Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 10 Februari 2017

OCCULTIC;NINE

- Judul: Occultic;Nine
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2016)
- Genre: Mystery; Supernatural; SciFi;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Demi menarik lebih banyak pengunjung ke blog miliknya, Gamon Yuuta berpikir untuk mewawancarai Profesor Hashigami, yaitu seorang ilmuwan unik yang sedang meneliti tentang dunia Occult dan belakangan sering tampil di televisi. Namun, ketika dia mengunjungi laboratorium tempat sang Profesor bekerja, Yuuta menemukannya telah tewas terbunuh secara mengenaskan. Khawatir dicurigai sebagai pelaku, dia pun segera meninggalkan tempat itu, tetapi tanpa Yuuta sendiri sadari, dia dan delapan orang lainnya sesungguhnya telah terlanjur terlibat sangat jauh dalam suatu rencana besar yang dapat mengubah dunia.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Menggunakan banyak perspektif sekaligus dan membicarakan suatu topik yang rumit, ceritanya dapat dengan cepat menjadi kacau dan membingungkan. Maka kemampuan anime ini dalam mengaturnya agar tetap berjalan lancar dan menyederhanakannya untuk lebih mudah dimengerti adalah sebuah pencapaian yang patut dipuji.
Namun, bisa dimengerti tidak secara otomatis berarti bahwa cerita itu menarik diikuti. Anime ini mungkin memulai misterinya dengan cukup baik, melalui kejutan-kejutan tak terduga yang pasti akan mengundang rasa penasaran, tetapi perjalanan para tokohnya dalam memecahkan misteri tersebut masih terasa sangat dipaksakan untuk bergerak maju. Daripada memanfaatkan proses berpikir yang rasional, mereka hampir selalu menemukan petunjuk benar-benar hanya secara kebetulan atau ketika mendadak diharuskan melakukan sesuatu yang tidak lazim. Gamon Yuuta, misalnya, yang biasanya lebih senang cuma menulis affiliate blog, mengambil materi berita dari media-media lain, pada suatu hari tiba-tiba saja memutuskan untuk mewawancarai langsung Profesor Hashigami. Meski perspektif yang terus berpindah di antara para tokohnya memang kemudian sedikit menyamarkannya, bagi seseorang yang telah terbiasa dengan kisah misteri, sensasi bagai ditarik secara paksa menuju satu jawaban tertentu akan tetap terasa jelas.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Jika bertanya apakah anime ini berhasil menyampaikan apa yang ingin dia sampaikan, jawabannya adalah masih ya. Akan tetapi, hal itu bukanlah indikasi langsung dari sebuah penulisan dialog dan monolog yang baik. Bahkan, dengan perkataan para tokohnya yang cepat, panjang, berputar-putar, dan sesekali diucapkan sambil berteriak, anime ini mungkin termasuk salah satu yang memiliki dialog paling menjengkelkan -- begitu menjengkelkan, tidak mengherankan apabila penonton pada akhirnya akan rela mengabaikan sepenuhnya isi dialog tersebut, meski ketika dia sedang menjelaskan apa yang ingin disampaikan oleh anime ini. Mengajukan teori yang menarik adalah satu hal, membuatnya terdengar menarik merupakan hal yang sama sekali berbeda, dan untuk yang belakangan, anime ini bisa dianggap gagal total.

- Tokoh/Karakter:
Meski mereka semua kemudian seling terhubung di dalam cerita, tokoh-tokoh yang benar-benar memiliki peran di dalamnya barangkali hanyalah Hashigami Sarai, yang bagaikan super komputer dengan sumber pengetahuan tanpa batas sehingga dapat seketika menghubungkan setiap petunjuk, Nishizono Ririka, yang dengan manga buatannya menyediakan petunjuk-petunjuk tersebut kepada para tokoh lain, dan mungkin juga Moritsuka Shun, sang super detektif yang dengan luar biasa dapat segera mengetahui semua yang terlibat untuk akhirnya mempertemukan mereka. Maka, setelah menjadikan ceritanya terasa penuh sesak (termasuk dengan dialog mereka yang menjengkelkan) anime ini sesungguhnya tidak pernah sanggup memberi justifikasi mengapa dia sampai membutuhkan begitu banyak tokoh sekaligus. .... Akan tetapi, satu hal yang memang mampu dilakukan oleh anime ini adalah menyertakan kaitan yang masuk akal terhadap dunia Occult pada latar belakang setiap tokohnya, seperti Yuuta yang menulis blog tentangnya atau Aikawa Miyuu yang punya kemampuan meramal. Alhasil, keterlibatan mereka di dalam cerita kemudian terasa alami atau bahkan tak terhindarkan, yang selanjutnya juga menjadi salah satu faktor yang ikut membantu sehingga cerita tersebut bisa mengalir dengan lancar.

- Overall Score:
Mengingat sifat ceritanya yang cenderung rumit dan bahkan mungkin masih terlalu jauh berada di dalam angan-angan, keberhasilan anime ini untuk membuatnya terlihat lebih sederhana dan lebih mudah dipahami adalah sebuah pencapaian tersendiri. Namun, bisa memahaminya tidak seketika menjamin bahwa anda juga pasti akan menyukainya. Sebab, dengan jalan cerita yang terlalu banyak mengandalkan kejadian-kejadian secara kebetulan, kisah misterinya bukan yang paling menarik untuk diikuti, lalu dengan dialog yang panjang dan berputar-putar, anime ini juga bukan yang paling nyaman untuk ditonton. Skor 7,5 dari 10 (Annoying mystery)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Goods:
- Figure: Aria
- CD Music: Soundtrack

2 komentar:

  1. Request anime durarara!! dong min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pernah tulis review singkat. Semoga tetap bisa membantu.

      Bahkan sejak episode pertama, anime ini sangat menjanjikan, dan berkat penulisan misteri yang bertingkat, anda akan terus dibuat berdebar-debar hingga episode akhir. Caranya menghubungkan dengan indah para tokoh yang beragam dan benar-benar unik juga termasuk elemen yang mendukung anime ini menjadi salah satu yang paling brilian. Skor 9 dari 10 (Recommended!)

      Hapus