Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Selasa, 24 Juli 2012

MEDAKA BOX

- Judul: めだかボックス (Medaka Box)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV
- Genre: Comedy; Action;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence (Physical Harm and Rare Blood) and Mild Eroticism (Underwears)
- Sinopsis:
Berkat pesona dari kepribadiannya, Kurokami Medaka berhasil terpilih sebagai Ketua OSIS meski masih duduk di kelas 1 di SMU Hakoniwa. Dia berjanji mendengarkan dan memecahkan segala jenis masalah yang dihadapi murid-murid di Hakoniwa. Sebagai sarana tempat melaporkan masalah mereka, Medaka menyediakan sebuah kotak saran, yang akhirnya kemudian lebih dikenal dengan nama Medaka Box.


Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski dengan konsep awal yang agak dangkal, anime ini secara perlahan menunjukkan cerita yang cukup dalam. Medaka tidak hanya diceritakan menyelesaikan satu tugas ke tugas lainnya, tetapi anime ini sedikit demi sedikit menjelaskan idealismenya. Dengan kata lain, ini bukan sekadar cerita tentang seorang gadis berperilaku aneh yang membuat kekacauan di sekolah, melainkan lebih pada reaksi sekolah itu sendiri terhadap jalan pikiran dan tindakan gadis tersebut. Dari yang bersimpati, menentang, hingga bahkan yang ingin memanfaatkan, anime ini dengan berani menantang idenya sendiri, dan karenanya menghasilkan cerita yang mendalam.
Satu kekurangannya, transisi dari bagian komedi ke actionnya yang terasa terlalu drastis. Tidak seperti battle anime yang menggunakan komedi hanya sebagai bumbu yang sesekali diselipkan di tengah actionnya, anime ini seolah berubah pikiran dari komedi slapstick menjadi battle anime berskala penuh. Di satu sisi, anime ini memberi kejutan yang tidak terduga, tetapi di sisi lain, kejutan tersebut bukan sesuatu yang akan dihargai oleh semua orang.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Audio visual anime ini bekerja dengan baik dalam memberikan efek yang tepat pada masing-masing bagian cerita. Voice-acting yang bagus membuat komedinya menggelikan, sedangkan animasi yang lancar menjadikan adegan-adegan aksinya terasa seru. Barangkali elemen ini tidak akan cukup berkesan untuk menjadi alasan tersendiri menonton animenya, namun dukungannya masih tetap merupakan faktor penting yang memungkinkan penonton menonton dengan nyaman.

- Karakter:
Meski dengan keempat ciri khasnya, Kurokami Medaka tidak pernah benar-benar menjadi karakter yang menarik untuk diikuti. Kemampuannya yang sejak awal digambarkan sebagai serba bisa membuat penonton dengan segera memperkirakan segala hal darinya, sehingga tidak lagi tersisa rasa penasaran tentang seperti apa atau bahkan apakah ada ciri khas yang kelima. Sementara, idealismenya yang utopis tidak menawarkan sesuatu yang baru atau asing, langsung dapat disimpulkan sebagai impian seorang do-gooder, lalu titik.
Beruntung, Medaka kemudian dikelilingi oleh murid-murid dengan karakter yang bervariasi sekaligus menarik. Mulai dari yang bersifat cuma sebagai pendukung seperti Nabeshima yang licik, hingga yang perannya lebih misterius seperti Shiranui yang serba tahu, karakter-karakter inilah yang akhirnya yang menjadikan anime ini begitu hidup dan penuh warna.

- Overall Score:
Ceritanya lebih dalam daripada yang tampak di permukaan dan audio visualnya cukup memuaskan, tetapi kekuatan sesungguhnya dari anime ini adalah variasi karakter yang menarik. Meskipun Medaka sendiri bukan tokoh utama yang terbaik, tokoh-tokoh yang lain menghiasi di sekelilingnya laksana taman bunga yang indah. Nilai 8 dari 10 (Well done)


DVD@Amazon:
- Volume 1
- Volume 2
- Volume 3
- Volume 4
- Volume 5
- Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar