Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 02 Oktober 2015

HOUKAGO NO PLEIADES

- Judul: 放課後のプレアデス (Houkago no Pleiades)
- Judul Alternatif: Wish Upon the Pleiades;
- Tipe: TV (April 2015)
- Genre: Super Powers;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Pada suatu hari, ketika Subaru bersiap-siap menyaksikan hujan meteor dari observatorium sekolah, hal-hal aneh mendadak terjadi di sekelilingnya. Setelah tanpa sengaja masuk ke sebuah taman yang asing, dia kemudian bertemu dengan suatu makhluk misterius, dan juga mendapati teman masa kecilnya, Aoi yang seharusnya belajar di sekolah lain, berada di dalam ruang kelasnya. Rupanya, makhluk tadi adalah alien dari konstelasi Pleiades yang jatuh ke Bumi karena mesin pesawat luar angkasa miliknya pecah menjadi dua belas kepingan. Dengan menggunakan kekuatannya untuk mengumpulkan mereka dari lima kemungkinan yang berbeda, sang alien pun meminta bantuan kepada Subaru, Aoi, Itsuki, Hikaru, dan Nanako agar mengumpulkan kembali semua kepingan tersebut.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Pesan apapun yang hendak disampaikan oleh anime ini, dia tidak berhasil menyampaikannya dengan baik. Dia tampaknya ingin bicara tentang berbagai kemungkinan yang bisa diraih seseorang, bahwa siapapun bisa menjadi apapun yang dia inginkan, tetapi hal ini tidak pernah mampu disajikan secara jelas. Kesalahan pertama, dengan menyamarkan segala kemungkinan tadi sebagai sumber energi dari kekuatan sihir Subaru dan tokoh lainnya, anime ini menggunakan metafora yang asing dan terlalu rumit untuk bahkan menunjukkan di mana inti ceritanya berada. Mungkin seharusnya tidak menjadi masalah seandainya terdapat penjelasan bagaimana kedua hal tersebut -- kemungkinan dan kekuatan sihir -- bisa saling terhubung, namun kemudian anime ini melakukan kesalahan kedua, yaitu ketiadaan storytelling yang baik. Cerita anime ini selalu melompat-lompat dari satu insiden ke insiden berikutnya, lalu seolah menyerahkan sisanya kepada penonton untuk menebak sendiri bagaimana hubungan di antaranya. Jika sekadar mencari tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi saja sudah begitu sulit, apalagi dengan mencoba menemukan suatu pesan yang tersembunyi di baliknya.
Namun, satu hal positif yang dapat diambil dari anime ini, hampir pada setiap episode dia akan memberikan suatu pengetahuan seputar luar angkasa, seperti jarak antara bumi dan bulan atau bahkan Dark Energy. Sama seperti pesannya, cara anime ini menyampaikan semua pengetahuan tersebut juga bukan yang paling efektif, tetapi bagi mereka yang memang tertarik dan ingin tahu, setidaknya anime ini tetap memiliki manfaat.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Storytelling anime ini tidak menjelaskan ceritanya dengan baik, dan dialog para tokohnya juga sedikit pun tidak membantu menjadikannya lebih mudah dipahami. Terkadang mereka akan mulai membicarakan suatu hal secara tiba-tiba tanpa sebelumnya ada build-up yang mengarahkan mereka ke pembicaraan tersebut, dan terkadang pula mereka terlalu melebih-lebihkan pilihan kata yang digunakan, seolah dengan sengaja ingin membuat penonton bahkan semakin bingung. Namun di sisi lain, bagian animasinya terlihat sangat bagus. Meski pada akhirnya hal ini tidak berarti banyak oleh karena dia tidak benar-benar sedang mengantarkan suatu cerita, sebagai hiburan secara visual, anime ini tetap merupakan sebuah hasil karya yang indah.

- Karakter:
Anime ini menampilkan banyak tokoh, tetapi dia tidak pernah terasa memiliki satu pun. Mengapa? Sebab meski anime ini berusaha memberi kepada masing-masing mereka keunikan semacam cara bicara atau kisah latar, pada kenyataannya semua hal tersebut tidak mampu meninggalkan efek seperti apapun, baik pada mereka sendiri maupun pada cerita anime ini. Alhasil, mereka tidak pernah menjadi tokoh utama, yaitu poros di mana keseluruhan cerita akan berputar, atau setidaknya sebagai tokoh dengan peran penting hingga sanggup mengubah arah jalan cerita. Mereka tak lebih bagaikan dedaunan yang seolah hadir sekadar untuk mengikuti arus; setiap sikap dan tindakan mereka disesuaikan hanya untuk memberi pembenaran atas cerita anime ini, dan sedikit pun tidak mengungkapkan apa-apa tentang diri serta kepribadian mereka. Bahkan Subaru, yang mendapatkan lebih dari cukup durasi untuk bisa disebut sebagai tokoh utama, ternyata tidak berfungsi banyak. Cuma namanya yang memiliki makna karena menghubungkan anime ini dengan konstelasi Pleiades, tetapi selain itu, dia seperti bayangan yang hanya berlalu sesaat.

- Overall Score:
Alam semesta yang luas dan kemungkinan yang tak terbatas. .... Memang bukan hal yang paling mudah untuk dipahami, tetapi ketika anime berusaha membahasnya, jalan cerita yang tidak tersusun baik dan penulisan dialog yang berlebihan justru menjadikan keduanya bahkan lebih membingungkan dari yang sebelumnya. Namun setidaknya, anime ini bukan seluruhnya merupakan kesia-siaan. Jika anda punya cukup minat pada sains luar angkasa, anime ini mungkin masih mampu mengajarkan beberapa pengetahuan baru yang menarik. Nilai 6 dari 10 (Confusing storytelling)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar