Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Selasa, 20 Agustus 2013

RDG: RED DATA GIRL

- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2013)
- Genre: Supernatural; Romance;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Sebagai tempat bersemayam Dewi Himegami dan karena kemampuannya untuk berkomunikasi dengan makhluk-makhluk gaib, Suzuhara Izumiko merupakan spesies langka yang harus dilindungi dan dijauhkan dari dunia luar. Layaknya seekor hewan yang dikurung, perlindungan ini kemudian mempengaruhi karakter Izumiko hingga menjadi seorang gadis yang pemalu dan tertutup. Sampai pada suatu hari, dia akhirnya memutuskan untuk berubah lebih berani, meski sebagai permulaan, dia hanya ingin mengganti penampilan dengan memotong pendek rambut depannya. Tidak pernah terbayangkan sedikit pun olehnya bahwa melalui tindakan sesepele itu, tanpa sadar dia ternyata telah langsung mengubah begitu banyak hal dalam kehidupannya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Jika dilihat dari episode ke episode, anime ini sebenarnya cukup menarik. Selalu ada sesuatu yang mampu memicu rasa ingin tahu penonton -- referensi mendalam tentang mistisisme Jepang, kejadian-kejadian supernatural, karakter-karakter misterius, dan bahkan romance yang manis. Namun jika dilihat secara keseluruhan, anime ini pun menunjukkan kelemahannya pada bagian storytelling. Plotnya yang bagus, yaitu tentang konflik antara keharusan Izumiko untuk dilindungi dengan keinginannya untuk hidup bebas, tidak pernah berhasil ditempatkan di tengah panggung, tidak pernah menjadi inti cerita. Kekuatan Izumiko yang seharusnya menyebabkannya dicap sebagai spesies yang terancam punah hanya sesekali diangkat, dan momen-momen itu pun lebih banyak digunakan hanya untuk menunjukkan kemampuannya menghadapi makhluk-makhluk supernatural daripada menjelaskan mengapa dia penting. Akibatnya, 'bahaya' yang ingin diperkenalkan oleh anime ini tidak pernah terasa begitu mengancam. Hal yang serupa juga terjadi pada tokoh utama Izumiko. Dia tidak selalu menjadi fokus cerita, maka sulit untuk menyimpulkan bahwa anime ini memang ingin bercerita tentangnya. Bahkan, apa yang sebenarnya ingin anime ini ceritakan? Seolah-olah, dia sendiri tidak benar-benar yakin, dan hal ini paling kentara terasa pada bagaimana dia menutup episode-episodenya dengan cara yang canggung. Hampir semuanya berakhir pada saat-saat yang tidak terduga dan sangat mendadak. Anime ini mungkin tahu bagaimana membuat setiap episodenya menarik, tetapi tidak ada struktur untuk menghubungkan mereka menjadi sebuah rangkaian yang jelas dan indah.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Secara visual, anime ini terlihat indah. Mulai dari pemandangan alam yang mendetil hingga penggambaran hal-hal supernatural yang menakjubkan, anime ini selalu mampu menghibur meski hanya dengan menontonnya. Namun dari segi audio, anime ini terasa kekurangan musik pada latarnya. Jika sebelumnya disebutkan bahwa episode-episodenya ditutup dengan canggung, salah satu alasannya adalah karena mereka berakhir dalam keheningan yang kaku dan mengambang. Keheningan tersebut seakan mengindikasikan bahwa mereka masih ingin mengatakan sesuatu, maka ketika yang tiba-tiba muncul berikutnya adalah ternyata ending video, episode-episode itu pun terkesan selesai sebelum waktunya.

- Karakter:
Anime ini melukiskan karakter Izumiko yang pemalu dengan sangat baik, dan ketika dipasangkan dengan Miyuki yang agresif, karakter tersebut terasa bahkan semakin jelas. Sayangnya, transformasi Izumiko kemudian tidak dijelaskan sama baiknya. Meski perubahannya yang menjadi sedikit lebih berani memang bisa terlihat pada akhirnya, tidak ada cukup penjelasan tentang bagaimana setiap kejadian di dalam cerita memberi pengaruh kepadanya. Hal ini menyebabkan transformasi tersebut tampak lebih seperti insiden yang singkat daripada sebuah proses yang bertahap, dan menjadikan Izumiko kurang menarik untuk diikuti sebagai sebuah materi cerita.

- Overall Score:
Anime ini memiliki plot yang bagus, tetapi sayangnya dia kemudian tersia-siakan karena tidak pernah berhasil disampaikan dengan baik. Meski sebenarnya tingkat perhatian yang tinggi terhadap detil pada bagian visual dan referensi di latar belakangnya adalah sesuatu yang patut dipuji, sebagai cerita, secara keseluruhan anime ini tidak punya kerangka yang jelas. Namun, jika memang yang anda cari adalah hanyalah potongan-potongan cerita dengan campuran unsur mistis dan romance di dalamnya, maka episode-episode di anime ini mungkin saja masih mampu memuaskan anda. Nilai 7 dari 10 (Out of focus)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar