Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Selasa, 06 Oktober 2015

ETOTAMA

- Judul: えとたま (Etotama)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2015)
- Genre: Supernatural; Comedy; Action;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Ketika sedang mencari tempat tinggal di Akihabara, Amato Takeru akhirnya menemukan sebuah rumah dengan biaya sewa yang cukup murah. Namun, ternyata pada rumah itu terdapat gerbang yang terhubung dengan dunia para Dewa. Dari gerbang tersebut kemudian muncul Nya-tan, salah seorang Eto-Musume atau utusan Dewa yang berusaha menjadi Eto-Shin atau salah satu hewan di dalam zodiak melalui sistem pertarungan ETM12 yang diadakan sekali dalam setiap enam puluh tahun. Agar bisa bertarung, Eto-Musume membutuhkan Sol=Lull dari umat manusia untuk memberinya kekuatan, dan karena rupanya Takeru menghasilkan Sol=Lull berkualitas tinggi, Nya-tan pun memutuskan untuk tinggal bersamanya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Dengan menggunakan legenda dua belas hewan zodiak yang sudah dikenal umum sebagai ide dasar, sebenarnya sangat mudah bagi anime ini untuk mengabaikan settingnya, sebab semua orang tentu akan segera memahami situasi di dalam cerita tanpa perlu penjelasan. Namun hebatnya, anime ini memilih tidak melakukannya. Dia tetap bersedia menulis ulang legenda tersebut secara hati-hati -- baru, tetapi tidak sampai bertentangan dengan legenda yang ada -- sehingga setting anime ini bukan hanya terasa segar, melainkan dia juga mampu menjadi pondasi kokoh yang kemudian menerangkan setiap bagian dari ceritanya, mulai dari bagaimana sistem yang berlaku seputar Eto-Musume dan Eto-Shin, mengapa ETM12 butuh diadakan, mengapa Sol=Lull penting, hingga mengapa semua tokohnya berkumpul di sekitar Takeru. Dan anime ini tidak berhenti cuma sampai di situ. Komedi yang memenuhi cerita sangat kreatif dengan jenis lelucon yang beragam, seperti kenakalan Nya-tan, keunikan para tokoh yang lain, atau bahkan parodi terhadap berbagai hal dalam industri anime. Sementara pada bagian action, meski tidak cukup seru untuk disaksikan dengan serius, setiap pertarungan memiliki kondisi dan hasil yang bervariasi sehingga mereka lebih dari sekadar event repetitif yang wajib hadir di setiap episode. Cerita anime ini mungkin bukan tipe yang akan memukau semua orang, tetapi secara obyektif, dia merupakan sebuah cerita yang telah dibangun dengan cekatan.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasi di anime ini terlihat sangat bagus, baik selama para tokohnya berada dalam Adult Mode maupun ketika mereka berubah ke Pretty Mode. Dan Voice-acting-nya juga berhasil mengangkat kepribadian masing-masing tokoh dengan sempurna. Singkatnya, audio visual anime ini selalu dalam kualitas tertinggi dari awal sampai akhir, efektif sebagai pendukung cerita, komedi, serta aksi-aksinya, dan juga indah sebagai hiburan tersendiri.

- Karakter:
Anime ini memiliki variasi karakter yang kaya, tetapi yang paling penting, perbedaan di antara mereka mampu digambarkan secara jelas, apakah itu melalui perilaku mereka masing-masing, seperti Nya-tan yang nakal dan Uma-tan yang selalu cemas, ataukah melalui kelebihan dan kekurangan mereka yang unik, seperti Piyo-tan yang akan segera kehilangan ingatan setelah melangkah tiga kali. Alhasil, layaknya dua belas mata air yang menyatu, hal ini benar-benar menjadikan mereka sebagai sumber komedi yang luar biasa, dan juga, karena setiap episode membahas Eto-Shin yang berbeda, masing-masing episode tersebut pun akan ikut memiliki nuansa khasnya sendiri, tidak pernah hanya berupa pengemasan ulang dari episode yang lain. Satu-satunya hal yang tampaknya anime ini tidak berhasil lakukan adalah menetapkan perasaan Takeru terhadap para Eto-Shin dan Eto-Musume atau sebaliknya. Dia terkesan agak terlalu memaksa untuk membuat mereka saling menyayangi, lebih daripada sebatas hubungan antara manusia dengan utusan Dewa, ketika seharusnya tidak ada alasan mengapa perasaan mereka bisa berkembang sampai sedemikian jauh. Namun syukurlah, sebab peran Takeru di dalam cerita tidak krusial, yaitu cuma untuk mengeluarkan Sol=Lull sebagai sumber kekuatan Nya-tan (meski dengan penyangkalan dari Nya-tan sendiri), masalah ini pun pada akhirnya tidak begitu berarti.

- Overall Score:
Oleh karena berbagai alasan, anime ini cenderung tersembunyi di dalam bayangan, maka bukan hal yang mengherankan jika anda tidak banyak mendengar tentangnya. Namun sesungguhnya, anime ini pantas mendapatkan perhatian lebih atas semua kualitas yang dia sajikan. Penulisan cerita yang cermat, audio visual yang selalu bagus, dan juga variasi karakter yang kaya -- memang tetap tidak ada jaminan bahwa anda pasti akan menyukainya, tetapi jika anda bersedia untuk berpikiran terbuka, anime ini merupakan sebuah karya yang jauh lebih baik daripada kebanyakan anime lain. Nilai 9 dari 10 (Recommended, desu-desu!)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar