Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 06 Juli 2012

TOKI O KAKERU SHOUJO

- Judul: 時 をかける少女 (Toki o Kakeru Shoujo)
- Judul Alternatif: The Girl Who Leapt Through Time; TokiKake;
- Tipe: Movie
- Genre: SciFi; Comedy; Romance;
- Durasi: 1 Jam 38 Menit
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Makoto mengalami hari yang penuh kesialan, mulai dari terlambat bangun hingga kecelakaan fatal di perlintasan kereta api. Namun, ketika baru saja akan tertabrak kereta api, Makoto mendadak kembali ke beberapa detik sebelumnya dan selamat dari kematian. Setelah dia kemudian berhasil dengan sengaja mengulangi hal yang sama, Makoto pun akhirnya sadar bahwa dia memiliki kemampun untuk menjelajah waktu.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Satu perubahan di masa lalu dapat mengganti seluruh masa depan. Ingin menggambarkan dampak dari Butterfly Effect, anime ini sangat teliti dalam memperhatikan hubungan antara satu kejadian dengan kejadian lainnya, dan bagaimana setiap upaya Makoto menghindari masalahnya justru menyebabkan masalah bagi orang lain. Namun, menyusun cerita yang berkisar tentang penjelajahan waktu selalu merupakan hal yang sulit, salah satu penyebabnya adalah karena tokoh-tokoh di dalam cerita harus diberikan alasan yang kuat dan masuk akal untuk menjelajah waktu, dan sayangnya, anime ini tidak berhasil menyelesaikan masalah ini. Makoto menemukan kemampuannya dari seseorang yang datang dari masa depan, tetapi sejak awal seseorang tersebut tidak punya alasan yang cukup kuat untuk pergi ke masa lalu. Hanya ingin melihat sebuah lukisan? Mengapa lukisan itu begitu penting? Memang, bisa dimaklumi bahwa penyederhanaan ini harus dilakukan agar tidak sampai tumpang tindih dengan cerita utamanya, tetapi bagaimanapun juga, muncul kontradiksi dengan tujuan dasar cerita yang hendak menunjukkan bahwa penjelajahan waktu bukan hal yang sepele.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasinya mengalir lancar, tetapi kekuatan visual anime ini yang sesungguhnya terletak pada sinematografi. Saat jalan ceritanya berubah-ubah dari komedi, romance, dan suspense secara bergantian, anime ini mengikutinya dengan visual yang selalu sesuai untuk setiap situasi. Apakah itu slow motion yang menegangkan, sudut kamera yang canggung, atau latar belakang pemandangan yang romantis, visual anime ini merupakan pendukung yang sempurna bagi ceritanya.

- Karakter:
Karakter utama Makoto dipersiapkan dan dikembangkan dengan sangat baik untuk berjalan selaras dengan tema ceritanya yang tentang penjelajahan waktu. Sikap sembrononya adalah persis apa yang dibutuhkan untuk membuat seseorang menjelajah waktu dengan alasan paling kecil sekalipun, dan kepolosannya adalah alasan yang masuk akal dia tetap mengulang-ulangi kesalahan yang serupa.
Di sisi lain, ketika karakter-karakter pendukung yang lain tidak memiliki masalah, sikap tenang Yoshiyama ketika mengetahui kemampuan Makoto menjelajahi terasa mengherankan. Hal ini bisa diterima jika ia memang tidak menanggapinya serius, tetapi nasihat-nasihat yang dia berikan menunjukkan yang sebaliknya. Atau barangkali, dia sendiri adalah penjelajah waktu, tetapi tidak pernah ada indikasi yang menuju ke hal tersebut. Meski hanya kesalahan kecil, ini seharusnya bisa dihindari.

- Overall Score:
Visual anime ini mendukung ceritanya dengan sempurna dan karakter utamanya dipersiapkan dengan sangat baik, namun terdapat kesalahan kecil pada penyusunan ceritanya. Meskipun sebenarnya kesalahan tersebut tidak terlalu berarti dan bahkan masih bisa dimaklumi, makna yang diperlihatkannya yang terasa kontradiktif dengan ide keseluruhan cerita menjadikannya berdampak lebih besar dari yang seharusnya. Nilai 8 dari 10 (It's good)


DVD@Amazon:
- DVD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar