Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 13 Juli 2012

TOARU HIKUUSHI E NO TSUIOKU

- Judul: とある飛空士への追憶 (Toaru Hikuushi e no Tsuioku)
- Judul Alternatif: The Princess and the Pilot
- Tipe: Movie
- Genre: Action; Romance; SciFi; Fantasy;
- Durasi: 1 Jam 39 Menit
- Rating: Mild Violence (Rare Bloody Scenes)
- Sinopsis:
Sebagai calon permaisuri Pangeran Carlo dari Levamme, Puteri Fana del Moral dari San Maltilia pun akhirnya menjadi sasaran serangan musuh mereka, Amatsukami. Setelah armada terbaik Levamme yang seharusnya datang menjemput sang puteri ternyata dihancurkan oleh musuh, pilot terbaik San Maltilia, Karino Charles lalu dipercayakan menjalankan misi sangat rahasia untuk mengantar Puteri Fana ke Levamme dengan menembus kepungan musuh.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Pada dasarnya, anime ini sebenarnya telah memiliki bagian-bagian cerita yang lengkap, dari prolog yang jelas, klimaks yang cukup menegangkan, dan hingga ending yang terbuka tetapi tetap kuat. Hanya saja, masih ada yang terasa kurang di dalamnya. Meski berisi aksi-aksi heroik dan seru Charles yang menghadapi gempuran musuh-musuh, kedua karakter utama anime ini rasanya masih belum mendapatkan cukup kesulitan di dalam perjalanan mereka, yang seharusnya menjadi justifikasi atas romansa antara dua orang dari status sosial yang jauh berbeda. Meski sejak awal diketahui akan ada keterikatan antara Charles dan Fana, penonton tidak diperlihatkan cukup alasan bagaimana hal tersebut kemudian menjadi sesuatu yang istimewa. Sama sekali tidak ada yang salah dengan ceritanya, namun emosi yang hendak disampaikan mungkin akan sulit mencapai hati penonton.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Visual di anime ini benar-benar luar biasa, dan jika harus menyebutkan satu elemen secara khusus, hal itu adalah efek cahayanya. Bukan maksudnya bahwa efek tersebut lebih baik daripada yang terdapat pada anime-anime lain, tetapi sangat jarang atau bahkan belum pernah ada yang menggunakannya sampai begitu menyatu dengan cerita seperti anime ini. Dari berkas cahaya lampu sorot kapal-kapal Amatsukami yang menyapu permukaan lautan hingga pantulan sinar matahari pada badan pesawat Santa Cruz, efek-efek ini sendiri adalah kisah perjuangan Charles dan Fana untuk menghindar dari musuh-musuh mereka.

- Karakter:
Entah apa yang salah dengan Fana del Moral, tetapi tokoh yang satu ini sangat mengejutkan, dan sayangnya bukan dalam makna yang baik. Mungkin cuma cara penggambarannya saja yang agak terlalu dangkal. Atau mungkin juga anime ini memang sejak pertama tidak bisa menetapkan dengan pasti karakteristik tokoh ini. Pada bagian awal cerita dia terlihat sebagai seorang putri yang anggun dan tabah, namun pada bagian akhir cerita dia mendadak menjadi 'liar'. Bukan berarti bahwa perubahan ini mengherankan, bahkan sebenarnya sudah bisa ditebak, tetapi proses perubahan tersebut tidak pernah diperlihatkan. Seolah-olah, anime ini sangat terburu-buru ingin segera menyelesaikan ceritanya sehingga melupakan begitu saja salah satu tahapan dalam pengembangan karakter Fana.

- Overall Score:
Ada sebagian cerita yang sudah bisa segera ditebak apa yang akan terjadi, dan anime ini merupakan salah satunya, tetapi itu sama sekali bukan berarti bahwa ceritanya tidak bagus. Dengan berbagai alasan, orang-orang masih akan penasaran ingin tahu bagaimana kisah romantis antara Charles dan Fana berjalan. Hanya saja, ketika emosi para karakternya tampak berubah terlalu tiba-tiba, ada bagian dari cerita yang serasa hilang. Visual yang luar biasa tetap menjadikan anime ini sebagai hiburan yang memuaskan, tetapi dia tidak akan tinggal lama di dalam ingatan anda. Nilai 8 dari 10 (It's very good)


DVD@Amazon:
- DVD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar