Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 27 Mei 2016

DIMENSION W

- Judul: Dimension W
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2016)
- Genre: Sci-Fi; Action;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Mengikuti Dimensi X, Y, dan Z, umat manusia kini telah berhasil menemukan dimensi keempat, yang kemudian dinamakan Dimensi W. Memanfaatkan alat yang disebut Coil, manusia juga mampu mendapatkan energi tanpa batas dari Dimensi W, namun karena semua penggunaan Coil selalu diawasi oleh perusahaan New Tesla Energy, Coil-Coil yang diproduksi secara ilegal pun segera beredar. Sebagai seorang Kaishuuya, selama ini Mabuchi Kyouma bekerja mengumpulkan Coil ilegal hanya demi imbalan uang dari New Tesla Energy, tetapi setelah tanpa sengaja bertemu dengan gadis robot bernama Mira, dia lalu mulai menyadari rahasia yang tersembunyi di dalam Dimensi W.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Pada setiap peristiwa, terdapat banyak kemungkinan yang bisa terjadi, tetapi hanya satu yang kemudian menjadi kenyataan, sedangkan semua kemungkinan yang lain akan berubah menjadi energi yang tersimpan di Dimensi W. .... Cerita anime ini masih lebih cenderung ke arah imajinasi liar daripada sebuah fiksi ilmiah, sehingga beberapa detail pada Dimensi W akan terasa terlalu mengada-ada. Namun, dalam bentuknya yang paling dasar, setidaknya ide anime ini tetap memiliki konsep yang cukup jelas, yaitu bahwa, sebagaimana yang disebutkan di atas, Dimensi W adalah tempat menampung hasil-hasil alternatif (atau yang bagi anime ini disebut sebagai Kemungkinan) dari kehidupan manusia. Just think of it as some sort of parralel worlds that never managed to exist. Dan jika sudah mampu memahami wujud sesungguhnya dari Dimensi W, penonton juga seharusnya akan bisa menikmati sepenuhnya keunggulan yang lebih aktual dari anime ini, yaitu storytelling yang pandai. Sejak awal memperlihatkan konflik antara New Tesla Energy dan Profesor Yurizaki, dia langsung memicu rasa penasaran dengan mengindikasikan bahwa masih ada sesuatu yang tersembunyi pada Dimensi W daripada hanya sekadar sebagai sumber energi, dan melalui pengaturan yang rapi atas kasus-kasus lebih kecil yang dihadapi Kyouma dan Mira, dia kemudian juga mampu mempertahankan agar misteri tersebut senantiasa menarik dengan mengungkap rahasianya secara bertahap dan dalam takaran yang pas -- tidak sekaligus terlalu banyak, namun tidak pula terlampau sedikit. Ditambah lagi, secara independen cerita di setiap kasus juga selalu membahas topik yang menarik, maka terlepas dari teori meragukan tentang dimensi keempat yang dia ajukan, anime ini sesungguhnya sangat menyenangkan untuk diikuti.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Memperhatikan bahkan momentum dari gerakan para tokohnya, animasi di anime ini terlihat sangat bagus. Dia juga menampilkan sinematografi yang efektif, baik untuk membuat aksi pertarungannya tampak lebih seru, maupun dalam mendukung storytelling-nya. Hanya dengan memperlihatkan suatu adegan dari sudut yang tepat, anime ini mampu menjelaskan banyak hal lebih cepat tanpa perlu menunggu dialog panjang lebar dari para tokohnya.

- Tokoh/Karakter:
Anime ini tampaknya telah merencanakan dengan cukup baik karakter dari para tokohnya. Peran mereka tidak selalu penting, maka meski pada sebagian cerita mereka bisa terlibat jauh, pada sebagian yang lain mereka juga bisa terasa hanya seperti sepasang Kaishuuya yang sedang melaksanakan pekerjaan mereka. Namun paling tidak, yang berhasil dilakukan oleh anime ini adalah memberi mereka latar belakang yang kuat sehingga tidak sampai terkesan terasing dari setting ceritanya. Atau dengan kata lain, sebagai saksi tunggal dari kecelakaan Coil terbesar dalam sejarah dan sebagai karya terakhir dari penemu Coil itu sendiri, sama sekali tidak mengherankan jika Kyouma dan Mira kemudian akhirnya terjerat dalam sisi gelap dari Coil dan Dimensi W. Dan lebih jauh, kepribadian Kyouma yang kasar namun penyayang dan Mira yang polos namun berdedikasi secara alami menciptakan kombinasi yang cukup menarik. Walaupun mungkin tidak semua orang akan langsung merasa terpikat untuk menyaksikan sepak terjang mereka, siapapun sedikit banyak pasti akan ingin mengetahui bagaimana perkembangan hubungan di antara mereka selanjutnya.

- Overall Score:
Saat anime ini mulai membahas Dimensi W terlalu jauh, dia pun kemudian terasa lebih seperti sebuah kisah ajaib daripada sebagai cerita yang berdasar pada sains. Namun, jika sejak awal anda memang tidak berharap banyak kepada sisi ilmiahnya, hal tersebut juga seharusnya tidak akan menjadi masalah besar. Sebab dengan storytelling yang pandai, visual yang sangat bagus, dan kombinasi tokoh yang menarik, anime ini sesungguhnya tetap merupakan paket hiburan yang lengkap. Skor 8,5 dari 10 (A bit exaggerated, but largely a great show)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Goods:
- Figure 1/8 PVC Pre-painted Mira
- Nendoroid Plus Trading Rubber Straps
- CD Soundtrack
- CD Radio: Vol 1 / Vol 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar