Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 08 September 2017

HINAKO NOTE

- Judul: ひなこのーと (Hinako Note)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2017)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Demi mengatasi kekurangannya yang selalu gugup ketika bicara dengan orang lain, Sakuragi Hinako bertekad ingin bergabung ke Klub Drama di SMU Fujimiya. Ternyata saat ini klub tersebut sedang beristirahat dari semua aktivitas karena sang guru pembimbing sedang berlatih di luar negeri, namun berangkat dari usulan Hagino Chiaki, pemilik kafe dan toko buku Hitotose tempat mereka tinggal, Hinako kemudian membentuk kelompok drama sendiri bersama Chiaki dan dua penghuni Hitotose lainnya, Natsukawa Kuina dan Hiiragi Mayuki.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini menunjukkan tingkat kreativitas yang cukup tinggi dalam menulis komedi yang berasal dari tingkah laku aneh para tokohnya, namun sayang, hal ini kemudian terganggu oleh kisah Hinako yang ingin belajar pertunjukan drama teater. Dia dikatakan mengganggu karena pada kenyataannya anime ini sendiri tampak tidak bersungguh-sungguh hendak menyampaikan cerita yang lengkap. Meski sekilas bermaksud menawarkan sebuah kisah yang menginspirasi tentang seorang gadis pemalu dari desa yang perlahan menemukan kepercayaan dirinya di drama teater, cerita Hinako ternyata bukan berupa proses pertumbuhan yang menuju ke suatu ending, melainkan lebih seperti serangkaian aktivitas sehari-hari yang membawa Hinako dari satu pertunjukan ke pertunjukan berikutnya. Dengan kata lain, bagian yang seharusnya menjadi inspirasi, yaitu perbedaan pada diri Hinako, tidak pernah muncul. Lalu, jika memang Hinako berhasil melakukan sesuatu, dia melakukannya dengan cara yang ajaib dan jenaka, bukan melalui upaya dan kerja keras untuk melewati rintangan, yang mana penonton seharusnya dapat mengambil pelajaran darinya. Akan lebih baik seandainya anime ini memberikan cerita Hinako tetap hanya sebagai situasi latar bagi komedinya, sebab dalam wujudnya yang setengah jadi, dia cenderung terasa cuma sebagai gangguan yang menghalangi anime ini dari menjadi jauh lebih jenaka.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Anime ini menyajikan komedinya dengan sangat baik. Sinematografinya menampilkan punch line dari semua lelucon dengan timing yang sempurna, dan voice-acting-nya mampu mengangkat dengan tepat sisi jenaka dari setiap tokoh. Memang terdapat sedikit masalah pada tsukkomi yang terkadang datang agak terlambat, tetapi visual dan dialog di anime ini sudah cukup untuk menjelaskan maksud dari setiap lelucon, maka seharusnya masalah ini pun tidak akan banyak berpengaruh.

- Tokoh/Karakter:
Para tokoh di anime merupakan sumber komedi yang kaya. Hal ini juga termasuk salah satu wujud kreativitasnya untuk mengembangkan karakter mereka yang semula terlihat terlalu spesifik menjadi beberapa sisi yang berbeda tanpa harus menyalahi karakter dasar tadi. Pada Hinako, misalnya, setelah sebelumnya digambarkan hanya sebagai gadis yang akan langsung bersikap seperti orang-orangan sawah bila bicara dengan orang lain, anime ini kemudian mampu menambahkan bahwa bukan cuma di saat-saat tertentu, gerakan Hinako ternyata akan berubah kaku setiap kali dia merasa gugup, dan ketika ingin melatih kemampuannya dalam berbicara, Hinako akhirnya justru bisa bercakap dengan binatang. Alhasil, lelucon yang datang dari Hinako menjadi lebih bervariasi, dan dengan kreativitas anime ini untuk terus mengembangkan mereka, potensi komedi para tokohnya pun pada dasarnya tidak terbatas.

- Overall Score:
Anime ini mungkin menaruh terlalu banyak perhatian pada kisah Hinako. Sebab meski dia memang sangat kreatif dalam menggunakannya sebagai situasi latar bagi komedinya, anime ini belum menunjukkan kemampuan atau pun kesiapan serupa untuk menyajikannya sebagai sebuah cerita yang berdiri sendiri. Maka, sungguh amat disayangkan, keputusannya untuk tetap memperlakukan kisah Hinako dengan serius akhirnya terkesan hanya menghalangi anime ini dari memaksimalkan potensinya yang jauh lebih besar dan menjanjikan di bagian komedi. Skor 8 dari 10 (Imperfect, but still a good comedy)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4

Goods:
- Dakimakura: Hinako
- Tapestry: Hinako
- CD Music: OP Theme
- CD Radio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar