Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 30 Maret 2018

ANIME-GATARIS

- Judul: アニメガタリズ (Anime-gataris)
- Judul Alternatif: Animegataris;
- Tipe: TV (Oktober 2017)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Asagaya Minoa sebenarnya tidak menggemari anime secara khusus, namun setelah tanpa sengaja berbincang tentang anime dengan teman sekelasnya, Kamiigusa Alice, dia pun mulai merasa tertarik. Agar mereka dapat lebih sering membincangkan anime bersama lebih banyak orang di sekolah, mereka kemudian memutuskan untuk mengaktifkan kembali Anime Kenkyuu-bu (Klub Penelitian Anime). Dan ketika harus memenuhi jumlah anggota minimal yang disyaratkan, Kouenji Miko, Aoyama Erika, Musashisakai Kai, dan Nakano Aurora dengan senang hati menjawab ajakan mereka.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Awal cerita ketika Minoa dan Alice pertama memutuskan untuk membentuk klub terasa dipaksakan, dan begitu juga dengan kejadian-kejadian berikutnya di sepanjang cerita. Hal ini menunjukkan kalau anime ini tampaknya memang bukan berniat akan menyampaikan cerita, melainkan dia benar-benar sekadar ingin berbincang tentang anime itu sendiri, dan barangkali juga menjadi semacam persembahan bagi subkultur otaku. Namun, jangan salah, pernyataan di atas bukan kemudian berarti bahwa episode-episode di anime ini tidak direncanakan dengan matang. Buktinya bisa dilihat pada komedinya yang, meski kemungkinan besar cuma bisa dipahami oleh para otaku yang sudah menonton cukup banyak anime, dari segi efektivitas selalu mampu berfungsi dengan baik. Anime ini hanya mengarahkan perencanaan tersebut tidak untuk menyusun proses bercerita secara bertahap, tetapi lebih cenderung untuk menata dengan rapi topik yang hendak dia bincangkan. Dia berhati-hati dalam mengatur topik apa yang akan muncul pada tiap episode dan bagaimana satu topik dapat berkembang ke topik selanjutnya, maka laksana menyaksikan suatu film dokumenter yang telah disempurnakan melalui penulisan dan editing yang cermat, para penggemar anime akan menemukan semua perbincangan di serial ini senantiasa nyaman untuk diikuti.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski secara keseluruhan visual anime ini biasa-biasa saja, sesekali dia juga masih bisa menampilkan beberapa adegan yang terasa istimewa. Sementara itu, pada bagian audio, penulisan dialog para tokohnya mungkin patut mendapat pujian. Jika sebelumnya disebutkan bahwa anime ini mengatur dengan rapi bagaimana topik perbincangannya dapat berkembang, salah satu media yang dia gunakan hingga berhasil mencapai hal tersebut adalah melalui percakapan yang terkesan mampu mendorong tokoh-tokohnya agar secara alami mengungkit suatu topik tertentu.

- Tokoh/Karakter:
Inti dari anime ini adalah perbincangan. Apa yang sedang diperbincangkan, yaitu seputar anime, jauh lebih penting daripada siapa yang tengah membincangkannya. Oleh karena itu, adalah tindakan yang sangat tepat bahwa anime ini kemudian membiarkan kepribadian para tokohnya samar agar individualitas mereka tidak sampai tampil terlalu menonjol hingga mengalahkan isi perbincangan mereka. Bahkan, dengan memfokuskan profil mereka hanya sebagai perwakilan dari berbagai tipe otaku dan beberapa genre, anime ini mungkin justru berhasil memanfaatkan tokoh-tokoh tersebut untuk menjadikan perbincangannya terasa semakin relevan. Sambil mencoba membandingkan apakah diri mereka lebih mirip Erika, seorang penggemar anime bertema Mahou Shoujo yang juga senang ber-cosplay, atau Nakano, seorang real-juu otaku (if such thing actually exist) yang menyukai anime tentang Idol, penonton akan menyadari bahwa diri mereka pun sebenarnya merupakan bagian dari perbincangan di anime ini.

- Overall Score:
Apa yang anda ketahui tentang anime? Atau, mungkin pertanyaan yang lebih tepat, apa yang anda pikir anda ketahui tentang anime? Serial ini terlalu spesifik dan rumit untuk sekadar memperkenalkan anime kepada para pemula, maka kecuali anda sejak awal memang sudah tahu banyak seputar anime, episode-episodenya yang sebagian besar hanya diisi oleh istilah umum, judul populer, adegan terkenal, serta kutipan khas di dalam anime tentu tidak akan berarti apa-apa. Namun sebaliknya, jika anda mengaku sebagai otaku dan merasa bangga atas pengetahuan anda tentang anime, serial ini bisa menjadi tempat sempurna untuk menguji apakah anda benar-benar memahami betapa luas dan mendalam subkultur anime yang sesungguhnya. Skor 8 dari 10 (Hugely entertaining ... for particular audiences)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Goods:
- CD Music: ED Theme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar