Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 20 Juli 2012

KIMI TO BOKU. 2

- Judul: 君と僕。2 (Kimi to Boku. 2)
- Judul Alternatif: You and Me.
- Tipe: TV
- Genre: Comedy; Slice of Life;
- Episode: 13
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Memasuki musim dingin, Kaname, Yuuta, Yuuki, Shun, dan Chizuru menghabiskan waktu bersama-sama pada momen-momen penting kehidupan mereka seperti Natal, Tahun Baru, dan juga Hari Valentine. Lalu, ketika musim semi datang, mereka berlima pun memulai tahun ketiga atau terakhir mereka di SMU.






Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Mengganti sisi kisah persahabatannya dengan lebih banyak berfokus pada romantisme, anime ini memberi warna baru dan segar kepada ceritanya. Namun, jangan menyangka bahwa anime ini kemudian banting setir menjadi love-come yang penuh momen-momen canggung atau konflik-konflik dramatis. Gaya penceritaannya masih dipertahankan tetap berjalan dengan 'damai' sehingga romantisme tersebut masih lebih cenderung mempresentasikan pahit-manis hubungan para karakter anime ini daripada tentang ketertarikan emosional antara laki-laki dan perempuan, sementara keseimbangan dengan sisi komedinya masih terjaga baik dalam kadar maupun frekuensi.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Bagian paling menonjol dari audio visual anime ini adalah justru momen-momen hening yang minim animasi dan dialog. Bagian tersebut melipatgandakan efek dan sekaligus menyampaikan dengan sangat efektif kepada penonton baik nuansa 'damai' dari ceritanya maupun kedalaman perasaan para karakternya. Dari Chizuru yang hanya memperhatikan Mary dari jauh, hingga Kaname yang bermain gulat dengan Shizuka dalam diam, penonton langsung bisa berbagi kepahitan dan sekaigus kemanisan dari pengalaman hidup mereka.
Potongan-potongan gambar serta animasi kucing-kucingnya masih selucu dan seimut season yang pertama, dan kini juga digunakan untuk menggambarkan kehidupan santai para karakternya, hal yang sekilas terasa sepele ini mampu menjadi bagian yang tak terpisahkan. Bukan hanya sebagai semacam ciri khas pada visual anime ini, tetapi juga menjadi suatu cara yang unik dalam menyampaikan ceritanya.

- Karakter:
Setelah memperkenalkan mereka pada season yang pertama, kini anime ini tampaknya bermaksud mengembangkan kelima karakter utamanya melalui interaksi dengan orang-orang di sekitar mereka. Namun, mungkin demi mempertahankan nuansa damai dan santai dari ceritanya, pengembangan tersebut serasa tidak pernah benar-benar terjadi. Setiap riak di permukaan kolam kehidupan mereka dengan cepat diredakan kembali dengan gaya easy-going seperti "Ya, sudahlah" atau "Lupakan saja" sehingga semua riak tersebut seolah tidak pernah ada, tidak meninggalkan jejak atau bekas pada para karakternya. Sebenarnya ini tidak juga bisa disebut sebagai kesalahan, sebab elemen sikap santai karakter-karakter itu adalah apa yang membuat komedinya semakin menonjol, dan menghilangkan elemen itu justru akan merusak keseluruhan anime, tetapi terkadang kehidupan mereka terasa terlalu monoton hingga penonton akan mulai berharap agar sesuatu yang luar biasa seperti UFO atau zombie segera muncul.

- Overall Score:
Rasa baru, namun kelezatan yang masih sama. Anime ini sedikit mengubah arah ceritanya ke romantisme, tetapi keseimbangan sempurna dengan sisi komedinya masih tetap terjaga. Anda mungkin akan agak kecewa menemukan bahwa hampir tidak ada yang berubah pada para karakternya, tetapi reaksi-reaksi sesaat mereka terhadap setiap riak kehidupan yang ditemui masih cukup menghibur. Nilai 9 dari 10 (Recommended, but in lowered degree)

PV

DVD@Amazon:
- Volume 1
- Volume 2
- Volume 3
- Volume 4
- Volume 5
- Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar