Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 23 Maret 2018

ACTION HEROINE CHEER FRUITS

- Judul: アクションヒロイン チアフルーツ (Action Heroine Cheer Fruits)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2017)
- Genre: Action; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Agar dapat menyelamatkan Gedung Pusat Kebudayaan yang dibangun mendiang kakeknya, Shirogane Misaki harus menampilkan suatu pertunjukan yang akan mampu mengundang banyak pengunjung. Cara paling cepat adalah dengan menciptakan tokoh Action Heroine sebagaimana yang sedang populer dilakukan berbagai kota di Jepang, dan setelah menyaksikan aksi Akagi An dan Kise Mikan saat mereka menghibur anak-anak, Misaki lalu mendapatkan ide untuk membentuk tim Cheer Fruits dan memproduksi pertunjukan Action Heroine bagi Kota Hinano.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Jalan cerita di anime ini tampaknya telah direncanakan dengan matang. Mulai dari alasan awal mengapa para tokohnya perlu membentuk tim Cheer Fruits, hubungan sebab-akibat di antara setiap insiden selalu jelas dan masuk akal, sehingga penonton pun akan merasa mudah dan nyaman untuk mengikuti perkembangan ceritanya. Selain itu, anime ini mampu mengatur agar masing-masing episodenya berisi suatu tahapan penting di dalam perkembangan tersebut, maka tidak ada satu pun episode yang akan terkesan sia-sia atau membosankan, terlebih dengan anime ini ternyata juga cukup pandai untuk secara efektif menambahkan bumbu komedi melalui tingkah laku jenaka para tokohnya. .... Namun, satu kekurangan anime ini adalah bahwa dia rupanya tidak begitu mahir dalam menjaga supaya ceritanya senantiasa mengundang rasa ingin tahu penonton. Dia memang sempat menyebutkan bahwa para tokohnya berusaha menyelamatkan Gedung Pusat Kebudayaan Hinano, tetapi setelah dua episode pertama, hal ini nyaris tidak pernah diangkat lagi. Alhasil, bukannya tentang orang-orang yang berjuang untuk mencapai tujuan tertentu, anime ini kemudian lebih sering terlihat seperti hanya menampilkan sekumpulan gadis yang menghabiskan waktu bersama untuk bersenang-senang. Dan meski kekurangan ini tidak secara otomatis berarti bahwa ceritanya menjadi kurang menarik, mungkin daya tarik tersebut tidak akan bisa segera dirasakan oleh kebanyakan penonton.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Secara keseluruhan kualitas animasi di anime ini cukup bagus. Hanya saja, dia juga sesekali masih melakukan kesalahan-kesalahan yang akhirnya terlihat aneh, misalnya ketika langkah-langkah tokoh An yang sedang berlari tidak mencapai jarak yang semestinya sehingga dia tampak hampir seperti berlari di atas treadmill.
Voice-acting-nya juga memiliki kondisi yang kurang lebih sama. Tidak ada masalah besar yang akan sampai mengganggu kelancaran ceritanya atau pun kenikmatan saat menonton anime ini, tetapi beberapa ucapan para tokohnya di tengah dialog terdengar seolah diisi secara terpisah dan berdiri sendiri, sehingga mereka kemudian tidak terasa sedang berkomunikasi dan saling merespons di dalam sebuah percakapan.

- Tokoh/Karakter:
Sebagaimana jalan cerita di anime ini, para tokohnya pun tampaknya dipersiapkan melalui perencanaan matang. Setiap tokoh memiliki alasan kuat untuk bergabung di tim Cheer Fruits, mulai dari Misaki yang berusaha menyelamatkan gedung peninggalan kakeknya, hingga An yang memang bermimpi menjadi seorang action heroine. Setiap tokoh juga punya peran penting di dalam tim dan bahkan latar belakang yang menjelaskan mengapa mereka mendapatkan peran tersebut, seperti Hatsuri yang diberi tugas mengurusi special effects karena mengantongi izin menangani bahan peledak berkat perusahaan konstruksi milik keluarganya. Singkatnya, para tokoh di anime ini bukan sekadar nama-nama dan wajah-wajah yang dikumpulkan cuma untuk meramaikan suasana; masing-masing mereka merupakan bagian integral dari sebuah tim yang memungkinkan cerita anime ini mampu berjalan dengan lancar.

- Overall Score:
Jika menilainya hanya sebagai anime tentang sekumpulan gadis yang ingin tampil di panggung, wajar saja bila anda tidak segera merasa tertarik. Apalagi, dari segi kualitas audio dan visual, anime ini masih jauh di bawah anime-anime lain yang bertema serupa. Namun, jika bersedia melihat di bawah permukaan dan coba menilainya sebagai cerita tentang pembentukan sebuah tim, anda justru akan menemukan bahwa anime ini sebenarnya tidak punya banyak kelemahan yang berarti. Bahkan, berkat perkembangan cerita dan penulisan tokoh yang tertata dengan rapi, setiap episodenya selalu mampu menjadi tontonan yang padat dan memuaskan sekaligus. Skor 8 dari 10 (Well prepared, neatly arranged)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4

Goods:
- Figure: An
- CD Music: OP Theme / OST Vol 1 / OST Vol 2 / OST Vol 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar