Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Kamis, 15 Februari 2018

SHOUJO SHUUMATSU RYOKOU

- Judul: 少女終末旅行 (Shoujo Shuumatsu Ryokou)
- Judul Alternatif: Girls' Last Tour;
- Tipe: TV (Oktober 2017)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Di dunia yang kini kosong dan sedang mendekati akhir hayatnya, Chito dan Yuuri berkelana hanya berdua. Ditemani Kettenkrad yang tangguh dan terpercaya, mereka berkeliling mengumpulkan makanan agar dapat terus bertahan hidup. Dan setiap kali menemukan puing-puing bisu yang terabaikan dan benda-benda asing yang terlupakan, mereka juga lalu bertanya-tanya tentang orang-orang dan kebudayaan pada suatu masa jauh sebelum mereka.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini tidak benar-benar memiliki jalan cerita yang bermula dari suatu awal dan sedang menuju ke suatu akhir. Bentuknya lebih seperti sebuah dokumentasi tentang berbagai hal umum yang dilihat dari sudut pandang generasi manusia di masa depan ketika hal-hal tersebut sudah menjadi relikui kuno yang terlupakan. Namun, meski gambaran di atas mungkin menyebabkan anime ini sekilas terdengar membosankan, dia sebenarnya tetap mampu menyajikan tontonan yang menarik. Bagi mereka yang memperhatikan perkembangan kebudayaan dari segi akademis, mencari tahu pendapat generasi masa depan terhadap hal-hal yang biasanya dianggap sepele, baik secara fisik maupun dalam makna, bisa menjadi bahan renungan yang berpotensi membuka wawasan. Sementara itu, berkat penulisan yang baik dan kombinasi tokoh yang padu, lelucon-leluconnya akan muncul dan mengalir secara alami, dan karena topiknya terus berubah mengikuti hal-hal yang Chito dan Yuuri temukan selama perjalanan mereka, setiap episode juga dapat dipastikan akan menampilkan sejumlah lelucon baru nan menyegarkan. Jika penonton tidak begitu berminat dengan pembahasan serius, komedi yang senantiasa efektif akan menjamin bahwa anime ini selalu terasa menyenangkan di sepanjang serial.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Animasi gerakan tokoh-tokohnya terlihat halus, dan gambar latarnya penuh detil yang dilukis dengan teliti. Namun, karena sebagian besar konten anime ini berupa interaksi antara para tokohnya dengan benda-benda di sekeliling mereka, barangkali bagian terbaik pada visualnya adalah penggabungan sempurna dari kedua elemen tersebut.
Pada bagian audio, anime ini dapat dikatakan cukup pandai dalam menggunakan musik untuk menekankan suasana sunyi dan hampa pada setting ceritanya. Mulai dari theme song yang secara kontras terdengar ramai hingga musik latar di pertengahan episode yang muncul pada saat yang paling tepat, anime ini berhasil menunjukkan dengan jelas betapa dunia Chito dan Yuuri kosong dari hiruk-pikuk umat manusia.

- Tokoh/Karakter:
Sebagai seseorang yang lebih suka bersantai, segera bisa dipahami bahwa Yuuri akan cenderung hanya bermain-main dengan semua hal yang mereka temui dalam perjalanan, dan sebaliknya sebagai seseorang yang selalu menanggapi sesuatu secara serius, sangat wajar pula bahwa Chito akan langsung merespons dengan tsukkomi untuk setiap tingkah laku Yuuri yang ceroboh. Dengan kata lain, Chito dan Yuuri adalah laksana sepasang komedian yang terbentuk secara alami, maka komedi yang datang melalui mereka pun akan terkesan seolah muncul secara alami. .... Namun, hal ini tidak kemudian berarti bahwa Chito dan Yuuri dihadirkan cuma untuk menyajikan komedi. Kombinasi karakter mereka tampaknya juga telah direncanakan dengan baik agar mereka akan spontan memulai diskusi tentang berbagai hal, dan dengan demikian mengajak penonton ikut merenung. Dengan Yuuri mewakili cara berpikir yang lebih sederhana dan Chito melambangkan observasi yang lebih saksama, daripada hanya sekadar mencari tahu nama dan kegunaannya, mereka mampu mengungkap celah antara wujud yang terlihat di permukaan dan makna yang terkandung di dalam suatu benda, sehingga bahkan hal-hal yang sudah biasa ditemukan sehari-hari, seperti kamera dan rumah, pun bisa langsung berkembang menjadi topik pembicaraan yang menarik.

- Overall Score:
Apa yang mungkin dikatakan sepasang gadis di masa depan yang jauh apabila mereka menemukan kembali benda-benda yang kita gunakan saat ini? .... Memang tidak semua orang akan segera tergugah oleh pertanyaan tersebut, tetapi jika ternyata anda termasuk salah satu di dalamnya, anime ini tentu akan memuaskan anda. Mampu membahas berbagai macam hal dengan cara yang serius dan penuh canda sekaligus, Chito dan Yuuri akan membuka wawasan anda sambil juga membuat anda tertawa. Skor 9 dari 10 (Recommended!)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3

Goods:
- Stainless Mug: Chito & Yuuri / Kettenkrad
- T-Shirt Yuuri Black: M / L / XL
- T-Shirt Sumi: S / M / L / XL
- T-Shirt Opening Black: M
- T-Shirt Ending White: M
- T-Shirt Kettenkrad Khaki: S / M / L /XL
- T-Shirt Kettenkrad Gray: S / M / L / XL
- T-Shirt Hone Black: M / L / XL
- T-Shirt Hone White: M / L / XL
- Jacket M-51 Moss: M / L / XL
- CD Music: OP Theme / ED Theme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar