruta to Chika wa Seishun suru~)
- Judul Alternatif: Haruta & Chika;
- Tipe: TV (Januari 2016)
- Genre: Mystery;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Terinspirasi oleh sebuah pertunjukan yang dia saksikan di televisi, Homura Chika bertekad akan bergabung dengan Suisougakubu (Klub Alat Musik Tiup) ketika masuk bersekolah di SMU Shimizu Minami. Namun, termasuk dirinya dan juga teman masa kecilnya, Kamijou Haruta, klub tersebut ternyata hanya memiliki lima orang anggota. Demi mengejar impian untuk bisa tampil pada kompetisi tingkat nasional di Fumonkan (Fumon Hall), meski karenanya mereka seringkali harus berhadapan dengan berbagai macam misteri, Haruta dan Chika kemudian berusaha mengumpulkan lebih banyak anggota hingga mencukupi jumlah minimal yang dipersyaratkan.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Satu masalah yang sering muncul pada anime bergenre misteri adalah ketidak mampuan untuk melibatkan para tokohnya ke dalam suatu kasus secara alami. Mereka hanya bagaikan orang-orang yang paling tidak beruntung karena tidak sengaja selalu berada di tempat yang keliru dan pada waktu yang salah. Namun syukurlah, anime ini berhasil menggabungkan secara sempurna antara sisi misterinya dengan kisah pertumbuhan Suisougakubu. Dan sebagai hasilnya, apakah itu untuk mengumpulkan anggota baru ataukah untuk mendapatkan tambahan dana, para tokohnya kemudian selalu punya alasan yang masuk akal untuk terus menantang setiap teka-teki dan berusaha mencari jawabannya. Juga termasuk dalam keberhasilan tersebut adalah cara bagaimana anime ini selalu mampu menjaga keseimbangan di antara keduanya. Skala dari setiap kasus dibatasi hanya pada hal-hal yang sederhana, seperti tentang mencari pemilik dari seekor anjing yang hilang, demi mencegah misterinya dari menjadi tidak wajar karena terkesan terlalu besar bagi sekelompok remaja, tetapi pada saat yang sama, anime ini tetap bisa membuat semua kasus tersebut tampil menarik berkat teknik presentasi yang pandai. Bagaimana jika ada dua orang sekaligus yang datang dan mengaku sebagai pemilik anjing tadi, lengkap dengan bukti mereka masing-masing? Bagaimana cara untuk mengetahui siapa pemilik yang sesungguhnya? Dia langsung mengajukan pertanyaan-pertanyaan tepat yang akan seketika mengundang rasa penasaran dari penonton, dan kemudian mengikutinya dengan pengungkapan secara bertahap melalui petunjuk-petunjuk yang dimunculkan sedikit demi sedikit untuk tetap mengajak penonton agar mencari tahu lebih jauh. Menyajikan serangkaian misteri yang mengalir harmonis dalam satu cerita, anime ini menunjukkan keahlian bercerita yang luar biasa.
Namun sebagai kisah misteri, sayangnya, anime ini masih memiliki kekurangan karena sesekali terlalu bergantung kepada kecerdasan tokoh Haruta yang dilebih-lebihkan. Terkadang dia dibuat seolah mengetahui segala hal yang ada di dunia, sehingga beberapa petunjuk akan tampak seakan dipaksakan untuk muncul begitu saja, dan terkadang dia juga diperlihatkan menghubungkan petunjuk-petunjuk tersebut dengan terlalu gampang, maka kesimpulannya pun lebih cenderung terasa seperti perhitungan otomatis daripada sebagai hasil pemikiran yang logis. Meski anime ini sangat cermat dalam menghadirkan misterinya, dia masih terkesan seperti mengambil jalan pintas dalam mengungkap jawabannya.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Animasinya bukan yang terbaik. Gambar para tokoh di anime ini seringkali tampak tidak stabil dari satu frame ke frame berikutnya. Namun, setidaknya dia mengerti cara memanfaatkan audio dan visual untuk mendukung misterinya melalui sinematografi dan penulisan dialog yang bagus. Dia menyelipkan secara halus petunjuk di dalam layar atau di antara ucapan para tokohnya sebagai tantangan kepada penonton agar ikut berpikir dan coba memecahkan teka-tekinya lebih awal. Dan ketika mengungkapkan jawabannya sendiri kemudian, proyeksi secara visual dan juga kalimat-kalimat yang efisien dari para tokohnya akan menerangkan dengan gamblang bagaimana setiap petunjuk berfungsi sehingga penjelasan anime ini selalu mudah dipahami.

- Tokoh/Karakter:
Sisi misteri anime ini memang terlalu bergantung kepada Haruta -- dia seorang diri akan mengumpulkan semua petunjuk dan juga sendirian menghubungkan semuanya untuk kemudian menarik kesimpulan, sehingga ketika dia sedang beraksi, para tokoh yang lain tiba-tiba saja menjadi tidak berarti sama sekali. Namun, jika memandang anime ini dari sudut yang lebih luas, Haruta dan Chika sesungguhnya masih bisa dianggap sebagai kombinasi yang baik. Apabila Haruta adalah otak yang berperan memecahkan setiap teka-teki yang muncul, Chika merupakan tenaga yang mendorong agar ceritanya terus berjalan. Seperti yang telah disebutkan, sisi kisah pertumbuhan Suisougakubu dalam mengejar impian tampil di Fumonkan menyatu sempurna dengan sisi misterinya, tetapi anime ini tetap membutuhkan sesuatu untuk memicu insiden yang akan membawa ceritanya ke tahap berikut, dan tidak hanya menjadi pemicu, sikap Chika yang spontan dan tak kenal lelah juga bahkan mampu menyebabkan insiden-insiden tersebut pun ikut terasa sebagai hal yang terjadi secara alami. Kemampuan membagi tugas kepada kedua tokoh utama dan sekaligus memberi mereka karakter yang tepat untuk tugas itu, hal ini sekali lagi membuktikan kepandaian anime ini dalam bercerita.

- Overall Score:
Kisah misteri tidak harus selalu tentang masa lalu yang kelam atau kejahatan yang mengerikan. Berkat teknik presentasi yang pandai dan audio visual yang sangat mendukung, anime ini menunjukkan bahwa misteri juga bisa merupakan bagian dari kehidupan normal sekelompok remaja dan tetap terasa menarik. Cara bagaimana dia memecahkan teka-tekinya memang terkadang masih kurang memuaskan, tetapi secara keseluruhan, anime ini tetap merupakan kumpulan cerita misteri yang telah disatukan dengan indah dan disampaikan dengan pandai. Skor 8,5 dari 10 (Great storytelling, flawed mystery)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Goods:
- CD Music: Soundtrack / ED Theme
- CD Character Song Mini Album: Boys / Girls
- CD Radio: Vol 1 / Vol 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar