Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 09 Februari 2018

KUJIRA NO KORA WA SAJOU NI UTAU

- Judul: クジラの子らは砂上に歌う (Kujira no Kora wa Sajou ni Utau)
- Judul Alternatif: Children of the Whales;
- Tipe: TV (Oktober 2017)
- Genre: Super Powers; Mystery; Action;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Meski berbeda, para Shirushi yang memiliki kekuatan psikis Saimia dan para Muin yang sebaliknya punya kondisi tubuh normal hidup bersama dalam damai sebagai sesama penghuni Dorokujira atau Paus Lumpur. Mereka hanya terus mengulang kegiatan sehari-hari tanpa pernah khawatir akan apapun, terlebih karena memang tak ada orang lain kecuali mereka di atas lautan pasir yang tak terbatas. Namun, setelah bertemu seorang gadis misterius pada suatu pulau kosong, mereka akhirnya menyadari bahwa ternyata selama ini mereka sengaja dikucilkan dari dunia yang lebih luas.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Dalam menyajikan misteri umum seputar asal-usul Dorokujira dan para penghuninya, anime ini mampu mengungkap informasi kepada penonton dalam tahapan-tahapan yang terukur baik. Dia akan memberi cukup informasi di suatu episode agar penonton bisa segera memahami apa yang sedang terjadi selama episode tersebut, namun juga menjaga informasi lain yang belum relevan tetap tersembunyi sehingga dia senantiasa mengundang rasa ingin tahu bahkan sampai episode terakhir. Namun, untuk bagian-bagian cerita yang lebih khusus, anime ini ternyata tidak sanggup menunjukkan tingkat ketelitian yang serupa. Sebagian insiden terkesan dipaksakan terjadi, karena anime ini bersikeras memberi Chakuro peran penting meski sebenarnya tidak pernah ada alasan kuat hingga dia harus terlibat dalam insiden tersebut. Bagian komedinya terasa hambar, sebab anime ini memasukkannya dengan asal-asalan tanpa mempertimbangkan timing yang sesuai sehingga dia bahkan berusaha membuat lelucon tepat di tengah momen yang menyedihkan. Dan juga, bagian drama para tokohnya tampak terlalu dibesar-besarkan, karena anime ini seringkali menggunakan waktu yang terlalu lama dan visualisasi yang sangat dramatis sekadar untuk mengatakan bahwa seorang tokohnya sedang bersedih. Mengikuti cerita anime ini secara keseluruhan dari episode ke episode bisa menjadi perjalanan yang menyenangkan, tetapi sayangnya, isi dari masing-masing episode itu sendiri mungkin justru akan terasa cukup membosankan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski mungkin tidak segera terlihat, animasi di anime ini sebenarnya sangat bagus. Dia cuma tidak punya banyak kesempatan pada episode-episode awal cerita yang lebih cenderung berkonsentrasi menampilkan kehidupan damai di Dorokujira, dan baru akhirnya dapat menunjukkan kualitas yang sesungguhnya belakangan dalam gerakan-gerakan halus para tokohnya yang sedang bertarung.

- Tokoh/Karakter:
Seperti yang telah sempat disebutkan di atas, sebagian insiden di dalam cerita terkesan dipaksakan terjadi karena anime ini juga memaksa memberi Chakuro peran penting. Masalahnya adalah, ketika anime ini bermaksud menjadikan Chakuro perwakilan dari para penghuni Dorokujira yang tidak tahu apa-apa, dia juga akhirnya tidak pernah punya motivasi yang jelas sebagai seorang tokoh dalam sebuah cerita. Dia tidak berusaha mencapai tujuan apa-apa selain untuk membuat catatan, maka setiap kali dia terlihat tiba-tiba saja bertekad melaksanakan suatu hal penting yang mempengaruhi keseluruhan jalan cerita, ada yang seketika terasa keliru. Dari mana motivasi yang kuat itu mendadak datang? .... Namun beruntung, anime ini masih menyertakan tokoh-tokoh lain yang memang secara alami memiliki motivasi kuat, seperti Ouni yang ingin melihat dunia, dan Suou yang akan melakukan apa saja demi Dorokujira yang dia cintai. Jika keterlibatan Chakuro hanya menyebabkan cerita anime ini terlihat meragukan, kedua tokoh tersebut sebaliknya justru menjadikan kisah perjalanan Dorokujira mengarungi lautan pasir dan perjuangan orang-orang yang hidup di atasnya tampak masuk akal dan menarik untuk diikuti.

- Overall Score:
Dengan misteri yang senantiasa mengundang rasa ingin tahu dan animasi yang sangat bagus, seharusnya tidak ada alasan untuk tidak menonton anime ini. Namun, pada kenyataannya, ketika mulai menyaksikan setiap episodenya, anda mungkin akan menemukan banyak dalih untuk berharap agar episode-episode tersebut berakhir lebih awal. Sebab meski tahapan dalam misterinya teratur rapi, cara anime ini menyampaikan cerita para tokohnya ternyata masih cukup berantakan. Skor 7,5 dari 10 (Untidy storytelling)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- CD Music: OP Theme / ED Theme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar