Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Selasa, 15 Desember 2015

JITSU WA WATASHI WA

- Judul: 実は私は (Jitsu wa Watashi wa)
- Judul Alternatif: JitsuWata; Actually I am...;
- Tipe: TV (Juli 2015)
- Genre: Comedy; Romance;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Kuromine Asahi tidak pernah mampu menyimpan rahasia dengan baik. Meski telah berusaha sekeras mungkin, semua orang akan segera menyadari bahwa dia sedang menyembunyikan sesuatu. Namun, setelah tanpa sengaja mengetahui identitas asli dari gadis yang dia sukai, Shiragami Youko sebagai seorang vampir, Asahi akhirnya bertekad, kali ini dia akan menjaga rahasia tersebut bagaimanapun caranya. Sebab, berdasarkan janji Youko kepada ayahnya, dia harus segera pulang ke kampung halaman apabila rahasianya terbongkar, maka Asahi yang merasa bersalah tidak ingin kemudian Youko sampai terpaksa kehilangan kesempatan untuk menikmati kehidupan di sekolah hanya karena kelemahan dirinya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Seorang pemuda yang tidak pernah bisa menyembunyikan rahasia dan para gadis yang rahasia mereka tidak boleh diketahui oleh siapapun -- bahkan nuansa ironi pada plot dasar anime ini segera mengindikasikan bahwa dia akan menjadi komedi yang bagus. Dan ternyata memang benar demikian! Melalui perjuangan keras Asahi saat berusaha melindungi rahasia Youko dan Nagisa, lalu ditambah pula dengan tingkah laku jenaka para tokohnya sebagai makhluk mistik (dan alien) yang menyalahi konsepsi umum tentang mereka, anime ini mampu melahirkan lelucon-lelucon yang cukup orisinil. Meski agak disayangkan bahwa dia tidak bisa mempertahankan kualitasnya selalu pada level yang sama, terutama ketika dia melangkah keluar dari dua tema tadi -- rahasia dan tingkah laku jenaka -- secara keseluruhan, anime ini merupakan komedi yang sangat memuaskan.
Dan hal serupa juga dapat dikatakan untuk sisi romance-nya. Anime ini jelas bukan kisah romantis yang terbaik, tetapi tetap ada rasa manis yang bisa ditemukan pada hubungan segitiga Asahi, Youko, dan Nagisa. Barangkali alasannya adalah karena sebagai seseorang yang memiliki rahasia kepada seseorang yang melindungi rahasia tersebut dengan sekuat tenaga, perasaan para tokohnya terkesan asli dan tumbuh secara alami, bukan sesuatu yang dipaksakan muncul begitu saja. Alhasil, setiap adegan yang melibatkan perasaan mereka, bahkan yang paling sederhana seperti ketika mereka bicara dengan malu-malu, pun akan seketika menjadi lebih ... bermakna.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Selain dari animasinya sendiri yang selalu terlihat bagus, visual anime ini juga menyajikan komedinya dengan baik. Memang, sebagian lelucon ternyata kemudian tidak begitu berhasil, namun tampaknya masalah terletak pada temanya dan bukan pada bagaimana mereka disajikan, sebab untuk sebagian yang lain, anime ini sebaliknya selalu mampu mengangkat inti dari setiap lelucon secara tepat dan, dengan demikian, memberikan efek maksimal.

- Tokoh/Karakter:
Posisi para tokoh gadis untuk selalu berada di dekat Asahi terkesan agak dipaksakan. Mikan dan Shiho yang tidak punya alasan apa-apa selain sekadar mematuhi status mereka sebagai 'teman masa kecil', Nagisa yang seharusnya bisa menghapus rahasianya dari ingatan Asahi (paling tidak, menurut pengakuannya sendiri) namun kemudian entah mengapa melepaskannya dengan sangat mudah, dan bahkan Youko yang sebelumnya harus berhati-hati dengan sikapnya di depan umum karena khawatir dia akan tanpa sadar memperlihatkan wujud aslinya tiba-tiba saja menjadi begitu bebas dan terbuka. Namun, di sisi lain, kombinasi dari karakter mereka merupakan salah satu hal yang ikut membantu menjadikan komedi di anime ini efektif. Ketegasan Nagisa, kekonyolan Youko, dan kenakalan Akane saja sudah cukup untuk mengisi anime ini dengan lelucon bagus, maka setelah didukung pula oleh tokoh-tokoh seperti Akari yang selalu memperlakukan Akane dengan kasar dan Shiho yang memiliki cara perubahan aneh, variasi komedinya pun segera bertambah semakin kaya. Meski mungkin tidak akan cukup meyakinkan sebagai elemen cerita, para tokoh ini mampu menebusnya dengan sepadan dalam bentuk hiburan yang kreatif.

- Overall Score:
Anime ini memang tidak akan menjadi komedi-romantis terbaik yang pernah anda temukan, namun dia masih sangat mungkin memberikan komedi-romantis yang anda harapkan. Berkat presentasi secara visual yang bagus dan kombinasi karakter yang efektif, anime ini memiliki cukup kreativitas pada lelucon-leluconnya dan rasa manis dalam romantisme di antara para tokohnya. Jika anda bukan seseorang yang menuntut kesempurnaan, anime ini selalu bisa menyajikan tontonan yang menghibur. Nilai 8 dari 10 (Good comedy)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar